Skip to content

Open Trip Perjalanan Hayam Wuruk di Blitar 2018

Pada 1361 Masehi silam, di bulan Wesaka (April – Mei) Hayam Wuruk raja terbesar Majapahit melakukan perjalanan ke Blitar. Pada tahun 2018, setelah 657 tahun berselang, perjalanan itu direkonstruksikan dalam sebuah kegiatan Open Trip. Alhamdulillah, berkat rahmat Tuhan dan kerjasama dari seluruh elemen yang berpartisipasi, kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar.

Open Trip Perjalanan Hayam Wuruk di Blitar 2018 diselenggarakan pada hari Minggu 13 Mei 2018, oleh D’Travellers Blitar bekerjasama dengan DISPARBUDPORA Kab. Blitar. Open Trip ini mengambil latar sejarah dari perjalanan Hayam Wuruk di tahun 1361 dengan destinasi: Palah, Lwang Wentar, Manguri, Balitar, Jimbe, Lodaya, Simping. Dari daftar destinasi kuno tersebut, tidak semua destinasi dikunjungi karena keterbatasan waktu penyelenggaraan kegiatan. Destinasi yang dikunjungi dalam open trip ini meliputi; Palah (Candi Penataran), Lwang Wentar (Candi Sawentar), Jimbe, dan Simping, serta ditambah destinasi hiburan yakni Pendopo Ronggo Hadi Negoro.

Kegiatan open trip perjalanan Hayam Wuruk di Blitar memperoleh support penuh dari DISPARBUDPORA Kab Blitar. Dalam kesempatan ini peserta open trip dimanjakan dengan fasilitas transportasi wisata gratis berupa Bus Pariwisata. Untuk kedepan transportasi wisata gratis ini sudah dapat dinikmati oleh para travelers yang berkunjung ke Kab. Blitar.

Peserta kegiatan open trip tidak hanya berasal dari Blitar saja. Sejumlah peserta luar Blitar juga turut berpartisipasi seperti peserta dari Mojokerto dan dari Komunitas PASAK Kediri.

Kegiatan open trip ini di mulai dari Pendopo Ronggo Hadi Negoro. Terlebih dahulu seluruh peserta open trip diajak keliling pendopo dengan dipandu oleh Pak Waris selaku guide. Setelah memperoleh pemaparan mengenai sejarah pendopo, seluruh peserta diberangkatkan menuju destinasi-destinasi berikutnya.

Transportasi Wisata Gratis Kab. Blitar

Rombongan open trip di Candi Penataran

Rombongan open trip di Candi Sawentar

Selama mengunjungi candi-candi di Blitar, peserta dipandu oleh Mas Ferry Ryandika S.Pd selaku narasumber. Para peserta begitu antusias karena memperoleh wawasan-wawasan baru dari beliau. Saat berada di Kekunaan Jimbe dilakukan pula sarasehan, sehingga seluruh peserta dapat bertanya dan saling berdiskusi dengan lebih santai.

Mas Ferry Ryandika S.Pd.

Rombongan open trip di Kekunaan Jimbe

Rombongan open trip di Candi Simping

Sekali lagi kami mengucap syukur Alhamdulillah, seluruh rangkaian open trip Hayam Wuruk di Blitar tahun 2018 telah terlaksana. Semoga kedepan kegiatan ini dapat terselenggara kembali dengan lebih baik.

One Comment

  1. cicil cicil

    Umbulkan kece

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *