Skip to content

150 Tempat Wisata di Blitar

26 Candi Simping

candi simping blitarCandi Simping secara administratif terletak di Desa Sumberjati, Kec. Kademangan, Kab. Blitar. Candi Simping merupakan salah satu bukti pentingnya kawasan Blitar bagi raja-raja Majapahit. Candi ini tercatat dalam Kitab Negara Krtagama sebagai tempat pendarmaan raja pertama Majapahit, dan pernah dikunjungi oleh Hayam Wuruk. Raja pertama Majapahit, Sri Kertarajasa Jayawardhana wafat pada tahun Matryaruna 1231 Saka (1309 M) dan diarcakan sebagai Harihara (perpaduan Siwa-Wisnu). Sri Kertarajasa merupakan kakek dari Hayam Wuruk, raja terbesar Majapahit.

27 Candi Sirah Kencongcandi sirah kencong blitarCandi Sirah Kencong terletak di lereng Gunung Kawi pada ketinggian 1200 mdpl. Lokasinya berada di area perkebunan teh Bantaran PTPN XII, Dusun Sirah Kencong, Desa Ngadirenggo, Kec. Wlingi, Kab. Blitar. Candi Sirah Kencong ditemukan pada tahun 1967 oleh para pekerja perkebunan. Ketika ditemukan, kondisi fisik candi telah runtuh dan tidak utuh lagi. Candi ini terdiri dari tiga bangunan yang menghadap ke arah Barat. Pada masing-masing bangunan dipahatkan relief yang sangat tipis. Relief bangunan I mengisahkan tentang Bubuksahganggangaking. Relief bangunan II mengisahkan tentang Samodramanthana. Relief bangunan III mengisahkan Bima yang mencari Tirthamanthana. Filosofi dari relief-relief tersebut adalah tentang penyucian diri. Filosofi ini banyak dianut oleh umat Hindu, khususnya sekte Saiwasiddhanta.

28 Candi Sumbernanas

candi sumbernanas blitarCandi Sumbernanas terletak di Dusun Rejoso, Desa Candirejo, Kec. Ponggok, Kab. Blitar. Candi Sumbernanas pertama kali ditemukan pada tahun 1919, saat tanah di sekitar candi longsor akibat letusan Gunung Kelud. Keadaan bangunannya telah runtuh dan berantakan, hanya tersisa bagian pondasi candi. Oleh karena itu, masyarakat sekitar menyebut Candi Sumbernanas dengan sebutan Candi Bubrah (berantakan).

29 Candi Tepas

candi tepas blitarSecara administratif Candi Tepas terletak di Desa Tepas, Kec. Kesamben, Kab. Blitar. Kondisi candi ini telah runtuh dan hanya menyisakan bagian kaki candi. Batu-batu penyusun tubuh candi yang tidak dapat disusun ditata di sekitar kaki candi. Sebagian besar batuan penyusunnya telah aus sehingga seakan-akan candi ini tersusun dari batu yang lonjong.

30 Candi Wringin Branjang

candi wringin branjang blitarSaat pertama kali ditemukan, candi ini merupakan bangunan tunggal. Namun setelah ditemukannya struktur lain di sekitar candi, baru diketahui bahwa Candi Wringin Branjang merupakan bagian dari komplek percandian. Komplek percandian tersebut menghadap ke selatan dan berorientasi pada Gunung Kelud di sebelah utara. Candi Wringin Branjang menempati bagian paling muka sehingga dapat disimpulkan bahwa candi ini bukanlah candi induk. Struktur bangunan yang ditengarai sebagai candi induk kini dikenal sebagai Situs Candi Gunung Gedang, yang berada 200 m di utara Candi Wringin Baranjang. Candi Wringin Branjang terletak di Desa Gadungan, Kec. Gandusari, Kab. Blitar.

31 Kekunaan Jimbe

kekunaan jimbe blitarKekunaan Jimbe secara administratif terletak di Desa Jimbe, Kecamatan Kademangan. Kekunaan ini cukup terkenal di kalangan wisatawan yang menggandrungi dunia kejawen. Pada umumnya wisatawan mengunjungi kekunaan ini untuk melakukan ritual kebatinan Jawa.

Bangunan utama pada Kekunaan Jimbe merupakan bangunan baru dengan bentuk rumah modern. Di dalam bangunan tersebut tersimpan beberapa BCB seperti: potongan arca, batu candi, inskripsi, lesung, nandi, dan pecahan yoni. Berdasarkan adanya nandi dan yoni, diperkirakan bahwa latar belakang keagamaan Kekunaan Jimbe adalah Hindu. Nandi adalah kendaraan Dewa Siwa yang berupa lembu jantan berwarna putih, sedangkan yoni merupakan penggambaran Dewi Parwati. Inskripsi terkait situs ini menunjukkan angka tahun 1208 Saka atau 1286 Masahi. Ditilik dari angka tahun tersebut diketahui bahwa Kekunaan Jimbe berasal dari era Singosari.

32 Kekunaan Mleri

kekunaan mleri blitarKekunaan Mleri terletak di kaki Gunung Pegat, Desa Bagelen, Kec. Srengat, Kab. Blitar. Pada kekunaan ini dapat dijumpai berbagai BCB bercorak Hindu, seperti : antefik, batu candi, kala, lingga, panil berelief, prasasti, swastika, dan yoni. Kronogram terkait kekunaan ini dapat dijumpai di balik arca Durga. Kronogram tersebut bertarik 1102 Saka atau 1180 Masehi. Berdasarkan kronogram tersebut, diketahui bahwa Kekunaan Mleri telah didirikan sejak era Kerajaan Kadiri masa pemerintahan Aryyeswara. Aryyeswara memerintah dari tahun 1170 sampai 1180 Masehi dengan lambang atau lancana kerajaan berupa ganesa. Lancana ganesa Aryyeswara terpahat pada salah satu prasasti di Kekunaan Mleri.

Mitos setempat menyatakan bahwa Kekunaan Mleri merupakan tempat pendharmaan Ranggawuni atau Sri Jaya Wisnuwardhana, raja ke tiga Singosari. Mitos ini berkembang karena adanya kemiripan nama antara Mleri dengan Waleri. Waleri merupakan tempat pendharmaan Wisnuwardhana. Di Waleri ia dicandikan sebagai Siwa. Selain di Waleri ia juga didharmakan di Jajaghu (sekarang Candi Jago, Malang) sebagai Budha Amoghapasa.

33 Situs Mronjo

situs mronjo blitarSitus Mronjo terletak di Desa Mronjo, Kec. Selopuro, Kab. Blitar. Dikalangan penduduk setempat situs ini lebih dikenal dengan sebutan “watu bonang”, sebab di situs ini bisa dijumpai tinggalan cagar budaya yang berbentuk seperti alat musik bonang.

34 Situs Umpak Balekambang

situs umpak bale kambang blitarSitus Umpak Balekambang terletak di Desa Modangan, Kec. Nglegok, Kab. Blitar. Situs ini terdiri dari sekitar 30 umpak batu yang berjajar dengan orientasi ke arah utara. Kuat dugaan dulunya situs ini merupakan sebuah balai/ pendopo. Lokasi Umpak Balekambang ini sering digunakan sebagai titik pemberangkatan Kirab Tumpeng Nusantara menuju Candi Penataran.

35 Kelompok Arca Gaprang

kelompok arca gaprang blitarKelompok Arca Gaprang adalah sebuah situs bersejarah yang terletak di Desa Gaprang, Kec. Kanigoro, Kab. Blitar. Seperti namanya, Kelompok Arca Gaprang terdiri dari kumpulan arca. Arca-arca yang dapat dijumpai antara lain: sebuah dwarapala (reco pentung), sebuah arca tokoh, dan dua buah arca yang menggambarkan sosok laki-laki dan wanita. Di antara kesemuanya, arca laki-laki dan wanita ini lah yang paling fenomenal, sebab dianggap sebagai perwujudan manusia pertama dalam mitologi kuno.

36 Arca Ganesa Boro

arca ganesa boroArca Ganesa Boro secara administratif terletak di Dusun Boro, Desa Tuliskriyo, Kecamatan Sanankulon. Arca ganesa ini cukup unik karena pada bagian belakangnya terpahat wujud kala. Di bagian bawah arca terpahat kronogram berbunyi hana gana hana bumi. Kronogram tersebut jika ditulis menggunakan angka menjadi 1611. Namun karena kronogram yang terpahat adalah tahun Saka, maka harus dibaca dari kanan menjadi 1161 Saka. Berdasarkan kronogram tersebut diketahui bahwa arca ini berasal dari era Singosari masa pemerintahan Anusapati.

37 Arca Warak

arca warak blitarArca Warak merupakan sekumpulan arca yang terletak di Desa Modangan, Kec. Nglegok. Kab. Blitar. Arca ini memiliki bentuk yang unik dan berbeda jika dibandingkan dengan arca-arca lain yang tersebar di Blitar.

Wisata Buatan

38 Agrowisata Belimbing Karangsari

Agrowisata Karangsari merupakan sentra budi daya belimbing varietas asli Blitar. Di agrowisata ini para wisatawan dapat memetik dan mencicipi segarnya buah Belimbing langsung dari pohonnya. Dijajakan pula beberapa produk olahan dari buah belimbing. Agrowisata Karangsari secara administratif terletak di Kelurahan Karangsari, Kec. Sukorejo, Kota Blitar. Letak agrowisata ini cukup strategis karena berada di pinggir jalan raya menuju Pantai Tambakrejo.

39 Agrowisata Aryo Kusumo

Agrowisata Aryo Kusumo merupakan pusat budi daya agro yang terletak di Desa Karangsono, Kec. Kanigoro, Kab. Blitar. Komoditas yang dibudi dayakan di sini cukup beragam. Ada komoditas belimbing, jambu biji merah, hingga markisa. Komoditas-komoditas tersebut dibudi dayakan di seluruh area desa, sedangkan bangunan Agrowisata Aryo Kusumo adalah tempat display produk-produk olahannya sekaligus sebagai pusat informasi. Agrowisata Aryo Kusumo terletak di pinggir jalan menuju Bendungan Serut dari arah Kanigoro.

40 Blitar Konyar Hill

Blitar Konyar Hill secara administratif terletak di Desa Sukoanyar, Kec. Kesamben, Kab. Blitar. Destinasi wisata yang satu ini memanfaatkan Perbukitan Kajang sebagai daya tarik utamanya. Saat cuaca cerah, dari spot ini dapat disaksikan keindahan Gunung Kelud dan Pegunungan Kawi di sisi utara. Untuk menikmati keindahan tersebut telah disediakan sejumlah view deck yang menghiasi area Blitar Konyar Hill.

41 Bukit Bonsai

Bukit Bonsai Watu Lawang diresmikan pada 3 Desember 2017. Bukit ini terletak di Desa Sumberjati, Kademangan, Kab. Blitar. Bukit ini terletak tak sebegitu jauh dari Candi Simping. Bukit Bonsai Watu Lawang dikenal dengan banyak nama, ada yang menyebutnya Tumpakwaru dan ada pula yang menyebutnya Bukit Suharto. Secara alami pemandangan di bukit ini memang menawan. Bila cuaca cerah pengunjung dapat menyaksikan keindahan Blitar dari ketinggian. Sejumlah gunung juga dapat disaksikan dari bukit ini seperti Gunung Pegat, Gunung Kelud, dan Gunung Kawi. Saat sunset, sunrise bahkan di malam hari sekalipun pemandangan di bukit ini tak kalah menawan. Dengan dibukanya Bukit Bonsai yang dilengkapi sejumlah fasilitas pendukung wisata, kini bukit ini semakin nyaman untuk dikunjungi.

42 Bukit Bunda

Bukit Bunda merupakan salah satu wisata unik yang dimiliki Blitar. Secara alami bukit ini hanyalah bukit kapur yang tandus. Namun setelah bukit yang terletak di Desa Dawuhan, Kademangan ini dikelola, ia mampu menjelma menjadi salah satu wisata yang OOTD. Banyak spot spot foto menarik yang ditawarkan di sini. Fasilitas yang dimiliki Bukit Bunda juga tergolong lengkap mulai dari kafetaria, kolam renang, panggung hiburan, flying fox, hingga mobil off road. Semua fasilitas ini berada di antara bukit kapur yang tandus. Menakjubkan bukan?

43 Cowboy Indian Camp

Cowboy Indian Camp merupakan salah satu destinasi wisata yang terletak di Dusun Karanganyar, Desa Modangan, Nglegok, Kab. Blitar. Letaknya berada di depan Wisata Kebun Kopi Karanganyar. Destinasi ini mengusung dua tema sekaligus yakni tema cowboy dan tema indian. Saat singgah di sini wisatawan akan merasakan sensasi berpetualang di perkampungan coboy dan kampung indian.

44 Desa Sirsat Minggirsari

Meski bertajuk sirsat, namun di Desa Sirsat Minggirsari ini kalian tidak hanya akan menemukan sirsat. Sejumlah spot menarik seperti rumah pohon dan jembatan selfie siap memanjakan wisatawan yan berkunjung. Baik rumah pohon maupun jembatan selfie ini memiliki view yang menarik karena menghadap ke aliran sungai Brantas yang asri. Di Desa Sirsat ini juga terdapat Gubuk Kambil, yakni sebuah bangunan berbentuk balai yang bahan penyusunnya terdiri dari bagian bagian pohon kelapa (bahasa Jawa = kambil). Desa Sirsat Minggirsari terletak di ujung barat Kecamatan Kanigoro.

45 Fish Garden

Fish Garden Terletak di Jl. Bengawan Solo, Kota Blitar, di depan SMAN 3 Blitar. Fish Garden merupakan wahana wisata edukasi ikan air tawar. Di sini dipamerkan bermacam-macam jenis ikan air tawar dalam aquarium. Penataannya cukup atraktif, yakni didalam lorong gelap dengan cahaya akuarium yang semarak. Dibelakang lorong telah menanti resto dengan sejumlah wahana lainnya seperti permainan anak, panggung hiburan, terapi ikan, dan kedai suvenir.

46 Gardu Pandang (Bukit Teletubbies)

gardu pandang blitarGardu Pandang terletak di Desa Sumberasri, Kec. Nglegok, Kab. Blitar. Gardu ini terletak di atas sebuah bukit. Fungsi utamanya adalah untuk mengawasi keamanan di sekitar area Perkebunan Gambar. Namun dengan penataan yang apik dan adanya view Gunung Kelud yang cihuy, Gardu Pandang ini bisa dijadikan reverensi wisata yang menarik.

47 Gumuk Sapu Angin

Gumuk Sapu Angin merupakan sebuah bukit kecil yang berada di kaki Pegunungan Kawi. Secara administratif spot yang kerap disebut GSA ini masuk dalam wilayah Desa Resapombo, Kec. Doko. Pemandangan dari gumuk ini begitu menawan, jika langit cerah Puncak Kelud dan Butak akan terlihat. Selain dimanjakan oleh pemandangan alamanya pengunjung GSA akan dibuat betah dengan sejumlah gardu pandang yang didesain unik sehingga fotogenik.

48 Jati Park Pagak

Jati Park Pagak secara administratif terletak di Desa Plumbangan, Kec. Doko, Kab. Blitar. Secara geografis destinasi yang satu ini berada di kaki Pegunungan Kawi, sehingga udaranya sejuk dan segar. Di Jati Park ini terdapat sejumlah patung satwa yang dibuat dari ranting pohon. Unik dan menarik untuk dijadikan spot berswafoto. Suasana hutan ini juga cukup semarak karena di sudut-sudutnya dihiasi dengan bola-bola berwarna.

49 Kampung Afrika

Kampung Afrika hampir mirip-mirip dengan Cowboy Indian Camp, namun yang diusung di sini adalah tema perkampungan Afrika. Kampung Afrika secara administratif terletak di Kelurahan Tanggung, Kec. Kepanjen Kidul, Kota Blitar. Letaknya tak jauh dari Kawasan Wisata Makam Bung Karno. Dari Makam ke utara hingga menjumpai pertigaan besar belok ke kiri. Selanjutnya sudah ada papan petunjuk yang jelas menuju lokasi.

50 Kampung Coklat

Kampung Coklat terletak di Jl. Banteng Blorok 18, Desa Plosorejo, Kec. Kademangan, Kab. Blitar. Kampung Coklat merupakan wisata edukasi dan kuliner berbasis coklat. Berbagai bentuk pemanfaatan coklat terdapat di sini, mulai dari pembibitan tanaman kakao, pengolahan biji kakao menjadi coklat, hingga pengolahan coklat menjadi berbagai macam bentuk olahan. Kesemuanya ditata dengan menarik sehingga mampu memberikan pengalaman tak terlupakan bagi wisatawan yang berkunjung.

Pages: 1 2 3 4 5 6 7

56 Comments

  1. waahhh.. luar biasa.. siapa sangka blitar memiliki begitu banyak tempat wisata, sementara ini kami disemarang masih belum menginvetarisir sebanyak itu…
    luar biasa, semoga sukses, dan kami bisa belajar dari postingan ini..
    salam

  2. Kezza Kezza

    SuNgguh luar biasa,,,saya sebagai orang Blitar sama sekali tidak tahu,,kalau ternyata Blitar mempunyai banyak tempat wisata,,,thank u,,

  3. Thanks all. 😀 makasih udah mampir

  4. Wahh.. Ternyatra banyak yach.. Itupun masih banyak yg belum masuk 100 daftar tempat wisata tsb spt Perpustakaan dan Makam Bung Karno, Waterpark Sumber Udel, dll..
    Salut dan keren buat d’Travellers.. 😀

  5. Saking aasyiknya baca dan banyaknya daftar tempat wisata, baru nyadar klo dua tempat itu sdh ada di posisi teratas.. haha..

  6. Terimakasih sudah mampir. Rencana tulisan ini masih mau diupdate, karena faktanya wisata di blitar masih banyak yang belum terliput di sini 🙂

  7. iis iis

    🙂

  8. Reblogged this on Pendi Cahyo and commented:
    Gak nyangka, lebih dari 100 Tempat

  9. waah br taU aQ ternytaa… buanyyyakkkk.. !!!
    mkch dh share…

  10. Sukron Sukron

    keren mantab…kapan2 pengen datengin satu2 itu tempat wisatanya…
    salam dari Blitar Utara 🙂

  11. mas ndon mas ndon

    ajibun bin mantabun…………………

  12. ridho ridho

    Kerenn…………. n Bravo. Lanjutkan…………….

  13. tio d tio d

    4 jempol buat d traveler

  14. Itu ada di sidebar cp nya atau ini ada pin juga tp beda orang 519E5C6A

  15. Baru tau kalau Blitar banyak destinasi wisatanya…..wah saya sebagai orang Blitar bangga banget, walaupun selama ini cuma tau Candi Penataran dan Makam Bung Karno saja….hehe

    Thank’s postingannya min…..segera meluncur untuk mengunjungi satu-persatu

  16. bangga bngt sama blitar, rumah saya deket sama pantai JURUG

  17. Lutfi Lutfi

    Bukan main ternyata masih banyak tempat2 yang indah di daerahku ……..

  18. hazel fox hazel fox

    aku bangga jadi anak blitar lahir diblitar Dan berbangsa Indonesia bangga banget dengan kekayaan alam tanah airku…

  19. i love blitar, walaupun gak lahir dan besar disana tetap cinta sama kampung halaman blitar

  20. SETYO SETYO

    Sukses buat kawan2 D’traveler.Mari terus majukan pariwisata di Blitar tercinta. ☺

  21. Terimakasih. Maaf sejauh ini belum ada dari kami yang mendaftar. Kalau memungkinkan ikut pasti kami kontak..

  22. Doni Antoni Doni Antoni

    Keren Blitar…
    I LOVE BUMI BUNG KARNO (BLITAR)
    Buat travellers 100 jempol aku pinjemin sama masyarakat Blitar

  23. WOW… Keren….
    Ternyata Blitar punya banyak tempat wisata… jadi pingin bisa ke Blitar…
    Salam Wisata..

  24. Monggo mampir ke blitar. Salam wisata.. 😀

  25. Wow. saya dari Blitar kecamatan wlingi dan banyak yang tidak tahu tentang tempat-tempat wisata di kota kelahiran. Saya yakin tim traveller pasti sudah bekerja keras untuk mengunjungi dan mempelajari sejarah dari tempat-tempat ini. Sangat inspiratif. Saya berharap komentar “Terima kasih” dan dukungan saya dapat membuat tim ini tetap semangat.
    Be blessed.

  26. enn enn

    sukses terus dtrav 🙂

  27. travellersblitar travellersblitar

    Terimakasih sarannya om. Next akan kami tambahkan

  28. kampung merah putih nya mana min ??

  29. travellersblitar travellersblitar

    Kemarin sempat kesana tapi sudah terbangkalai.

  30. rudi hermanto rudi hermanto

    Wooo saya baru tau kalau blitar punya tempat wisata sebanyak itu. I LOVE BLITAR

  31. edelweisstories edelweisstories

    Mantap min

  32. Nomer 49.. itu. Bendungan masih wilayah blitar atau malang..? Saya domisili karangkates

  33. Teguh Arifianto Teguh Arifianto

    Insyaallah akhir bulan April ini saya akan mengunjungi destinasi wisata yg berada di kota Blitar.. Doakan saya ya semoga selamat sampai tujuan dari Jakarta start 28/4/2017 untuk memenuhi undagan resepsi pernikahan sahabat kami ‘Jaya Kusuma’ .. Salam Traveller . Gass by Motorcycle.. Brummm….

  34. Amin. Semoga lancar mas agendanya, diberi keselamatan sehingga bisa kembali kerumah tanpa aral rintangan. Salam travellers

  35. pulung pulung

    tolong disampaikan ke pemkab atau pemkot untuk akses jalan yang ke wisata pantai di perbaiki…
    karena sayang klo tempat2 yang menarik itu tersembunyi dan hanya bisa dilalui oleh sepeda motor saja…

    suwun.

  36. Kenthing Kenthing

    Wisata pantai di update lagi mind. Baik yg sudah terkenal maupun belum, sperti jebring, keben, gayasan, pasur… Dan masih banyak lagi..

  37. Wildan Wildan

    Benar benar ptut di lestarikan aq orang Blitar blm smua tau cuma sbgian kecil bangett……. Wahh aq isoo gumun dwe minn mkasih min tlah berbagi,

  38. Tentunya masih banyak juga yg belum kami rangkum. Ini juga cuma sebagian kecil aja. Sama-sama terimakasih sudah berkunjung semoga bermanfaat

  39. agoest jayadi agoest jayadi

    Saran aja min admins… kalau posting,,, sekalian di buatkan gps…biar gampang kalau nyarinya n liatnya…. supaya … bagi calon wisatawan yg akan mampir ke blitar,, bisa menentukan tempat mana saja yg bisa di jangkau setelah tujuan utama mereka,,, biasanya klw seperti saya, tujuan utama plus wisata kanan kiri terdekat dari tujuan utama… sekali jalan , dapat 6 sampai 10 bisa lebih dapat view tmpt…mksih..
    Smoga blitar makin ter expose wisatanya

  40. Terimakasih sarannya. Tidak masalah. Coba nanti kami tambahkan pelan pelan hehe

  41. Ali Moest Ali Moest

    wah wah Blitar keren….
    Let’s Share Blitar hehe

  42. Gua Umbultuk punya nuansa tempat yg bikin para pencinta gua terkesima saat masuk ke sana, artikel ini memberikan informasi yg cocok untuk para traveler, thanks banget buat infonya min

  43. wuih ternyata banyak yang bisa dikunjungi ya? harus dicoba satu persatu semua ini 🙂

  44. Didik Didik

    Sangat bagus. Jadinya pengen menjelajah.
    Semoga nantinya ada transportasi yang menghubungjan tempat wisata itu .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *