Skip to content

Pantai Pathok Gebang, a Beautiful Little Place di Tulungagung

Pantai Pathok Gebang

Pantai Pathok Gebang atau resminya  ditulis Pathuk Gebang merupakan sebuah pantai kecil yang sangat indah. Tak berlebihan jika pantai ini disebut sebagai salah satu Beautiful Little Place di Tulungagung. Selain menyuguhkan keindahan khas pantai, Pathok Gebang Juga menyuguhkan atraksi alam yang memukau. Atraksi tersebut berupa deburan ombak spektakuler yang menghantam tebing sebelah selatan pantai ini.

Letak

Pantai Pathok Gebang secara administratif masuk dalam wilayah Desa Jengglungharjo, Kec. Tanggung Gunung, Tulungagung. Letak pantai ini bersebelahan dengan Pantai Sanggar dan Pantai Ngalur. Ketiga pantai ini memiliki satu loket masuk bersama. Di sebelah barat Pantai Pathuk Gebang terdapat pantai lagi yang disebut Pantai Jung Pakis. Letak Pantai Pathuk Gebang dalam map dapat dilihat di sini.

Rute

Untuk menuju Pantai Pathok Gebang, travelers sekalian bisa melewati rute yang sama dengan rute untuk menuju Pantai Sanggar. Secara garis besar rutenya adalah sebagai berikut:

Dari Tulungagung/ Trenggalek

Dari arah Tulungagung/ Trenggalek silakan menuju Campurdarat – Lampu merah Polsek Campurdarat ke selatan ke arah Pantai Popoh – SMAN Campurdarat belok ke kiri ke arah Telaga Buret – Ikuti Jalan Raya Tanggunggunung yang naik turun dan berkelok-kelok. Rute ini juga dapat dijadikan acuan jika travelers sekalian berangkat dari arah Jombang atau Kediri.

Secara Jarak, dari arah ini kalian akan lebih dekat jika melewati rute asli Pantai Sanggar. Rute ini dapat kalian jumpai pada pertigaan sebelum SMPN 1 Tanggunggunung. Pada pertigaan tersebut telah terdapat rambu petunjuk arah menuju Pantai Sanggar. Akan tetapi rute ini memiliki beberapa titik yang sangat curam, sehingga DTrav sarankan agar kalian mempersiapkan kondisi kendaraan untuk melaluinya.

Ada alternatif rute yang lebih landai yakni dengan melalui Rute Pantai Sine. Jika memilih rute ini kalian harus berkendara lebih ke timur lagi. SMPN 1 Tanggung Gunung masih terus ke timur sampai menjumpai papan petunjuk arah Pantai Sine. Mendekati Pantai Sine terdapat rambu petunjuk arah menuju Pantai Ngalur, Sanggar dan Pathok Gebang.

Setelah tiba di pemukiman terakhir ikuti rute menuju Pantai Sanggar. Untuk menuju ke Pantai Pathok Gebang silakan titipkan kendaraan kalian di Sanggar. Kemudian lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki mendaki bukit dan menembus hutan di sebelah barat Sanggar. Kurang lebih 45 – 60 menit berjalan kaki, kalian akan sampai di Pantai Pathok Gebang. Siapkan kondisi fisik karena bukit yang harus kalian daki cukup terjal.

Pantai Pathok Gebang, a Beautiful Little Place di Tulungagung 2 Pantai Pathok Gebang, a Beautiful Little Place di Tulungagung 3

Sebenarnya ada rute yang bisa dilalui kendaraan bermotor. Akan tetapi rute tersebut memutar dan banyak percabangan yang membingungkan. Jadi rute tersebut kurang direkomendasikan. Terlebih jika memilih untuk memutar, kalian akan kehilangan kesempatan untuk menyaksikan pemandangan Pantai Sanggar dan Ngalur dari atas bukit.

Dari Blitar/ Malang

Dari arah Blitar/ Malang silahkan menuju Tulungagung via Kademangan – Pasar Ngunut ke kiri ke arah selatan mentok kemudian belok kanan sampai SPBU Selorejo – Pertigaan SPBU ke kiri mengikuti jalan raya menuju Kalidawir – Pertigaan Kantor Kecamatan Kalidawir belok ke kiri mengikuti Jalan Raya Tanggunggunung yang naik turun dan berkelok-kelok. Setelah melewati SMPN 1 Tanggunggunung kalian akan menjumpai pertigaan ke arah Pantai Sanggar.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, rute Pantai Sanggar dari SMPN 1 Tanggunggunung ini cukup curam. Selain itu, dari arah ini kalian akan lebih dekat menjangkau Pantai Sanggar dengan melalui rute Pantai Sine, jadi DTrav sarankan kalian untuk melewati rute Pantai Sine saja. Selanjutnya kalian tinggal melanjutkan perjalanan menuju Pantai Pathok Gebang sama seperti penjabaran Rute Dari Tulungagung/ Trenggalek di atas.

Kondisi Jalan

Akses dari kota hingga pemukiman terakhir di Desa Jenggungharjo adalah berupa jalan beraspal. Dari pemukiman terakhir menuju Pantai Sanggar sementara masih tersedia jalan beton dan jalan tanah. Jalan tanah tersebut cukup licin untuk dilalui saat musim penghujan. Jadi travelers sekalian perlu bijak memilih waktu yang tepat untuk menuju pantai ini. Selanjutnya dari Pantai Sanggar tersedia jalan setapak menyeberangi bukit untuk menuju Pantai Pathuk Gebang.

Tiket

Tiket masuk Pantai Pathok Gebang jadi satu dengan tiket Pantai Ngalur dan Sanggar sebesar Rp. 8.000,- per orang. Tiket tersebut belum termasuk retribusi parkir sebesar Rp. 5.000,- per kendaraan.

Fasilitas

Pantai Pathok Gebang masih sangat alami, belum ada fasilitas pendukung di sini. Adapun fasilitas pendukung seperti kantin, kamar mandi, mushola, dan tempat parkir terdekat ada di Pantai Sanggar.

Keindahan Pantai

Pantai Pathok Gebang, a Beautiful Little Place di Tulungagung 4 Pantai Pathok Gebang, a Beautiful Little Place di Tulungagung 5 Pantai Pathok Gebang, a Beautiful Little Place di Tulungagung 6

Pathok Gebang merupakan pantai kecil yang indah. Pantainya menghadap ke tenggara dengan bagian ujung selatan berupa tebing karang besar yang menyerupai paruh burung. Dari tebing tersebut sering tercipta atraksi alam berupa deburan ombak raksasa. Ketika air laut sedang pasang, ombak besar akan menghantam tebing dan menciptakan cipratan air yang ketinggiannya bisa mencapai lebih dari 10 meter. Sayangnya momen ombak besar tidak dapat dipastikan muncul setiap saat. Oleh karena itu bagi yang suka camp, lebih bagus camping aja untuk mendapatkan best moment.

Pantai Pathok Gebang, a Beautiful Little Place di Tulungagung 7


Writer: Riezta Aditya H. (Kcing)

Participant: Anggun, Aima, Kcing, Matori, Rendro, Dodik, Jendra, Kukuh, Risis, Wulan

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan