Skip to content

Candi Sirah Kencong Blitar, Cagar Budaya di antara Cakrawala yang Menakjubkan

Candi Sirah Kencong secara administratif terletak di Desa Ngadirenggo, Kec. Wlingi, Kab. Blitar. Candi ini berada di ketinggian 1100 mdpl di lereng Gunung Butak (Pegunungan Kawi). Kondisi jalan menuju lokasi candi berupa jalan pegunungan yang berkelok-kelok naik turun. Meski sedikit menantang, tapi apa yang akan traveler sekalian peroleh setelah melalui perjalanan ini tak akan mengecewakan. Tak hanya candi, tapi hamparan kebun teh dengan suasananya yang sejuk sudah menunggu untuk disusuri. Di mana lagi kita bisa menikmati indahnya kebun teh di Blitar kalau tidak di Sirah Kencong.

road to sirah kencong blitarPerjalanan via Semen Gandusari

Dari Blitar Sirah Kencong dapat dituju melalui dua rute, yakni via Desa Semen dan via Desa Tegalasri. Rute Sirah Kencong via Desa Semen adalah sebagai berikut: Blitar – Wlingi – Pertigaan RS Ngudiwaluyo Wlingi belok kiri – Ikuti jalan hingga memasuki Desa Semen – Setelah Pasar Semen ambil percabangan ke kanan ke arah Sirah Kencong. Rute Sirah Kencong via Tegalasri adalah sebagai berikut: Blitar – Wlingi – Pertigaan Kawedanan Wlingi belok ke kiri – Pertigaan Tegalasri ke kiri – Ikuti jalan hingga tiba di Sirah Kencong.

Kira-kira 1 km sebelum tiba di perkebunan, dari ketinggian 1000 mdpl kita akan disuguhi panorama lembah Sirah Kencong yang memukau. Semuanya tampak hijau tertutup oleh hamparan daun teh. Suasananya sejuk dan alami. Dari posisi ini tampak pula Candi Sirah Kencong. Hayo tebak! Yang mana Candi Sirah Kencong? 😀

sirah kencong blitarCandi Sirah Kencong berada di antara hijaunya kebun teh ini. Coba cari..

Setalah tiba di kawasan Perkebunan Sirah Kencong (Kawasan Agrowisata) kita bisa memarkirkan kendaraan di tempat yang tersedia, kemudian melanjutkan perjalanan menuju candi dengan berjalan kaki. Sambil berjalan kaki kita akan disuguhi panorama khas kebun teh yang memukau. Kita juga bisa mengamati para pemetik teh beraktivisitas. Setelah berjalan sekitar 15 menit dari pintu masuk perkebunan kita akan sampai di Candi Sirah Kencong.

road to candi sirah kencong

candi sirah kencong blitarSecara umum Candi Sirah Kencong terdiri dari tiga bangunan pokok, yakni bangunan candi pertama yang terletak di sebalah utara, kemudian candi kedua di tengah, dan bangunan ketiga terletak di sebelah selatan. Ketiga bangunan tersebut menghadap ke arah Barat. Pada tubuh bangunan Candi Sirah Kencong terdapat beberapa relief yang unik. Relief tersebut tidak timbul seperti relief candi pada umumnya. Relief tersebut tergurat dangkal hanya seperti digores-gores saja. Berikut relief-relief yang terdapat di Candi Sirah Kencong:

relief bubuksah gagangaking sirah kencongRelief Bubuksah Gagangaking. Digambarkan dengan seorang berbadan kurus dalam pose duduk wajrasana. Tangannya direntangkan seolah-olah meroleh ajakan ajakan Harimau yang membuka mulutnya dan duduk di mukanya. Relief ini terdapat di candi pertama. Relief ini juga dapat diljumpai di Candi Penataran.

relief samodramantana candi sirah kencongRelief Samudra Mantana. Digambarkan dengan manusia yang menyangga naga, tiap-tiap naga disangga oleh lima orang. Relief ini terdapat pada candi ke dua. Relief ini juga dapat diljumpai di Candi Penataran.

relief bima candi sirah kencongRelief Bima. Digambarkan dengan tiga raksasa yang memakai gelung seperti Bima yang dimuka lebih besar daripada yang dibelakangnya dan dengan latar belakang ombak-ombak air laut. Mungkin sekali relief didinding sebelah barat ini menggambarkan tiga orang raksasa atau episode Bimasuci, yaitu waktu Bima meninggalkan saudaranya akan terjun kelaut. Relief ini terdapat pada candi ke tiga.

naga candi sirah kencongPada bangunan tengah atau candi ke dua, bingkai bawah dari subasemennya tedapat pahatan naga yang kepalanya bertemu dipojok-pojok. Pahatan naga dengan bentuk semacam ini banyak dijumpai pada komplek Candi Penataran.

Berdasarkan ulasan diatas, tampaknya Candi Sirah Kencong memiliki banyak kesamaan dengan Candi Penataran. Di candi ini kita seperti melihat Candi Penataran versi primitif, kerena baik relief maupun ornamen hiasnya memiliki kemiripan tetapi di buat dengan versi yang sangat sederhana. Unik.

arca candi sirah kencongSatu lagi yang unik, arca dewa dengan pahatan primitif.

Selain keunikan candi, dari lokasi ini pandangan kita dapat menangkap panorama kebun teh yang lebih dramatis. Kekunaan yang berpadu dengan keindahan. Sungguh perpaduan suasana yang menakjubkan.

candi sirah kencong blitar

kebun teh sirah kencong blitar

travellers in sirah kencong templeD’Trav bersama Pamong Budaya (Mas Andrik yang ber-gana)


Writer : Galy Hardyta

Photographer : Adon & Galy

Participant: Adon, Galy, Andrik

3 Comments

  1. Keren, gans !! 😀

  2. Dear Travellers 2009 Blitar,

    Terima kasih buat eBook panduan jalan-jalan ke situs candi di Blitar. Dari 19 situs yang ada di buku, kemarin berhasil 12 situs selama tiga hari.

    Puncaknya di hari ketiga, waktu ke situs ekstrem Sirah Kencong 🙂

    Sukses terus panduan ke Blitarnya. Kapan-kapan ke sini lagi, mudah-mudahan bisa jalan-jalan bareng.

  3. Sama sama, senang bisa membantu 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *