Skip to content

Arca Ringin Budho di Jantung Kota Pare Kediri

Keberadaan arca Ringin Budho memang menjadi salah satu daya tarik tersendiri di Alun-alun Pare. Arca ini terletak di bagian selatan alun alun, berada di bawah pohon beringin. Total ada dua buah arca yakni arca Ganesa dan Dwarapala.

Ganesa adalah anak Dewa Siwa dengan Dewi Parwati. Ganesa dikenal sebagai Dewa Perang, Dewa Ilmu Pengetahuan, dan Dewa Keselamatan. Ganesha memiliki empat tangan, tangan depan memegang gading dan mangkok, tangan belakangnya memegang parasu/kapak di sebelah kiri dan aksamala/tasbih di sebelah kanan. Sayang sekali bagian atas arca ini telah rusak, padahal pahatan arca Ganesa Ringin Budho ini tergolong berseni tinggi jika dilihat dari ramainya ornament yang dipahatkan.

Nasib Arca Dwarapala Ringin Budho juga tak jauh beda dengan arca Ganesa. Bagian kepala Dwarapalanya telah hilang. Arca Dwarapala merupakan arca penjaga yang digambarkan dengan posisi jongkok memegang gada. Fungsi arca ini sebagai penjaga tempat suci.

Jika kalian tertarik untuk mengunjungi benda cagar budaya ini, silahkan datang langsung ke Alun-alun Pare. Alun alun yang dijuluki Taman Tamrin/ Alun alun Dahanapura ini terletak di jantung Kota Pare. Letaknya berada di pinggir jalan utama yang menghubungkan Kediri dengan Jombang. Kami rasa travelers sekalian tak akan kesulitan untuk menemukannya. 😀


Writer: Riezta Aditya H. (Kcing)

Participant: Galy, Kcing, Meitika

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *