Skip to content

Pantai Sine, Wisata Pantai di Wilayah Kalidawir Tulungagung

Pantai Sine merupakan salah satu atau mungkin satu-satunya wisata pantai yang terletak di Kec. Kalidawir, Tulungagung. Kalidawir merupakan salah satu dari empat kecamatan yang terletak di pesisir selatan Tulungagung, dan presensi wilayah ini di pesisir selatan adalah keberadaan Pantai Sine.

Keindahan Pantai

pantai sine

Pantai Sine terletak pada sebuah teluk yang tak terlalu menjorok ke daratan. Bentang alamnya yang berupa teluk membuat pantai ini menjadi tempat yang cocok untuk bersandarnya perahu nelayan.

Pantai Sine, Wisata Pantai di Wilayah Kalidawir Tulungagung 10

Pada sisi utara pantai terdapat hutan cemara udang yang oleh masyarakat setepat dinamai dengan nama Cemoro Sewu. Spot Cemoro Sewu ini cukup menarik karena teduh. Selain itu, di sekitarnya juga terdapat sejumlah fasilitas wisata seperti gazebo, kantin, dan panggung hiburan. Benar benar spot yang asyik untuk menikmati pemandangan pantai ini.

Pemandangan utama yang akan kalian saksikan dari Pantai Sine adalah pemandangan teluk yang indah dan ramai oleh perahu-perahu nelayan yang bersandar. Kalian juga akan sering melihat aktivitas nelayan yang pulang pergi melaut. Saat travelers sekalian mengarahkan pandangan ke sisi timur laut, kalian akan dapat menyaksikan hamparan Pantai Dlodo.

Pantai Sine, Wisata Pantai di Wilayah Kalidawir Tulungagung 11

Oiya, pasir Pantai Sine berwarna cokelat seperti Pantai Gemah. Pasir pantai tersebut akan mengkilat saat basah dan diterpa sinar mentari. Pasir pantai yang basah kemudian membentuk cermin alami yang merefleksikan keindahan alam di sekitar pantai. Benar-benar menakjubkan.

Pantai Sine, Wisata Pantai di Wilayah Kalidawir Tulungagung 12

Pantai Sine tidak menghadap ke selatan, melainkan sedikit menghadap ke timur. Saat matahari berada di belahan bumi selatan dan posisi kalian sedikit berada di sebelah utara pantai, kalian dapat menyaksikan matahari terbit (sunrise) dari permukaan laut. Namun kondisi demikian tidak berlangsung sepanjang tahun. Jadi saat matahari tidak berada di belahan bumi selatan, ia akan terbit dari balik tebing di sisi timur laut.

Lokasi dan Rute

Pantai Sine secara administratif terletak di Desa Kalibatur, Kec. Kalidawir, Kab. Tulungagung. Untuk menuju pantai ini baik dari arah barat (Tulungagung dan sekitarnya) maupun dari arah timur (Blitar dan sekitarnya), kalian harus menuju Kec. Kalidawir terlebih dahulu. Dari pertigaan Kantor Kec. Kalidawir yang terkenal dengan ikonnya Monas Karangtalun/ Kalidawir silakan ke selatan mengikuti jalan hingga menanjak memasuki area pegunungan selatan. Ikuti saja jalan yang berkelok-kelok nanti kalian akan menjumpai papan petunjuk arah menuju Pantai Sine.

Kondisi jalan menuju pantai telah beraspal seluruhnya. Di beberapa titik ada tanjakan atau turunan yang curam namun tidak banyak dan masih bisa dilalui dengan aman. Semakin mendekati pantai, kalian akan menyaksikan keindahan Teluk Sine di kejauhan, namun kalian tetap harus fokus berkendara ya. Jika kalian memang ingin berhenti dulu untuk melihat keindahan teluk, silakan berhenti karena tersedia area parkir dan gardu pandang.

Tiket

Berdasarkan informasi yang saya peroleh dalam perjalanan ini, Pantai Sine belum memiliki tiket resmi. Menurut penjaja ikan asap yang saya tanyai, sejauh ini pengunjung hanya dikenai biaya sukarela untuk parkir kendaraan roda dua maupun roda empat. Sayang sekali saat berkunjung kemarin kebetulan saya tidak dikenai biaya parkir, sehingga saya tidak mengetahui kisaran nominalnya. Namun saya sempat melihat pengunjung lain yang mengendarai kendaraan roda empat memberikan uang Rp. 10.000,-, sedangkan untuk kendaraan roda dua saya sempat membaca mimik bibir penjaga parkir mengatakan, “dua ribu mas.” (*biaya tersebut dapat berubah sewaktu-waktu menyesuaikan kebijakan pengelola)

Fasilitas

Pantai Sine, Wisata Pantai di Wilayah Kalidawir Tulungagung 13

Pantai Sine telah ditunjang dengan sejumlah fasilitas pendukung seperti gazebo, kantin, kamar mandi, mushola dan tempat parkir.


Writer: Galy Hardyta

Selftraveling

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!