Skip to content

Wisata Argo Pegat Blitar

Wisata Argo Pegat adalah satu dari sekian banyak obyek wisata yang tersebar di seputar Gunung Pegat. Wisata Argo Pegat secara administratif terletak di Desa Dadap Langu, Kec. Ponggok, Kab. Blitar. Wisata ini menempati lereng utara Gunung Pegat dengan destinasi utamanya adalah Candi Pertapan di puncak gunung.

Wisata Agro Pegat memang memiliki tujuan yang sama dengan wisata Bukit Pertapaan, namun tentunya ia memiliki keunikannya sendiri. Melalui Agro Pegat ini travelers sekalian akan ditantang untuk malalui rute yang lebih menanjak. Meskipun demikian jarak jalur ini dari puncak gunung relatif lebih pendek. Jika cuaca cerah, dari jalur pendakian ini kalian juga akan dapat menyaksikan Gunung Wilis di arah barat.

Wisata Argo Pegat

Sendang Panguripan

Gunung Wilis dilihat dari jalur pendakian Argo Pegat

Seperti yang telah disinggung di atas. Puncak dari Wisata Argo Pegat ini adalah Candi Pertapan. Dari aspek mitos Candi Pertapan dikaitkan dengan kisah Dewi Kilisuci dan Maling Aguno. Sementara dari aspek historis keberadaan candi ini berkaitan dengan Prasasti Candi Pertapan dari masa Kadiri. Ulasan mengenai mitos dan sejarah Candi Pertapan telah kami jabarkan panjang lebar dalam artikel terdahulu.

Candi Pertapan

Rute menuju Wisata Argo Pegat dari Blitar adalah sebagai berikut: dari Blitar ambil arah Srengat – Perempatan Poluhan belok ke kanan – Perempatan Kawedusan belok ke kiri – Pertigaan menuju Wisata Lengkeh Gunung Pegat belok kanan – Setelah itu akan dijumpai pertigaan lagi, kali ini lurus saja – Wisata Argo Pegat terletak di kiri jalan.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *