Skip to content

Ekspedisi Pantai Air Terjun Umbul Waru Blitar, Unik & Menantang

Pesisir selatan Blitar memang tak henti-hentinya menebar pesona. Bahkan hingga perjalanan yang kesekian kalinya ini DTrav masih dibuat kagum dengan keindahannya. Tak pernah membosankan, dan selalu menampilkan keunikan yang khas. Itulah kerennya Blitar Selatan. Obyek yang kami tuju dalam perjalanan kali ini adalah Pantai Air Terjun Umbul Waru. Secara administratif Umbul Waru terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Bakung. Rute menuju Umbul Waru mungkin tidak sulit untuk diikuti, karena terletak di antara jalur wisata di Kecamatan Bakung. Yang jadi masalah adalah medannya. Menantang abiss!! 😀

Baiklah coba kita bahas rutenya dulu. Rute menuju Umbul Waru dari Blitar adalah sebagai berikut: Blitar – Kademangan – Ikuti arah Pantai Tambakrejo – Perempatan Gawang belok kanan ke arah Monumen Trisula – Ikuti arah ke Pantai Pangi – Setelah masuk Desa Sidomulyo ada pos di kanan jalan – Ikuti jalan menurun di samping pos sampai tiba di Umbul Waru. Dengan melalui rute ini kita akan melewati sejumlah obyek wisata menarik di Bakung seperti: Monumen Trisula, Jurug Gua Luweng, Air Terjun Tirto Galuh, dan Jurug Muncar.

menuju umbul waruPos yang mengarah ke Umbul Waru

road to umbul waru

Lanjut ke pembahasan mengenai kondisi jalan. Kondisi jalan dari Blitar sampai Sidomulyo aman-aman saja, semuanya sudah beraspal. Perjalanan yang sebenarnya baru akan dimulai setelah kita menyusuri jalur utama menuju Umbul Waru. Yang tersedia hanyalah jalan tanah berbatu, naik turun bukit, berkelok-kelok di antara ladang yang luas. Bagi yang sudah terbiasa mungkin jalur semacam ini mudah saja untuk dilalui. Bagi teman-teman yang masih belum terbiasa, gak usah takut. Yang penting persiapkan kendaraan dan fisik dengan baik. Selalu berhati-hati dan bisa menakar diri. Kalau untuk kendaraan kebetulan kami semua pakai sepeda motor kopling. Bebek mungkin bisa, tapi kalau matic kok kasihan motornya.

Setelah melalui rute dan kondisi jalan seperti yang terpapar di atas, akhirnya kami sampai juga di lokasi Wisata Pantai Air Terjun Umbul Waru. Birunya laut sudah terlihat, tapi kami harus menuruni tebing terjal terlebih dahulu untuk dapat menginjakkan kaki di Umbul Waru. Oiya, untuk sepeda motor sudah ada area parkirnya, jadi kami bisa menuruni tebing dengan tenang.

tantangan di umbul waru

panjat tebing umbul waruBener-bener keren. Ini pasti akan menjadi kenangan buat siapa saja yang udah main ke mari. Untuk sampai ke pantainya, kami harus panjat tebing dengan dibantu tali. Jadi seperti petualangan beneran. Keren dan mengesankan.

Setelah menginjakkan kaki di pantai, baru lah kami benar-benar bisa merasakan keunikan Pantai Umbul Waru. Pantai ini mirip-mirip dengan Pantai Lumbung Tulungagung. Backgroundnya adalah tebing yang tinggi, sedangkan mukanya adalah laut lepas. Sisi barat pantai merupakan daya tarik utama dari Pantai Umbul Waru. Karena di sanalah terdapat air terjun yang super awesome. Langsung deh kami bergerak ke barat.

pantai umbul waru blitar

travellers in umbul waru

pantai umbul waruSisi barat Umbul Waru

Bener-bener unik, Air Terjun Umbul Waru ini langsung jatuh ke lautan. Memang bukan satu-satunya di Jawa, tapi ini keren dan ini di Blitar. Sebenernya kondisi laut tak terlalu pasang. Kalau berani kami bisa sampai dibawah air terjun. Namun karena gadget nya gak ada yang water proof jadi kami urungkan niat dulu. Cukup melihat keindahan air terjun ini dari samping saja sudah cukup menyenangkan. Bisa lah lain kali ke sini lagi saat laut bener-bener surut, biar bisa menikmati keindahan air terjun dari bawah.

air terjun umbul waru

air terjun umbul waru blitarKombinasi Pantai dan Air Terjun yang lansung jatuh ke laut ini benar-benar keren. Umbul Waru, unik dan menantang. Kalian harus merasakannya sendiri. Selamat berpetulang 😀

dtrav in umbul waru

travellers at umbul waruD’Travellers Blitar di Umbul Waru

Info

air terjun umbulbaros blitar

pantai umbul baros blitarSelain Pantai Air Terjun Umbul Waru, Blitar juga memiliki pantai ber air terjun yakni Umbul Baros


Writer : Galy Hardyta Participant : Galy, Aguf, Chris, Dafid, Lia, Veri, Zid

Be First to Comment

  1. Saya sering pergi ke blitar tapi baru tau ada tempat wisata secantik ini. tks

  2. keren nih air terjunnya, baru tahu kalau blitar punya air terjun yang sekeren itu!
    kalau boleh tahu, kalau dari jakarta-blitar berapa hari ya? sampeknya ghan!

  3. itu jalurnya satu arah sama monuen Trisula berarti ya?
    itu foto diambil jam berapa? aman g kira2 kalau mau sampe dibawah air terjunnya?
    tks

  4. Benar mas. Foto diambil jam 10an pagi. Kalau pas surut aman. Surutnya biasanya ditentukan dengan kalender bulan

  5. hery hery

    akses mobil bisa apa g ?

  6. Belum bisa. Aksesnya masih sulit bahkan untuk sepeda motor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *