Skip to content

Pantai Molang, Eksotisme di Perbatasan Blitar Tulungagung

pantai molangInilah eksotika Pantai Molang yang sesungguhnya.

Pantai Molang adalah pantai yang terletak di perbatasan antara Kab. Blitar dan Kab Tulungagung bagian selatan. Secara adminstratif terletak di perbatasan Desa Plandirejo, Bakung, Blitar dengan Desa Pucanglaban, Pucanglaban, Tulungagung. Akses termudah untuk menuju pantai ini adalah melalui Pucanglaban Tulungagung. Dari Pucanglaban sudah ada akses jalan aspal hingga ke lokasi pantai. Kondisi jalan tersebut sedikit rusak tapi masih bisa untuk dilalui.

Pantai Molang bisa diakses melalui beberapa rute. Dari arah Blitar rute yang bisa dilalui adalah: Kademangan ke selatan menuju Suruhwadang; Dari kantor Kecamatan Kademangan (di atas Gunung) berbelok ke kanan menuju Desa Maron; Setelah menjumpai pertigaan puskesmas pembantu Maron, berbelok ke kanan hingga menjumpai pertigaan yang di tengahnya terdapat miniatur candi di Desa Panggungduwet; Dari pertigaan tersebut belok ke kanan lagi menuju Pasar Puser; Dari Pasar Puser belok ke kiri menuju Pucanglaban. Dari arah Tulungagung rute yang bisa dilalui adalah: Pasar Ngunut ke selatan mengikuti papan petunjuk arah; Pasar Panjerejo belok ke kiri kemudian ke kanan (ke selatan mentok); Selanjutnya belok kanan mentok kemudian belok kiri dan kanan lagi; Pertigaan menuju Pucanglaban (Situs Makam R.M. Djayengkusumo) belok ke selatan menaiki gunung dengan jalan yang berkelok-kelok (Luk Songo); Ikuti jalan hingga Pasar Puser dan lanjut terus ke selatan sampai tiba di Pucanglaban.

Setiba di Pantai Molang, travelers sekalian akan menyaksikan eksotika yang tiada akhir. Dengan hamparan pasir putihnya, pantai ini akan segera membius siapa saja yang menyambanginya. Keberadaan muara sungai juga turut menyemarakkan panorama di Molang. Meski keberadaan sungai tersebut telah memisahkan Molang menjadi dua bagian, tetapi telah tersedia jembatan alam untuk menyeberanginya, yakni jajaran karang yang tertata secara alami.

pantai molang tulungagung

pantai molang pucanglaban

molangSemenanjung Popoh dan Sine, pemandangan dari sisi barat Pantai Molang

Yang harus selalu di waspadai dari Pantai Molang adalah ombaknya. Ingat! Pantai ini terletak di pesisir selatan Jawa yang langsung berhadapan dengan Samudera Hindia. Jadi di pantai ini sangat tidak direkomendasikan untuk berenang. Apabila air laut sedang pasang juga tidak direkomendasikan untuk menyeberang melalui karang, cari saja tempat yang teduh dan saksikan atraksi ombak yang keren.

ombak pantai molang

molang tulungagung

Di Pantai Molang kalian akan dikenakan retribusi sebesar Rp. 5.000,- per orang belum termasuk parkir (*tarif bisa berubah sewaktu-waktu menyesuaikan kebijakan pengelola). Pantai Molang searah dengan Pantai Pacar, Pantai Lumbung, Pantai Kelinci, dan Kedung Tumpang.


Writer : Galy Hardyta

Photographer : Galy & Kcing

Participant: Galy, Kcing

3 Comments

  1. Evi Evi

    Memang cantik sekali pantai Molang ini. Airnya biru jernih, pasir ptih dan bukit hijau

  2. Setuju 😀 akses jalannya juga menantang, tapi tidak terlalu sulit..

  3. […] – Maron – Panggungduwet – Pasar Puser – Pucanglaban. Rute ini searah dengan rute menuju Pantai Molang. Setiba di Desa Pucanglaban, petunjuk arah menuju Kedung Tumpang sudah tertera dengan jelas. Jadi […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *