Skip to content

100 Tempat Wisata di Blitar

semua wisata blitarBlitar merupakan sebuah wilayah di selatan Jawa Timur yang telah lama dikenal sebagai tujuan wisata peziarahan, karena di Blitar lah jasad sang proklamator Republik Indonesia disemayamkan. Akan tetapi, sebenarnya Blitar memiliki kekayaan wisata yang lebih dari itu. Bentang alamnya yang beragam membuat Blitar dianugerahi berbagai potensi wisata alam yang menakjubkan. Sejarah panjang Blitar juga telah menciptakan keanekaragaman budaya yang unik. Sungguh kota kecil ini sangat recomended untuk dikunjungi dan dijelajahi. Layaknya sebuah harta karun, kekayaan potensi wisata di Blitar masih perlu digali dan diperkenalkan hingga ke penjuru negeri. Maka untuk membuka cakrawala itu, berikut D’Travellers akan ulas daftar tempat wisata dan potensi wisata di Blitar Raya.

100+ Tempat Wisata di Blitar

Icon Wisata Kota Blitar

1 Makam Bung Karno

makam bung karno blitarMakam Bung Karno bisa dibilang merupakan tujuan wisata utama di wilayah administrasi Kota Blitar. Di tempat inilah jasad sang prokalamator Republik Indonesia, Ir. Soekarno disemayamkan. Makam Bung Karno setiap harinya selalu ramai dikunjungi wisatawan baik wisatawan lokal maupun manca. Sebagai obyek wisata utama, Makam Bung Karno telah ditunjang berbagai fasilitas pendukung yang lengkap. Selain itu kawasan ini juga diintegrasikan dengan berbagai obyek wisata lain di Kota dan Kabupaten Blitar.

Bagi wisatawan yang ingin merasakan gaung Soekarnoisme, sudah selayaknya untuk mampir di sini. Selain bisa melihat langsung pusara sang proklamator, wisatawan juga bisa berbelanja cindera mata khas Bung Karno yang dijajakan desekitar area makam.

Icon Wisata Kabupaten Blitar

2 Candi Penataran

candi penataran blitarBerdiri megah di sebelah utara Blitar. Sebuah maha karya adi luhung peninggalan dari tiga kerajaan besar di Nusantara. Candi Penataran atau disebut juga Candi Palah merupakan warisan budaya yang teramat luar biasa dan menjadi landmark bagi dunia pariwisata di Kabupaten Blitar. Meski terletak di Desa Penataran Kecamatan Ngleggok yang notabene jauh dari pusat kota maupun pusat kabupaten, tidak lantas membuat candi ini luput dari perhatian Pemerintah. Sebagai komplek percandian terlengkap di Jawa Timur, Candi Penataran memperoleh perhatian yang istimewa dari Pemda Blitar. Berbagai sarana pendukung telah dibangun, dan keberadaanya juga diintegrasikan dengan beberapa obyek wisata lainnya seperti Kolam Renang Penataran dan Museum Penataran.

Candi Penataran didirikan pada masa pemerintahan Raja Srengga dari Kerajaan Kadhiri. Hal ini termaktub dalam prasasti yang terletak dikomplek Candi Penataran. Meskipun kemudian Kerajaan Kadhiri runtuh, tapi pembangunan candi ini terus dilanjutkan oleh kerajaan-kerajaan selanjutnya yakni Kerajaan Singosari dan Majapahit. Fakta sejarah ini menunjukkan betapa pentingnya keberadaan Candi Penataran bagi kerajaan-kerajaan tersebut. Oleh karena itu tidak heran jika kini Candi Penataran didaulat sebagai landmark pariwisata di Kabupaten Blitar.

Obyek Wisata di Blitar

Wisata Alam

3 Pantai Tambakrejo

pantai tambakrejo blitarPantai Tambakrejo merupakan tujuan wisata pantai favorit di Blitar. Pantai ini secara adminsitratif terletak di Desa Tambakrejo, Kec. Wonotirto, Kab. Blitar. Pantai ini telah di dukung akses dan fasilitas pendukung yang lengkap. Selain menikmati keindahan pantai wisatawan juga dapat berbelanja atau pun mencoba ikan asap dari Pasar Ikan Tambakrejo.

4 Pantai Pasetran Gondo Mayit

pasetran gondo mayit blitarPantai Pasetran Gondo Mayit dikenal juga dengan sebutan Pantai Pasir Putih. Pantai ini terletak di sebelah timur Pantai Tambakrejo. Untuk menuju pantai ini wisatawan bisa mendaki bukit di timur Tambakrejo atau berputar arah menyusuri jalan desa. Pantai ini masih lebih asri dibandingkan dengan Pantai Tambakrejo.

5 Pantai Serang

pantai serang blitarPantai Serang terletak di Desa Serang, Kec. Panggungrejo, Kab. Blitar. Pantai ini menyuguhkan panorama pantai pasir hitam yang eksotis. Di sebelah timur pantai ini terdapat gardu pandang yang setiap tahunnya digunakan untuk melakukan rukyat penentuan awal Ramadhan.

6 Pantai Jolosutro

pantai jolosutro blitarPantai Jolosutro merupakan primadona wisata pantai di timur Blitar. Pantai ini terletak di Desa Ringinrejo, Kec. Wates, Kab. Blitar. Letaknya tidak jauh dari perbatasan Blitar Malang. Oleh karenanya pantai ini lebih kerap dikunjungi wisatawan dari Malang.

Meski telah dikembangkan sebagai tempat wisata, kondisi Pantai Jolosutro masih terlihat alami. Hal tersebut disebabkan oleh kondisi perbukitan di sisi barat pantai yang masih tertutup hutan belantara.

7 Pantai Pangi

pantai pangi blitarPantai Pangi merupakan sebuah pantai teluk. Pantainya memang tidak begitu luas, namun karena masih tergolong alami pantai ini kini menjadi pesaing berat bagi pantai-pantai wisata seperti Tambakrejo, Serang, dan Jolosutro.

Pantai pangi mulai dikenal publik sekitar tahun 2007, sehingga masih tergolong pantai wisata baru. Pantai ini berada dalam satu kawasan wisata dengan Gua Umbultuk. Secara administratif terletak di Desa Tumpakkepuh, Kec. Bakung, Kab. Blitar.

8 Pantai Peh Pulo

pantai peh pulo blitarPantai Peh Pulo begitu cantik dengan gugusan pulau-pulau karang di depannya. Pantai ini terbagi menjadi beberapa pantai seperti Pantai Wedhen Ombo, Wedhen Ciut, dan Peh Pulo. Pantai ini disebut juga dengan sebutan Pantai Pasir Putih Sumbersih karena terletak di Desa Sumbersih, Kec. Panggungrejo, Kab. Blitar. Keberadaan obyek ini menambah kekayaan wisata di Blitar.

9 Gua Umbultuk

gua umbultuk blitarGua Umbultuk merupakan sebuah terowongan sungai bawah tanah. Bagi mereka yang memiliki nyali tangguh untuk menyusurinya, keindahan stalaktit dan stalakmit yang tiada duanya telah menanti untuk ditemukan. Gua Umbultuk masih terletak satu desa dengan Pantai Pangi.

10 Blumbang Pacuh

blumbang pacoh blitarBlumbang Pacuh merupakan sebuah kawasan konservasi air di utara Penataran. Dulu kawasan ini hanyalah sebuah telaga yang sekelilingnya ditumbuhi pepohonan jati karet berukuran raksasa, tampak sedikit meyeramkan. Kini kawasan ini telah disulap menjadi tempat wisata yang nyaman dan asri. Blumbang Pacuh secara administratif terletak di Desa Penataran. Kec. Nglegok, kab. Blitar.

11 Telaga Rambut Monte

telaga rambutmonte blitarTelaga Rambut Monte secara administratif terletak di Desa Krisik, Kec. Gandusari, Kab. Blitar. Keberadaan telaga ini tidak bisa dilepaskan deri mitos-mitos setempat. Suasana mistis semakin kuat karena telaga ini didiami ikan langka yang tidak ditemukan di tempat lain. Ikan tersebut disebut ikan sengkaring yang menurut mitos setempat merupakan jelmaan murid-murid Rsi Rambut Monte yang dihukum karena lalai.

12 Perkebunan Teh Sirah Kencong

perkebunan teh sirahkencongPerkebunan Teh Sirah Kencong terletak di lerang Gunung Buthak Pegunungan Kawi, tepatnya di Desa Ngadirenggo, Kec. Wlingi, Kab. Blitar. Jika ingin merasakan asrinya suasana kebun teh di Blitar, maka di sinilah tempatnya.

Wisata Sejarah

13 Istana Gebangwisata istana gebang blitarIstana Gebang atau biasa disebut Dalem Gebang adalah rumah orang tua Bung Karno. Di Dalem Gebang wisatawan dapat merasakan kehidupan sehari-hari Bung Karno, karena tempat ini dipamerkan berbagai perkakas yang dulu pernah menemani keseharian beliau. Istana Gebang terletak di Jl. Sultan Agung No 69, Sananwetan, Kota Blitar.

14 Monumen PETA

monumen peta blitarMonumen PETA atau Monumen Supriyadi didirikan untuk mengenang kisah heroik Sudanco Supriyadi bersama tentara PETA yang melakukan pemberontakan terhadap penjajah Jepang. Monumen PETA terletak di Jl Sudanco Supriyadi Kota Blitar. Letak monumen berseberangan dengan Taman Makam Pahlawan Raden Widjaja. Setiap tanggal 14 Februari di monumen ini selalu diselenggarakan teater pemberontakan PETA untuk mengenang peristiwa pemberontakan PETA.

15 Monumen Trisula

monumen trisula blitarMonumen Trisula merupakan tanda sejarah untuk mengenang peristiwa penumpasan PKI di Blitar selatan. Monumen ini terletak di Desa Bakung, Kec. Bakung, Kab. Blitar.

16 Petilasan Aryo Blitar

aryo blitarDalam mitos setempat, petilasan Aryo Blitar dipercayai sebagai makam Adipati Aryo Blitar yang dulu merupakan penguasa lokal di Blitar. Petilasan Adipati Aryo Blitar ramai diziarahi setiap malam Jum’at legi. Petilasan Adipati Aryo Blitar terletak di Kelurahan Blitar, Kec. Sukorejo, Kota Blitar. Keberadaan obyek ini menambah kekayaan wisata di Blitar.

17 Candi Bacem

candi bacem blitarCandi Bacem terletak di Desa Bacem, Kec. Sutojayan, Kab. Blitar. Candi Bacem terdiri dari sebuah candi induk dan sebuah candi perwara. Kondisi kedua candi tersebut telah runtuh sehingga hanya terlihat seperti tumpukan batu bata saja. Di atas reruntuhan candi dapat dijumpai kemuncak dan sejumlah umpak yang terbuat dari batu andesit.

18 Candi Gambar Wetan

candi gambar wetan blitarCandi Gambar Wetan terletak di Perkebunan Gambar, Desa Sumberasri, Kec. Nglegok, Kab Blitar. Meski lokasinya cukup terpencil, candi ini tetap menarik untuk dikunjungi. Selain suasananya yang syarat dengan kekunaan, Candi Gambar Wetan juga menyuguhkan pemandangan alam yang eksotis. Dari sekitar lokasi candi, wisatawan dapat menikmati keindahan pemandangan Kali Bladak yang merupakan kantong lahar Gunung Kelud. Kronogram terkait candi ini terdapat di kaki arca dwarapala. Kronogram tersebut menunjukkan tarik 1360 Saka atau 1438 Masehi. Kurun waktu tersebut termasuk dalam masa pemerintahan Kerajaan Majapahit.

19 Candi Kalicilik

candi kalicilik blitarCandi Kalicilik secara administratif terletak di Desa Candirejo, Kec. Ponggok, Kab. Blitar. Kronogram terkait candi ini dapat dijumpai di atas ambang pintu. Kronogram tersebut bertarik 1271 Saka atau 1349 M. Kronogram tersebut sezaman dengan era Majapahit masa pemerintahan Tribhuwanattunggadewi Jayawisnuwardhani.

20 Candi Kotes

candi kotes blitarCandi Kotes terletak di Desa Sukosewu, Kec. Gandusari, Kab. Blitar. Kronogram terkait Candi Kotes dapat dijumpai pada pipi tangga candi induk dan altar. Kronogram tersebut menunjukkan tarik 1222 dan 1223 Saka atau 1300 dan 1301 Masehi. Kurun waktu tersebut sezaman dengan masa pemerintahan Kertarajasa Jayawardhana, raja pertama Majapahit.

21 Candi Plumbangan

candi plumbangan blitarCandi Plumbangan terletak di Desa Plumbangan, Kec. Doko, Kab. Blitar. Candi Plumbangan merupakan gapura bergaya paduraksa yang tersusun dari batu andesit. Gapura ini menghadap ke barat dan memiliki atap berbentuk kubus. Kronogram terkait bangunan Candi Plumbangan terpahat pada ambang pintu gapura. Kronogram tersebut menunjukkan tarik 1312 Saka atau 1390 Masehi yang merupakan era Kerajaan Majapahit. Selain bangunan gapura, dijumpai pula tinggalan lepas berupa batu candi, prasasti Panumbangan, dan yoni.

22 Candi Rambut Monte

candi rambut monte blitarCandi Rambut Monte terletak di kawasan wisata telaga Rambut Monte, Desa Krisik, Kec. Gandusari, Kab. Blitar. Candi ini memiliki mitos yang erat dengan keberadaan telaga Rambut Monte. Alkasih dahulu kala ada rsi Majapahit bernama Eyang Rambut Monte. Sang rsi bertarung habis-habisan melawan Rahwana. Rsi pun memenangkan pertempuran dan berhasil mengutuk Rahwana menjadi candi berbentuk monyet dan naga. Sang rsi kemudian menitahkan pada murid-muridnya untuk menjaga candi tersebut, namun para muridnya lalai. Rsi kemudian menghukum mereka menjadi ikan sengkaring dan mendiami telaga Rambut Monte untuk selamanya. Secara sejarah, Candi Rambut Monte masih penuh misteri. Bahkan bisa saja bentuk asli candi ini berbeda dengan bentuknya yang sekarang. Yang dimaksud dengan candi berbentuk kera sebenarnya adalah fragmen Kala. Biasanya Kala terletak di atas pintu atau relung candi.

23 Candi Sawentar

candi sawentar blitarCandi Sawentar terletak di Dusun Centong, Desa Sawentar, Kec. Kanigoro, Kab. Blitar. Candi Sawentar telah tertimbun tanah dalam waktu yang cukup lama dan baru digali kembali pada tahun 1915 sampai 1920. Pada tahun 1999 ditemukan gugusan candi lain di sebelah selatan pasar desa, dekat Candi Sawentar. Candi Sawentar utara memperlihatkan persamaan arsitektur serta ornamentik dengan bangunan candi zaman Singosari, yaitu dengan Candi Kidal. Sedangkan candi baru (Candi Sawentar II / Candi Sawentar Kidul) merupakan kumpulan monument perang paregreg pada masa Wikramawardhana di era Kerajaan Majapahit. Pendirian monumen ini berlangsung pada masa pemerintahan Suhita, putri Wikramawardhana.

24 Candi Selotumpuk

candi selotumpuk blitarCandi Selotumpuk adalah reruntuhan bangunan kuno yang berada di puncak Gunung Batok, Desa Pagerwojo, Kec. Kesamben, Kab. Blitar. Nama candi ini sesuai dengan kondisinya yang lebih terlihat seperti tumpukan batu. Selo berarti batu, sehingga Selotumpuk berarti batu yang ditumpuk. Meskipun telah runtuh, keindahan seni pahat pada Candi Selotumpuk masih dapat dinikmati, misalnya saja pahatan pada antefik candi, kala, maupun relief dinding candi.

25 Candi Simping

candi simping blitarCandi Simping secara administratif terletak di Desa Sumberjati, Kec. Kademangan, Kab. Blitar. Candi Simping merupakan salah satu bukti pentingnya kawasan Blitar bagi raja-raja Majapahit. Candi ini tercatat dalam Kitab Negara Krtagama sebagai tempat pendarmaan raja pertama Majapahit, dan pernah dikunjungi oleh Hayam Wuruk. Raja pertama Majapahit, Sri Kertarajasa Jayawardhana wafat pada tahun Matryaruna 1231 Saka (1309 M) dan diarcakan sebagai Harihara (perpaduan Siwa-Wisnu). Sri Kertarajasa merupakan kakek dari Hayam Wuruk, raja terbesar Majapahit.

Pages: 1 2 3 4 5 6

53 Comments

  1. waahhh.. luar biasa.. siapa sangka blitar memiliki begitu banyak tempat wisata, sementara ini kami disemarang masih belum menginvetarisir sebanyak itu…
    luar biasa, semoga sukses, dan kami bisa belajar dari postingan ini..
    salam

  2. Kezza Kezza

    SuNgguh luar biasa,,,saya sebagai orang Blitar sama sekali tidak tahu,,kalau ternyata Blitar mempunyai banyak tempat wisata,,,thank u,,

  3. Thanks all. 😀 makasih udah mampir

  4. Wahh.. Ternyatra banyak yach.. Itupun masih banyak yg belum masuk 100 daftar tempat wisata tsb spt Perpustakaan dan Makam Bung Karno, Waterpark Sumber Udel, dll..
    Salut dan keren buat d’Travellers.. 😀

  5. Saking aasyiknya baca dan banyaknya daftar tempat wisata, baru nyadar klo dua tempat itu sdh ada di posisi teratas.. haha..

  6. Terimakasih sudah mampir. Rencana tulisan ini masih mau diupdate, karena faktanya wisata di blitar masih banyak yang belum terliput di sini 🙂

  7. iis iis

    🙂

  8. Reblogged this on Pendi Cahyo and commented:
    Gak nyangka, lebih dari 100 Tempat

  9. waah br taU aQ ternytaa… buanyyyakkkk.. !!!
    mkch dh share…

  10. Sukron Sukron

    keren mantab…kapan2 pengen datengin satu2 itu tempat wisatanya…
    salam dari Blitar Utara 🙂

  11. mas ndon mas ndon

    ajibun bin mantabun…………………

  12. ridho ridho

    Kerenn…………. n Bravo. Lanjutkan…………….

  13. tio d tio d

    4 jempol buat d traveler

  14. Itu ada di sidebar cp nya atau ini ada pin juga tp beda orang 519E5C6A

  15. Baru tau kalau Blitar banyak destinasi wisatanya…..wah saya sebagai orang Blitar bangga banget, walaupun selama ini cuma tau Candi Penataran dan Makam Bung Karno saja….hehe

    Thank’s postingannya min…..segera meluncur untuk mengunjungi satu-persatu

  16. bangga bngt sama blitar, rumah saya deket sama pantai JURUG

  17. Lutfi Lutfi

    Bukan main ternyata masih banyak tempat2 yang indah di daerahku ……..

  18. hazel fox hazel fox

    aku bangga jadi anak blitar lahir diblitar Dan berbangsa Indonesia bangga banget dengan kekayaan alam tanah airku…

  19. i love blitar, walaupun gak lahir dan besar disana tetap cinta sama kampung halaman blitar

  20. SETYO SETYO

    Sukses buat kawan2 D’traveler.Mari terus majukan pariwisata di Blitar tercinta. ☺

  21. Terimakasih. Maaf sejauh ini belum ada dari kami yang mendaftar. Kalau memungkinkan ikut pasti kami kontak..

  22. Doni Antoni Doni Antoni

    Keren Blitar…
    I LOVE BUMI BUNG KARNO (BLITAR)
    Buat travellers 100 jempol aku pinjemin sama masyarakat Blitar

  23. WOW… Keren….
    Ternyata Blitar punya banyak tempat wisata… jadi pingin bisa ke Blitar…
    Salam Wisata..

  24. Monggo mampir ke blitar. Salam wisata.. 😀

  25. Wow. saya dari Blitar kecamatan wlingi dan banyak yang tidak tahu tentang tempat-tempat wisata di kota kelahiran. Saya yakin tim traveller pasti sudah bekerja keras untuk mengunjungi dan mempelajari sejarah dari tempat-tempat ini. Sangat inspiratif. Saya berharap komentar “Terima kasih” dan dukungan saya dapat membuat tim ini tetap semangat.
    Be blessed.

  26. enn enn

    sukses terus dtrav 🙂

  27. travellersblitar travellersblitar

    Terimakasih sarannya om. Next akan kami tambahkan

  28. kampung merah putih nya mana min ??

  29. travellersblitar travellersblitar

    Kemarin sempat kesana tapi sudah terbangkalai.

  30. rudi hermanto rudi hermanto

    Wooo saya baru tau kalau blitar punya tempat wisata sebanyak itu. I LOVE BLITAR

  31. edelweisstories edelweisstories

    Mantap min

  32. Nomer 49.. itu. Bendungan masih wilayah blitar atau malang..? Saya domisili karangkates

  33. Teguh Arifianto Teguh Arifianto

    Insyaallah akhir bulan April ini saya akan mengunjungi destinasi wisata yg berada di kota Blitar.. Doakan saya ya semoga selamat sampai tujuan dari Jakarta start 28/4/2017 untuk memenuhi undagan resepsi pernikahan sahabat kami ‘Jaya Kusuma’ .. Salam Traveller . Gass by Motorcycle.. Brummm….

  34. Amin. Semoga lancar mas agendanya, diberi keselamatan sehingga bisa kembali kerumah tanpa aral rintangan. Salam travellers

  35. pulung pulung

    tolong disampaikan ke pemkab atau pemkot untuk akses jalan yang ke wisata pantai di perbaiki…
    karena sayang klo tempat2 yang menarik itu tersembunyi dan hanya bisa dilalui oleh sepeda motor saja…

    suwun.

  36. Kenthing Kenthing

    Wisata pantai di update lagi mind. Baik yg sudah terkenal maupun belum, sperti jebring, keben, gayasan, pasur… Dan masih banyak lagi..

  37. Wildan Wildan

    Benar benar ptut di lestarikan aq orang Blitar blm smua tau cuma sbgian kecil bangett……. Wahh aq isoo gumun dwe minn mkasih min tlah berbagi,

  38. Tentunya masih banyak juga yg belum kami rangkum. Ini juga cuma sebagian kecil aja. Sama-sama terimakasih sudah berkunjung semoga bermanfaat

  39. agoest jayadi agoest jayadi

    Saran aja min admins… kalau posting,,, sekalian di buatkan gps…biar gampang kalau nyarinya n liatnya…. supaya … bagi calon wisatawan yg akan mampir ke blitar,, bisa menentukan tempat mana saja yg bisa di jangkau setelah tujuan utama mereka,,, biasanya klw seperti saya, tujuan utama plus wisata kanan kiri terdekat dari tujuan utama… sekali jalan , dapat 6 sampai 10 bisa lebih dapat view tmpt…mksih..
    Smoga blitar makin ter expose wisatanya

  40. Terimakasih sarannya. Tidak masalah. Coba nanti kami tambahkan pelan pelan hehe

  41. Ali Moest Ali Moest

    wah wah Blitar keren….
    Let’s Share Blitar hehe

  42. Gua Umbultuk punya nuansa tempat yg bikin para pencinta gua terkesima saat masuk ke sana, artikel ini memberikan informasi yg cocok untuk para traveler, thanks banget buat infonya min

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *