Skip to content

Pantai Lumbung Tulungagung dengan Pesonanya yang Menawan

Pantai Lumbung Tulungagung dengan Pesonanya yang Menawan 2Pantai Lumbung memang memiliki pesona yang menawan. Pasirnya putih lembut, tampak indah dengan pemandangan laut bebas. Letaknya berada di bawah tebing, sehingga kalian dapat menyaksikan keindahannya dari atas.

Keindahan Pantai

Di Pantai Lumbung terdapat spot yang cukup unik, yakni watu lumbung. Batu lumbung ini cukup menarik dijadikan sebagai spot foto. Dari sisi timur batu tersebut terlihat menjulang ramping, namun dari sisi barat batu tersebut akan terlihat utuh dan lebar. Unik. 😀

Pantai Lumbung Tulungagung dengan Pesonanya yang Menawan 3Pantai Lumbung Tulungagung dengan Pesonanya yang Menawan 4Selain keindahannya yang menawan, Pantai ini juga cukup menantang. Untuk menuju lokasi pantai, travelers sekalian harus menuruni tebing yang cukup curam. Sudah ada tangga turun, namun tetap perlu waspada. Dahulu dalam perjalanan DTrav di tahun 2012 masih dijumpai adanya jalan setapak di tebing, namun karena terkena abrasi kini jalan tersebut telah hilang dan digantikan oleh tangga. Medannya cocok bagi kalian yang suka tantangan.

Pantai Lumbung Tulungagung dengan Pesonanya yang Menawan 5Medan turun ke pantai cukup curam seperti di Pantai Umbul Waru Blitar.

Letak

Pantai Lumbung secara administratif terletak di Desa Pucanglaban, Kec. Pucanglaban, Kab. Tulungagung. Pantai ini berada satu desa dengan Pantai Molang, Pacar, Kelinci, dan Kedung Tumpang.

Rute

Untuk rutenya, Pantai ini searah dengan Pantai Molang. Berikut rute menuju Pantai Lumbung: Pasar Ngunut ke selatan mengikuti papan petunjuk arah; Pasar Panjerejo belok ke kiri kemudian ke kanan (ke selatan mentok); Selanjutnya belok kanan mentok kemudian belok kiri dan kanan lagi; Pertigaan menuju Pucanglaban (Situs Makam R.M. Djayengkusumo) belok ke selatan menaiki gunung dengan jalan yang berkelok-kelok (Luk Songo); Ikuti jalan hingga Pasar Puser dan lanjut terus ke selatan sampai tiba di Pucanglaban. Selanjutnya ikuti rute menuju Pantai Molang. Dari Parkiran pantai Molang lurus saja mengikuti jalan tanah hingga menjumpai parkiran Pantai Lumbung. Jika bingung kalian bisa bertanya pada warga setempat atau mempelajari posisi pantai di sini.

Tiket

Travelers sekalian akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp. 5.000,- pada loket bersama Pantai Molang, Pacar, Lumbung, Kelinci (*harga dapat berubah sewaktu-waktu menyesuaikan kebijakan pengelola). Selanjutnya kalian akan dikenakan lagi biaya parkir di masing-masing lokasi pantai.

Fasilitas

Tidak seperti pada tahun 2012, kini di Pantai Lumbung telah terdapat sejumlah fasilitas pendukung. Meski sederhana kini sudah terdapat kedai makanan, mushola, toilet tan tempat parkir.Pantai Lumbung Tulungagung dengan Pesonanya yang Menawan 6

. . .

Pantai Lumbung berdampingan dengan Pantai Kelinci atau disebut juga Pantai Blabak. Dari parkiran pantai, apabila menyusuri jalan setapak ke barat kalian akan sampai di Pantai Kelinci. Lebih detailnya Pantai Kelinci DTrav ulas pada artikel tersendiri.


Writer: Galy Hardyta

Participant: Anggun, Galy, Tiko

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan