Skip to content

Pantai Jung Pakis Tulungagung, Keindahan Tersembunyi di Balik Pathok Gebang

Pantai Jung Pakis Tulungagung, Keindahan Tersembunyi di Balik Pathok Gebang 2Ini lah Pantai Jung Pakis, sebuah keindahan lain dibalik sangarnya Pantai Pathok Gebang. Jika travelers sekalian sudah jauh jauh menyambangi Pantai Pathok Gebang, jangan buru-buru pulang. Lanjutkan perjalanan kalian sedikit lagi dengan menembus hutan di belakang Pathok Gebang, dan kalian akan tiba pada sebuah keindahan yang disebut sebagai Jung Pakis.

Letak

Pantai Jung Pakis bersama dengan Pantai Ngalur, Sanggar, dan Pathok Gebang terletak di Desa Jengglungharjo, Kec. Tanggung Gunung, Tulungagung. Seperti yang telah disinggung di atas, pantai ini berada di balik hutan Pathok Gebang. Posisi Pantai Jung Pakis dalam map dapat diakses di sini.

Rute

Untuk menuju Pantai Jung Pakis, travelers sekalian harus mengikuti rute yang cukup panjang. Mula-mula adalah dengan mengikuti rute Pantai Sanggar, dilanjutkan dengan mengikuti rute Pantai Pathok Gebang, baru kemudian menuju Pantai Jung Pakis. Secara garis besar rutenya adalah sebagai berikut:

Dari Tulungagung/ Trenggalek

Dari arah Tulungagung/ Trenggalek silakan menuju Campurdarat – Lampu merah Polsek Campurdarat ke selatan ke arah Pantai Popoh – SMAN Campurdarat belok ke kiri ke arah Telaga Buret – Ikuti Jalan Raya Tanggunggunung yang naik turun dan berkelok-kelok. Rute ini juga dapat dijadikan acuan jika travelers sekalian berangkat dari arah Jombang atau Kediri.

Secara Jarak, dari arah ini kalian akan lebih dekat jika melewati rute asli Pantai Sanggar. Rute ini dapat kalian jumpai pada pertigaan sebelum SMPN 1 Tanggunggunung. Pada pertigaan tersebut telah terdapat rambu petunjuk arah menuju Pantai Sanggar. Akan tetapi rute ini memiliki beberapa titik yang sangat curam, sehingga DTrav sarankan agar kalian mempersiapkan kondisi kendaraan untuk melaluinya.

Ada alternatif rute yang lebih landai yakni dengan melalui Rute Pantai Sine. Jika memilih rute ini kalian harus berkendara lebih ke timur lagi. SMPN 1 Tanggunggunung masih terus ke timur sampai menjumpai papan petunjuk arah Pantai Sine. Mendekati Pantai Sine terdapat rambu petunjuk arah menuju Pantai Ngalur, Sanggar dan Pathok Gebang.

Setelah tiba di pemukiman terakhir ikuti rute menuju Pantai Sanggar. Untuk menuju ke Pantai Pathok Gebang silakan titipkan kendaraan kalian di Sanggar. Kemudian lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki mendaki bukit dan menembus hutan di sebelah barat Sanggar. Kurang lebih 45 – 60 menit berjalan kaki, kalian akan sampai di Pantai Pathok Gebang. Siapkan kondisi fisik karena bukit yang harus kalian daki cukup terjal.

Sebenarnya ada rute yang bisa dilalui kendaraan bermotor. Akan tetapi rute tersebut memutar dan banyak percabangan yang membingungkan. Jadi rute tersebut kurang direkomendasikan. Terlebih jika memilih untuk memutar, kalian akan kehilangan kesempatan untuk menyaksikan pemandangan Pantai Sanggar dan Ngalur dari atas bukit.

Setiba di Pantai Pathok Gebang lanjutkan perjalanan ke Pantai Jung Pakis dengan menembus hutan melalui jalan setapak yang landai. Jaraknya cukup dekat hanya sekitar 200an m. Kira kira cukup ditempuh sekitar 2 menit dari Pathok Gebang.

Dari Blitar/ Malang

Dari arah Blitar/ Malang silahkan menuju Tulungagung via Kademangan – Pasar Ngunut ke kiri ke arah selatan mentok kemudian belok kanan sampai SPBU Selorejo – Pertigaan SPBU ke kiri mengikuti jalan raya menuju Kalidawir – Pertigaan Kantor Kecamatan Kalidawir belok ke kiri mengikuti Jalan Raya Tanggunggunung yang naik turun dan berkelok-kelok. Setelah melewati SMPN 1 Tanggunggunung kalian akan menjumpai pertigaan ke arah Pantai Sanggar.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, rute Pantai Sanggar dari SMPN 1 Tanggunggunung ini cukup curam. Selain itu, dari arah ini kalian akan lebih dekat menjangkau Pantai Sanggar dengan melalui rute Pantai Sine, jadi DTrav sarankan kalian untuk melewati rute Pantai Sine saja. Selanjutnya kalian tinggal mengikuti rute Pantai Jung Pakis seperti penjabaran Rute Dari Tulungagung/ Trenggalek di atas.

Kondisi Jalan

Akses dari kota hingga pemukiman terakhir di Desa Jenggungharjo adalah berupa jalan beraspal. Dari pemukiman terakhir menuju Pantai Sanggar sementara masih tersedia jalan beton dan jalan tanah. Jalan tanah tersebut cukup licin untuk dilalui saat musim penghujan. Jadi travelers sekalian perlu bijak memilih waktu yang tepat untuk menuju pantai ini. Selanjutnya dari Pantai Sanggar tersedia jalan setapak menyeberangi bukit untuk menuju Pantai Pathuk Gebang. Dari Pathok Gebang untuk menuju Pantai Jung Pakis tinggal menyusuri jalan setapak yang landai.

Tiket

Pantai Jung Pakis sebenarnya belum memiliki tiket masuk, namun karena harus melewati Pantai Sanggar maka kalian dikenakan tiket masuk sebesar Rp. 8.000,- per orang. Tiket tersebut belum termasuk retribusi parkir sebesar Rp. 5.000,- per kendaraan bila kalian menitipkan kendaraan di Pantai Sanggar.

Fasilitas

Pantai Jung Pakis masih sangat alami, belum ada fasilitas pendukung di sini. Adapun fasilitas pendukung seperti kantin, kamar mandi, mushola, dan tempat parkir terdekat ada di Pantai Sanggar.

Keindahan Pantai

Pantai Jung Pakis Tulungagung, Keindahan Tersembunyi di Balik Pathok Gebang 3 Pantai Jung Pakis Tulungagung, Keindahan Tersembunyi di Balik Pathok Gebang 4

Pantai Jung Pakis merupakan sebuah pantai kecil yang suasananya cukup teduh. Karena menghadap ke barat, pemandangan yang dapat disaksikan dari pantai ini adalah pemandangan laut bebas dan tanjung tempat Pantai Gemah berada. Di sebelah (kanan) utara pantai terdapat gua yang lumayan besar. Uniknya gua tersebut memiliki akses tembus ke tepi laut.

Sekali lagi DTrav sarankan, jika kalian sambang ke Pantai Pathok Gebang, wajib mampir ke Pantai Jung Pakis. Selain akses jalan yang mudah dan landai, pantainya pun juga sangat indah. Petualangan kalian di Jenglungharjo akan semakin lengkap setelah menginjakkan kaki di Pantai Jung Pakis.

pantai jung pakis Pantai Jung Pakis Tulungagung, Keindahan Tersembunyi di Balik Pathok Gebang 5


Writer: Riezta Aditya H. (Kcing)

Participant: Anggun, Aima, Kcing, Matori, Rendro, Dodik, Jendra, Kukuh, Risis, Wulan

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan