Skip to content

Wisata Bukit Pertapaan Gunung Pegat Blitar

Masih ingat dengan artikel DTrav yang bertajuk Kisah Dewi Kilisuci dan Maling Aguno dari Gunung Pagat Blitar? Ya berbahagialah para travelers sekalian, karena kini Pertapaan Dewi Kilisuci/ Candi Pertapan telah dibuka menjadi destinasi wisata bertajuk Bukit Pertapaan. Daya tarik utama dari obyek wisata ini adalah Candi Pertapan yang terletak di Puncak Gunung Pegat.

Bukit Pertapaan secara administratif terletak di Desa Bagelenan, Kec. Srengat, Kab. Blitar. Untuk menuju destinasi ini dari Blitar silahkan arahkan perjalanan kalian menuju Srengat. SMAN 1 Srengat lurus hingga perempatan Bagelenan. Dari sini belok lah ke kanan. Pertigaan Candi Mleri lurus saja hingga menjumpai pertigaan lagi kemudian belok kiri. Dari sini telah terdapat sejumlah papan petunjuk menuju lokasi wisata.

Tiket masuk Bukit Pertapaan hanyalah tiket parkir seharga Rp. 2.000,- (tiket bisa berubah sesuai keputusan pengelola). Dengan tiket yang sangat murah ini kalian sudah akan dimanjakan dengan infrastruktur yang memukau. Dulu untuk menjangkau puncak Bukit Pertapaan, DTrav harus berjibaku dengan jalanan terjal dan licin. Kini kodisinya telah berubah karena telah dibangun infrastruktur jalan beton yang landai. Jika lelah mendaki, kalian juga tidak perlu bingung untuk bersantap dan berisirahat karena di sepanjang track telah berjajar kedai kedai makanan ringan yang dikelola warga. Di sejumlah titik juga dibangun taman dan spot foto yang akan menambah keseruan perjalanan kalian.

Kondisi Candi Pertapan jauh lebih bersih dari pada dulu, sehingga kita dapat mengamati bagian-bagian candi secara lebih detail. Dari aspek mitos Candi Pertapan dikaitkan dengan kisah Dewi Kilisuci dan Maling Aguno. Sementara dari aspek historis keberadaan candi ini berkaitan dengan Prasasti Candi Pertapan dari masa Kadiri. Ulasan mengenai mitos dan sejarah Candi Pertapan telah kami jabarkan panjang lebar dalam artikel terdahulu.

Dorpel, kala, dan yoni

Candi Pertapan

Gunung Kelud terlihat dibalik Puncak Lengkeh

Selain dari obyek Wisata Bukit Pertapaan, Candi Pertapan juga dapat di Jangkau dari obyek Wisata Argo Pegat di Desa Dadap Langu yang terletak di lereng utara Gunung Pegat. Tentunya meski satu tujuan, tetapi masing masing obyek wisata ini memiliki keunikannya berbeda. Obyek Wisata Argo Pegat akan kami bahas pada arikel yang lain.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *