Skip to content

150 Tempat Wisata di Blitar

126 Pantai Karang Nritep

pantai karang nritep blitarPantai Karang Nritep secara administratif terletak di Desa Ringinrejo, Kec. Wates, Kab. Blitar, tepatnya berada di sebelah barat Pantai Jolosutro. Akses menuju pantai ini adalah dengan menyusuri jalan setapak di sisi barat Jolosutro. Pantai ini menyuguhkan eksotika pantai pasir hitam yang masih alami. Kesan alami tersebut tampak dari hutan belantara yang berada di belakang pantai.

127 Pantai Keben

pantai keben blitarPantai Keben memiliki bentuk pantai yang melengkung. Pemandangannya sangat indah dan menawan. Pantai Keben terletak di Desa Ngadipuro, Kec. Wonotirto, Kab. Blitar.

128 Pantai Kresek

pantai kresek blitarPantai Kresek adalah sebuah pantai kecil yang lokasinya tersembunyi di selatan Desa Sidorejo, Kec. Wonotirto, Kab. Blitar. Letaknya berada tepat di selatan Pantai Banteng Mati. Akses untuk menuju pantai ini masih sulit, yakni berupa jalan macadam yang terjal. Semakin mendekati pantai, jalanan semakin menyempit dan terhenti pada ladang tebu.

129 Pantai Legundi

pantai legundi blitarPantai Legundi secara administratif terletak di Desa Tambakrejo, Kec. Wonotirto, Kab. Blitar. Letaknya jauh di barat Pantai Tambakrejo. Pantai ini memiliki pasir yang putih. Permukaannya kasar karena banyak batuan dan karang. Pantainya terbagi dua oleh tebing karang. Pantai sebelah barat lebih berbatu dari pada pantai sebelah timur. Secara keseluruhan pantai ini relatif indah, meski sempit tapi panoramanya eksotis.

130 Pantai Mesang Padang

pantai mesang padang blitarPantai Mesang Padang merupakan sebuah pantai kecil di timur Pantai Serang. Pantai ini merupakan tempat penyandaran perahu-perahu nelayan di sekitar Serang.

131 Pantai Ngloncor

pantai tebing ngloncor blitarBisa dibilang daya tarik utama dari Pantai Ngloncor adalah tebingnya yang menjorok jauh ke tengah samudra. Dari tebing tersebut kita dapat menyaksikan pemandangan pantai-pantai di Ngadipuro, dengan sudut pandang yang antimainstream. Pantai ini terletak diantara Wedi Ireng dan Keben. Merupakan pantai ke sebelas di Desa Ngadipuro. Pasir pantainya berwarna hitam, mungkin merupakan sedimen yang terbawa ombak dari grup Pantai Jebring dan terhalau oleh Tebing Ngloncor.

132 Pantai Pasur

pantai pasur blitarPantai Pasur merupakan sebuah Pantai yang terletak di ujung barat Blitar. Secara administratif pantai ini terletak di Desa Bululawang, Kec. Bakung, Kab. Blitar. Untuk menuju pantai belum ada kendaraan umum yang tersedia, sebab kawasan ini belum dibuka sebagai obyek wisata.

133 Pantai Princen

pantai princen blitarPantai Princen terletak diantara Pantai Jebring dan Wedi Ireng Desa Ngadipuro, Kec. Wonotirto. Pantai Princen memiliki pasir yang gelap, tapi tak segelap pasir Jebring dan Wedi Ireng. Sehingga oleh masyarakat setempat, pantai ini disebut juga dengan nama Wedi Putih. Nama Princen sendiri identik dengan sebutan utuk anak kelelawar. Ya, karena disisi barat pantai ini terdapat gua raksasa yang dulunya banyak dihuni kelelawar.

134 Pantai Pudak

pantai pudak blitarPantai Pudak merupakan icon utama di antara ke 10 pantai di Desa Ngadipuro. Pemandangan yang disuguhkan pantai ini memang sayang untuk dilewatkan, terutama pemandangan pulau karang di muka pantai. Air laut di Pudak juga sangat jernih, sehingga dalam kondisi pasang pun dasar pantainya masih dapat terlihat. Keindahan tersebut masih dibalut dengan pasir pantai yang lembut. Sungguh pantai yang indah. Sayangnya keindahan Pudak belum diimbangi dengan infrastruktur dan fasilitas pendukung yang memadai.

135 Pantai Rowo Gebang

pantai babagan rowo gebang blitarPantai Babagan Rowo Gebang secara administratif terletak di Desa Sumbersih, Kec. Panggungrejo, Kab. Blitar, tepatanya berada di sebelah barat gugusan Pantai Peh Pulo. Pantai ini menyuguhkan panorama Pulau Rowo Gebang sebagai daya tarik utamanya.

136 Pantai Sekargadung

pantai sekargadung blitarPantai Sekargadung mungkin sudah termasuk dalam kawasan Kec. Wates, Kab, Blitar. Lokasi pantai ini sangat tersembunyi, diapit tebing-tebing tinggi dan hutan belantara. Suasananya masih sangat alami bahkan tergolong liar.

137 Pantai Selok Dadap

pantai selok dadap blitarPantai Selok Dadap terletak di Desa Ngadipuro, Kec. Wonotirto, Kab. Blitar. Pantai ini terletak persis di barat Pantai Pudak. Untuk menuju pantai ini tidaklah sulit karena sudah tersedia jalan setapak.

138 Pantai Selok Gogor

pantai selok gogor blitarPantai Selok Gogor terletak Desa Serang, Kec. Panggungrejo, Kab. Blitar, tepatnya di antara Pantai Serit dan Serang. Pantai ini tampak eskotis dengan pasir pantainya yang hitam mengkilat. Pantai Selok Gogor terbagi menjadi dua bagian oleh tebing alam. Bagian timur pantai sedikit lebih kotor karena berdekatan dengan area tambak. Bagian barat pantai masih bersih dan asri.

139 Pantai Selok Kancil

pantai selok kancil blitarPantai Selok Kancil merupakan sebuah pantai kecil yang termasuk dalam salah satu dari 10 pantai di Desa Ngadipuro.

140 Pantai Serit

pantai serit blitarPantai Serit masih berada di kawasan Wisata Pantai Serang, Desa Serang, Kec. Panggungrejo, Kab. Blitar. Pantai ini terletak di ujung barat kawasan wisata tersebut. Serit dapat dituju dengan menyusuri jalan setapak di barat Pantai Serang. Setelah menyusuri bukit dan pantai Selok Gogor, wisatawan akan sampai di Serit.

141 Pantai Umbul Baros

pantai umbul baros blitarUmbul Baros adalah sebuah pantai di Blitar selatan dengan pemandangan laut bebasnya yang khas. Selain pantai, disekitar lokasi tersebut juga dapat dijumpai adanya air terjun. Lokasi pantai dan air terjun Umbul Baros berada di Desa Kaligambar, Kec. Panggungrejo, Kab. Blitar.

142 Pantai Umbul Waru

pantai air terjun umbul waru blitarMirip dengan Umbul Baros, Umbul Waru juga lah kombinasi antara pantai dan air terjun. Yang lebih menarik dari Umbul Waru adalah air terjunnya yang langsung jatuh ke lautan. Umbul Waru secara administratif terletak di Desa Sidomulyo, Kec. Bakung, Kab. Blitar. Keberadaan obyek ini menambah ragam kekayaan wisata di Blitar.

143 Pantai Wedhen Ciut

pantai wedhen ciut blitarWedhen Ciut adalah sebuah pantai yang sangat sempit, sesuai dengan namanya yang dalam bahasa Indonesia berarti pasir sempit. Secara administratif pantai ini masuk dalam wilayah Kec. Panggungrejo, Blitar. Oiya ini berbeda dengan Wedhi Ciut Peh Pulo lho :D. Rute yang paling mudah untuk menuju pantai ini adalah mengikuti rute Pantai Umbul Baros. Sampai di percabangan terakhir sebelum turunan Umbul Baros ambil kanan. Meski sempit tapi panorama yang disajikan di pantai ini benar-benar memukau. Di depan pantai ini terdapat gugusan karang yang posisinya lebih tinggi dibandingkan permukaan laut, sehingga seakan-akan pasir pantai ini tidak langsung bersentuhan dengan laut lepas, melainkan berada diatas batuan karang. Ayo buktikan keindahannya.

144 Pantai Wedhi Ireng

pantai wedhi ireng blitarSesuai dengan namanya, pantai ini memiliki pasir berwarna hitam. Wedhi adalah kata dalam bahasa Jawa yang berarti “pasir”, sedangkan ireng berarti “hitam”. Pesona Wedhi Ireng tidak hanya terletak pada pasir hitamnya, tetapi juga pada ombak dan kontur pantainya. Konturnya yang landai membuat ombak dapat meluber jauh ke dalam bibir pantai. Adrenalin akan semakin terpacu, mengingat sempitnya ruang untuk menghindari ombak yang datang. Wedhi Ireng terletak di timur Pantai Jebring, Desa Ngadipuro. Keberadaan obyek ini menambah kekayaan wisata di Blitar.

145 Pendakian Gunung Buthak via Sirahkencong

puncak gunung buthak blitarGunung Buthak merupakan puncak tertinggi dari rangkaian Pegunungan Kawi. Gunung ini memiliki ketinggian 2868 m dpl. Merupakan puncak tertinggi di Blitar sekaligus di Eks-Karesidenan Kediri (Blitar, Kediri, Nganjuk, Trenggalek, Tulungagung). Salah satu jalur pendakian menuju Puncak Buthak adalah melalui Perkebunan Teh Sirahkencong, Ngadirenggo, Wlingi, Blitar. Melalui jalur ini pendaki akan melewati Brak Papat, Ukirnegoro, dan 5 pos pendakian. Selepas Ukirnegoro para pendaki akan mulai memasuki area hutan hujan topis. Semakin ke atas vegetasi akan bervariasi sesuai dengan ketinggian. Jalur pendakian melalui Sirahkencong ini dikenal dengan tanjakan setannya karena terus menanjak. Sesampai di Top Buthak para pendaki bisa menikmati indahnya padang sabana (mungkin bekas kawah purba), serta pemandangan gunung-gunung lainnya di Jawa Timur seperti: Mahameru, Arjuno-Welirang, Anjasmoro, Kelud, dan Wilis.

146 Pendakian Gunung Kelud via Karangrejo

pendakian kelud via karangrejo blitarRute pendakian Gunung Kelud dari Blitar memang cukup diminati para pendaki. Pasalnya rutenya tidak terlalu berat, sehingga pendaki pemula pun bisa menjajalnya. Rute ini dimulai dari Desa Karangrejo, Kec. Garum. Rute pandakiannya lumayan pendek, cukup 1,5 – 2 jam saja untuk menacapai puncak. Memang yang didapati dari jalur ini bukanlah puncak tertinggi, tapi ini tetap menarik, sebab lebih menantang dan berbeda dari pada Wisata Gunung Kelud yang sudah kita kenal selama ini.

147 Pendakian Gunung Kelud via Tulungrejo

pendakian kelud via tulungrejo blitarRute pendakian Gunung Kelud yang ini memang lebih panjang ketimbang via Karangrejo, tapi capaiannya adalah puncak tetinggi Kelud 1731 mdpl. Estimasi sekitar lama pendakian sekitar 6 jam. Rute ini berawal dari Tulungrejo di Kecamatan Gandusari, Blitar. Dari Jalur ini para pendaki juga akan lebih mudah untuk menuju kawah Kelud. VIewnya benar-benar amazing.

148 Sumber Dandang

telaga sumberdandang blitarSumberdandang merupakan mata air alami di Desa Krisik, Gandusari, Blitar. Wujudnya yang sedemikian rupa ini tidak lepas dari upaya pelestarian mata air ini sendiri. Warna airnya yang kebiru-biruan tampak begitu serasi dengan pemandangan sekitar yang didominasi oleh pepohonan dan persawahan. Mungkin hal ini lah yang membuat Sumber Dandang ramai dikunjungi pelancong. Atau, mungkin juga karena lokasinya yang hanya berjarak ratusan meter dari Telaga Rambut Monte. Keberadaan obyek ini menambah kekayaan wisata di Blitar.

Potensi Wisata Sejarah

Potensi wisata sejarah yang dibahas di sini tidak mencakup seluruh situs peninggalan sejarah di Blitar Raya. Masih banyak situs sejarah lainnya di Blitar yang belum terungkap dan terpublikasi ke publik. Daftar ini hanya memuat situs sejarah yang memiliki potensi kuat untk dikembangkan sebagai obyek wisata.

149 Candi Sumberagung

candi sumberagung blitarCandi Sumberagung terletak di Desa Sumberagung, Kec. Gandusari, Kab. Blitar. Letak situs ini tidak begitu jauh dari gugusan candi-candi di Kec. Gandusari. Sayangnya situs ini belum memiliki papan petunjuk yang jelas.

150 Candi Tapan

candi tapan blitarCandi Tapan merupakan sebuah candi yang terpendam di area persawahan Dusun Bakulan, Desa Bendosewu, Kec. Talun, Kab. Blitar. Candi Tapan diperkirakan mencakup area yang luas, sebab beberapa artefak yang terkait dengannya tersebar di beberapa titik yang berjauhan.

Pages: 1 2 3 4 5 6 7

56 Comments

  1. waahhh.. luar biasa.. siapa sangka blitar memiliki begitu banyak tempat wisata, sementara ini kami disemarang masih belum menginvetarisir sebanyak itu…
    luar biasa, semoga sukses, dan kami bisa belajar dari postingan ini..
    salam

  2. Kezza Kezza

    SuNgguh luar biasa,,,saya sebagai orang Blitar sama sekali tidak tahu,,kalau ternyata Blitar mempunyai banyak tempat wisata,,,thank u,,

  3. Thanks all. 😀 makasih udah mampir

  4. Wahh.. Ternyatra banyak yach.. Itupun masih banyak yg belum masuk 100 daftar tempat wisata tsb spt Perpustakaan dan Makam Bung Karno, Waterpark Sumber Udel, dll..
    Salut dan keren buat d’Travellers.. 😀

  5. Saking aasyiknya baca dan banyaknya daftar tempat wisata, baru nyadar klo dua tempat itu sdh ada di posisi teratas.. haha..

  6. Terimakasih sudah mampir. Rencana tulisan ini masih mau diupdate, karena faktanya wisata di blitar masih banyak yang belum terliput di sini 🙂

  7. iis iis

    🙂

  8. Reblogged this on Pendi Cahyo and commented:
    Gak nyangka, lebih dari 100 Tempat

  9. waah br taU aQ ternytaa… buanyyyakkkk.. !!!
    mkch dh share…

  10. Sukron Sukron

    keren mantab…kapan2 pengen datengin satu2 itu tempat wisatanya…
    salam dari Blitar Utara 🙂

  11. mas ndon mas ndon

    ajibun bin mantabun…………………

  12. ridho ridho

    Kerenn…………. n Bravo. Lanjutkan…………….

  13. tio d tio d

    4 jempol buat d traveler

  14. Itu ada di sidebar cp nya atau ini ada pin juga tp beda orang 519E5C6A

  15. Baru tau kalau Blitar banyak destinasi wisatanya…..wah saya sebagai orang Blitar bangga banget, walaupun selama ini cuma tau Candi Penataran dan Makam Bung Karno saja….hehe

    Thank’s postingannya min…..segera meluncur untuk mengunjungi satu-persatu

  16. bangga bngt sama blitar, rumah saya deket sama pantai JURUG

  17. Lutfi Lutfi

    Bukan main ternyata masih banyak tempat2 yang indah di daerahku ……..

  18. hazel fox hazel fox

    aku bangga jadi anak blitar lahir diblitar Dan berbangsa Indonesia bangga banget dengan kekayaan alam tanah airku…

  19. i love blitar, walaupun gak lahir dan besar disana tetap cinta sama kampung halaman blitar

  20. SETYO SETYO

    Sukses buat kawan2 D’traveler.Mari terus majukan pariwisata di Blitar tercinta. ☺

  21. Terimakasih. Maaf sejauh ini belum ada dari kami yang mendaftar. Kalau memungkinkan ikut pasti kami kontak..

  22. Doni Antoni Doni Antoni

    Keren Blitar…
    I LOVE BUMI BUNG KARNO (BLITAR)
    Buat travellers 100 jempol aku pinjemin sama masyarakat Blitar

  23. WOW… Keren….
    Ternyata Blitar punya banyak tempat wisata… jadi pingin bisa ke Blitar…
    Salam Wisata..

  24. Monggo mampir ke blitar. Salam wisata.. 😀

  25. Wow. saya dari Blitar kecamatan wlingi dan banyak yang tidak tahu tentang tempat-tempat wisata di kota kelahiran. Saya yakin tim traveller pasti sudah bekerja keras untuk mengunjungi dan mempelajari sejarah dari tempat-tempat ini. Sangat inspiratif. Saya berharap komentar “Terima kasih” dan dukungan saya dapat membuat tim ini tetap semangat.
    Be blessed.

  26. enn enn

    sukses terus dtrav 🙂

  27. travellersblitar travellersblitar

    Terimakasih sarannya om. Next akan kami tambahkan

  28. kampung merah putih nya mana min ??

  29. travellersblitar travellersblitar

    Kemarin sempat kesana tapi sudah terbangkalai.

  30. rudi hermanto rudi hermanto

    Wooo saya baru tau kalau blitar punya tempat wisata sebanyak itu. I LOVE BLITAR

  31. edelweisstories edelweisstories

    Mantap min

  32. Nomer 49.. itu. Bendungan masih wilayah blitar atau malang..? Saya domisili karangkates

  33. Teguh Arifianto Teguh Arifianto

    Insyaallah akhir bulan April ini saya akan mengunjungi destinasi wisata yg berada di kota Blitar.. Doakan saya ya semoga selamat sampai tujuan dari Jakarta start 28/4/2017 untuk memenuhi undagan resepsi pernikahan sahabat kami ‘Jaya Kusuma’ .. Salam Traveller . Gass by Motorcycle.. Brummm….

  34. Amin. Semoga lancar mas agendanya, diberi keselamatan sehingga bisa kembali kerumah tanpa aral rintangan. Salam travellers

  35. pulung pulung

    tolong disampaikan ke pemkab atau pemkot untuk akses jalan yang ke wisata pantai di perbaiki…
    karena sayang klo tempat2 yang menarik itu tersembunyi dan hanya bisa dilalui oleh sepeda motor saja…

    suwun.

  36. Kenthing Kenthing

    Wisata pantai di update lagi mind. Baik yg sudah terkenal maupun belum, sperti jebring, keben, gayasan, pasur… Dan masih banyak lagi..

  37. Wildan Wildan

    Benar benar ptut di lestarikan aq orang Blitar blm smua tau cuma sbgian kecil bangett……. Wahh aq isoo gumun dwe minn mkasih min tlah berbagi,

  38. Tentunya masih banyak juga yg belum kami rangkum. Ini juga cuma sebagian kecil aja. Sama-sama terimakasih sudah berkunjung semoga bermanfaat

  39. agoest jayadi agoest jayadi

    Saran aja min admins… kalau posting,,, sekalian di buatkan gps…biar gampang kalau nyarinya n liatnya…. supaya … bagi calon wisatawan yg akan mampir ke blitar,, bisa menentukan tempat mana saja yg bisa di jangkau setelah tujuan utama mereka,,, biasanya klw seperti saya, tujuan utama plus wisata kanan kiri terdekat dari tujuan utama… sekali jalan , dapat 6 sampai 10 bisa lebih dapat view tmpt…mksih..
    Smoga blitar makin ter expose wisatanya

  40. Terimakasih sarannya. Tidak masalah. Coba nanti kami tambahkan pelan pelan hehe

  41. Ali Moest Ali Moest

    wah wah Blitar keren….
    Let’s Share Blitar hehe

  42. Gua Umbultuk punya nuansa tempat yg bikin para pencinta gua terkesima saat masuk ke sana, artikel ini memberikan informasi yg cocok untuk para traveler, thanks banget buat infonya min

  43. wuih ternyata banyak yang bisa dikunjungi ya? harus dicoba satu persatu semua ini 🙂

  44. Didik Didik

    Sangat bagus. Jadinya pengen menjelajah.
    Semoga nantinya ada transportasi yang menghubungjan tempat wisata itu .

Tinggalkan Balasan