Skip to content

Air Terjun Tempuran Blitar, Keindahan Dua Air Terjun Berpadu dalam Satu Lokasi

Air Terjun Tempuran Blitar, Keindahan Dua Air Terjun Berpadu dalam Satu Lokasi 9

Air Terjun Tempuran.

Kami sudah kehabisan kata kata lagi untuk mendeskripsikan Desa Krisik. Desa ini benar benar menjadi salah satu gudangnya air terjun di Blitar. Coban Tekik, Coban Gumuk, Sabrang Papat, Sukorejo, Watu Tangis, Lungur Tipis, Rondo Teles dan kali ini Air Terjun Tempuran. Dan jika teman teman tahu, masih ada lagi air terjun lain yang belum sempat DTrav ulas. Dalam postingan ini kami akan mengulas Air Terjun Tempuran terlebih dahulu.

Lokasi dan Rute

Air Terjun Tempuran secara administratif terletak di Dusun Barurejo, Desa Krisik, Kec. Gandusari, Kab. Blitar. Air Terjun ini masih satu area dengan Air Terjun Rondo Teles. Dari Rondo teles kalian tinggal melanjutkan susur sungai sekitar 20 menit untuk menuju Tempuran.

Air Terjun Tempuran Blitar, Keindahan Dua Air Terjun Berpadu dalam Satu Lokasi 10

Susur sungai menuju air terjun.

Karena berada dalam satu area, kalian dapat menjadikan rute menuju Air Terjun Rondo Teles sebagai acuan menuju Air Terjun Tempuran. Bagi teman teman yang belum familiar dengan rute menuju Rondo Teles, berikut kami uraikan rute nya: Dari Kota Blitar silakan menuju Wlingi. Pertigaan RS Ngudiwaluyo Wlingi belok kiri mengikuti jalan hingga memasuki Desa Krisik.

Dari Pasar Krisik silakan ke timur menuju Pura Agung Arga Sunya. Selanjutnya dari Pura ambil arah ke timur menuju Dusun Barurejo. Pertigaan Pos Kamling yang kalau belok ke kiri menuju Air Terjun Sabrang 4, Gumuk, dan Watu Tangis, ini ke kanan. Sekali lagi kami ulangi, dari pertigaan Pos Kamling silakan belok ke kanan.

Ikuti jalanan sampai pemukiman terakhir. Dari pemukiman terakhir kalian harus masuk jauh ke dalam hutan. Berdasarkan pengalaman, kami menempuh perjalanan kurang lebih setengah jam di dalam hutan dengan mengendarai motor trail. Lanjutkan perjalanan di hutan hingga kira kira berada di atas Air Terjun Lungur Tipis. Setelah dirasa berada pada posisi yang tepat, kalian bisa membuat jalan turun ke sungai. Hal ini sedikit berbahaya, karena memang sebenarnya tidak ada jalan untuk turun.

Kunci perjalanan ke air terjun ini adalah fisik dan mental yang kuat. Medan nya lumayan ekstrim dan harus turun dengan bantuan tali.

Keindahan Air Terjun

air terjun tempuran

Dua air terjun dalam satu lokasi.

Air Terjun Tempuran bukan saja indah, tapi juga unik. Bagaimana tidak, dalam satu lokasi terdapat dua aliran air terjun yang masing masing bersumber dari gunung yang berbeda, yakni dari Gunung Buthak dan Gunung Kawi. Kedua aliran air terjun tersebut akhirnya jatuh di sungai yang sama. Keren bukan. 😀

Air terjun di sebelah kiri atau bisa disebut Air Terjun Tempuran 2 lebih tinggi namun debit airnya lebih kecil. Sumbernya berasal dari Gunung Kawi.

Air Terjun Tempuran Blitar, Keindahan Dua Air Terjun Berpadu dalam Satu Lokasi 11

Air Terjun Tempuran Dua.

Air Terjun Tempuran 1 tidak lebih tinggi namun debit airnya lebih deras. Sumber airnya berasal dari Gunung Buthak.

Air Terjun Tempuran Blitar, Keindahan Dua Air Terjun Berpadu dalam Satu Lokasi 12

Air Terjun Tempuran Satu.

Penamaan air terjun ini sesuai dengan keadaan alamnya, di mana terdapat dua air terjun yang bertemu di satu aliran sungai. “Tempuran”, tempuk sak aliran (bertemu di satu aliran).


Writer: Hadi

Participants: Hadi, Tum

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!