Skip to content

Pantai Kelinci A.K.A Pantai Blabak Tulungagung, Indah dan Menantang

Sebelum viral, dulu Pantai Kelinci dikenal dengan nama Pantai Blabak. Pantai ini viral bersamaan dengan dibukanya akses menuju Kedung Tumpang, karena aksesnya memang mudah untuk dituju dari arah Kedung Tumpang. Pantai ini juga dapat diakses dari arah Pantai Lumbung. Medan jalan dari Pantai Lumbung cukup menantang, kalian akan melewati jalan setapak di antara rimbunnya vegetasi tebing. Semakin dekat dengan pantai jalannya basah karena melewati aliran sungai kecil. Setelah melewati itu semua kalian akan berjumpa dengan keindahan Pantai yang satu ini.

Akses jalan dari Pantai Lumbung menuju Pantai Kelinci

Pantai Blabak memiliki penampakan yang tak jauh berbeda dengan Pantai Lumbung. Bibir pantainya sempit dengan latar belakang tebing tinggi. Hanya saja pantainya lebih luas jika dibandingkan dengan Lumbung. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut. Tampak mempesona dengan birunya air laut. Di sepanjang pantai banyak dijumpai batu-batu karang yang membuat penampakan pantai ini semakin semarak.

Di Pantai Kelinci belum ada fasilitas apa pun. Jika travelers sekalian ingin sambang kemari, lebih baik siapkan dulu perbekalan dengan cukup. Atau paling tidak kalian bisa membeli bekal di kios-kios Kedung Tumpang atau Pantai Lumbung tergantung dari mana kalian memulai perjalanan.

Pantai Kelinci atau Pantai Blabak secara administratif masuk dalam wilayah Desa Pucanglaban, Kec. Pucanglaban, Tulungagung. Berikut rute menuju Desa Pucanglaban: Pasar Ngunut ke selatan mengikuti papan petunjuk arah; Pasar Panjerejo belok ke kiri kemudian ke kanan (ke selatan mentok); Selanjutnya belok kanan mentok kemudian belok kiri dan kanan lagi; Pertigaan menuju Pucanglaban (Situs Makam R.M. Djayengkusumo) belok ke selatan menaiki gunung dengan jalan yang berkelok-kelok (Luk Songo); Ikuti jalan hingga Pasar Puser dan lanjut terus ke selatan sampai tiba di Pucanglaban. Nanti sesampainya di Desa Pucanglaban kalian bisa memilih sendiri ingin mengakses Pantai Kelinci lewat rute yang mana. Kalian bisa melalui rute Pantai Molang kemudian lanjut ke Lumbung, atau kalian bisa melalui Kedung Tumpang. Selamat berpetualang 😀


Writer: Galy Hardyta
Participant: Anggun, Galy, Tiko

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *