Skip to content

air terjun rondo teles

Air Terjun Rondo Teles.

Wilayah Blitar ternyata masih banyak menyimpan keindahan alam terutama air terjun. Lagi lagi masih di Desa Krisik. Desa yang dulunya hanya dikenal dengan Telaga Rambut Monte, kini menjelma menjadi gudangnya air terjun di Blitar. Salah satu air terjun yang mulai di kenal publik adalah Air Terjun Watu Tangis. Di atas Watu Tangis Masih terdapat Air Terjun Lungur Tipis. Nah… air terjun yang akan DTrav bahas kali ini posisinya berada di atas Lungur Tipis. Air Terjun tersebut kami sebut dengan nama Air Terjun Rondo Teles. Namanya unik bukan. 😛

Sejarah

Sebenarnya air terjun ini belum ada namanya. Saya dan Mas Tum, rekan dalam ekspedisi kali ini, berinisitaif menyebutnya Air Terjun Rondo Teles 😁. Nama ini kami pilih bukan tanpa alasan.

Jadi sebenarnya di kawasan ini terdapat sekitar 5 air terjun. Meski masih dalam satu kawasan, kenyataan nya letak Air Terjun Rondo Teles sedikit terpisah dari air terjun lainnya. Air terjun ini terletak di percabangan sungai yang berbeda dari aliran sungai utama, meskipun nantinya aliran sungai tersebut juga akan menyatu dengan aliran sungai di mana Lungur Tipis, Watu Tangis dan sejumlah air terjun lainnya berada. Atas dasar letaknya yang menyendiri ini lah, maka kami menyebutnya dengan nama Rondo Teles. “Rondo” (janda) identik dengan keadaan yang sendiri. “Teles” (basah) menyiratkan makna sesuatu yang masih baru.

Lokasi dan Rute

Air Terjun Rondo Teles secara administratif terletak di Dusun Barurejo, Desa Krisik, Kec. Gandusari, Kab. Blitar. Rute menuju air terjun ini sama dengan rute menuju Air Terjun Lungur Tipis. Kalian tinggal melanjutkan rute Lungur Tipis tapi tidak perlu turun ke sungai. Lanjutkan perjalanan di hutan hingga kira kira berada di atas Lungur Tipis. Setelah dirasa berada pada posisi yang tepat, kalian bisa membuat jalan turun ke sungai.

Kunci perjalanan ke air terjun ini adalah fisik dan mental yang kuat. Medan nya lumayan ekstrim dan harus turun dengan bantuan tali.

Air Terjun Rondo Teles Blitar, Satu Lagi Air Terjun Alami di Lereng Pegunungan Kawi 9

Akses yang curam.

Bagi teman teman yang belum familiar dengan rute menuju Lungur Tipis, berikut kami uraikan rute nya: Dari Kota Blitar silakan menuju Wlingi. Pertigaan RS Ngudiwaluyo Wlingi belok kiri mengikuti jalan hingga memasuki Desa Krisik.

Dari Pasar Krisik silakan ke timur menuju Pura Agung Arga Sunya. Selanjutnya dari Pura ambil arah ke timur menuju Dusun Barurejo. Pertigaan Pos Kamling yang kalau belok ke kiri menuju Air Terjun Sabrang 4, Gumuk, dan Watu Tangis, ini ke kanan. Sekali lagi kami ulangi, dari pertigaan Pos Kamling silakan belok ke kanan.

Ikuti jalanan sampai pemukiman terakhir. Dari pemukiman terakhir kalian harus masuk jauh ke dalam hutan. Berdasarkan pengalaman, kami menempuh perjalanan kurang lebih setengah jam di dalam hutan dengan mengendarai motor trail. Setelah itu kami mencari jalan turun untuk menuju sungai (hal ini sedikit berbahaya, karena memang sebenarnya tidak ada jalan untuk turun).

Air Terjun Rondo Teles Blitar, Satu Lagi Air Terjun Alami di Lereng Pegunungan Kawi 10

Belantara Pegunungan Kawi.

Keindahan Air Terjun

Air Terjun ini begitu indah dan gagah. Aliran airnya terjun melalui tebing yang beruas ruas. Alirannya semakin ke bawah semakin melebar karena menerpa tebing batu yang lebar. Akhirnya air tersebut jatuh ke dalam kolam alami yang dangkal.

Air Terjun Rondo Teles Blitar, Satu Lagi Air Terjun Alami di Lereng Pegunungan Kawi 11

Perbandingan ketinggian air terjun dengan manusia.

Air Terjun Rondo Teles Blitar, Satu Lagi Air Terjun Alami di Lereng Pegunungan Kawi 12

Kolam alami di bawah air terjun.

Rerumputan yang tumbuh pada tebing air terjun memberikan gradasi warna hijau yang menyejukkan mata. Keindahannya semakin berlipat ganda saat diterpa sinar mentari.