Skip to content

Situs Karangrejo, Jejak Sejarah Masa Klasik di Desa Karangrejo Tulungagung

situs karangrejo

Situs Karangrejo terletak di Desa Karangrejo yang merupakan Ibu Kota Kecamatan Karangrejo, Tulungagung. Pada wilayah Kec. Karangrejo ini tersebar sejumlah situs-situs peninggalan sejarah dari masa klasik hingga masa awal penyebaran Islam di tanah Jawa. Yang terkenal ada Co Guru dan Co Manten di Desa Tulungrejo dan Astono Gedong di Desa Sukodono. Dengan sebaran situs yang beragam tersebut, maka tak mengherankan jika di Desa Karangrejo juga ditemukan adanya tinggalan benda bersejarah.

Benda Cagar Budaya

Situs Karangrejo terdiri dari dua benda cagar budaya berupa umpak batu dan yoni. Benda Cagar Budaya pada situs ini telah di beri peneduh dan pada bagian bawahnya telah diplester dengan lantai semen untuk mencegah pencurian.

Umpak

Umpak adalah bagian dari bangunan yang berfungsi untuk menyangga tiang. Tiang bangunan masa klasik biasanya berbahan kayu, agar tidak mudah rusak terkena air tanah, maka bagian bawah tiang dilapisi umpak batu. Umpak pada Situs Karangrejo sedikit unik karena berbentuk tabung yang menyempit pada bagian atas dan bawahnya.

Yoni

Yoni memiliki wujud seperti lumpang namun umumnya berbentuk persegi dan memiliki cerat. Pada bagian atas yoni terdapat lubang yang berfungsi untuk menancapkan lingga. Lingga dan yoni membentuk satu kesatuan yang disebut lingga yoni dan menggambarkan penciptaan. Kondisi yoni pada situs ini telah pecah. Sementara lingganya sudah tidak ditemukan lagi.

Corak Keagamaan

Yoni merupakan simbol wanita sekaligus simbol Dewi Parwati, istri Dewa Siwa dalam agama Hindu. Dewa Siwa digambarkan dalam wujud lingga. Dengan adanya yoni maka diketahui bahwa corak keagamaan Situs Karangrejo adalah Hindu.

Kepercayaan Setempat

Situs Karangrejo oleh masyarakat setempat dikenal dengan nama Punden Mbah Kendal.

Situs Karangrejo, Jejak Sejarah Masa Klasik di Desa Karangrejo Tulungagung 2


Writer: Galy Hardyta

Sumber:

Participant: Galy, Hadi, Rendro, Hilmi, Nidu, Riris, Wulan

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan