Skip to content

150 Tempat Wisata di Blitar

51 Kampung Melon

Kampung Melon secara administratif masuk dalam wilayah Dusun Karanganyar, Desa Modangan, Kec. Nglegok, Kab. Blitar. Posisinya cukup strategis karena cukup dekat dengan Kawasan Wisata Candi Penataran dan sejalur dengan Perkebunan Kopi Karanganyar. Kampung Melon merupakan wisata edukasi berbasis budidaya melon. Di kampung ini melon ditanam dengan teknik budidaya modern di dalam green house. Selain wahana edukasi juga tersedia beberapa permainan anak seperti kolam renang mini dan flayingfox.

52 Perkebunan Kopi Karanganyar

Perkebunan Kopi Karanganyar secara administratif terletak di Dusun Karanganyar, Desa Modangan, Nglegok, Kab. Blitar. Perkebunan yang terletak di kaki Gunung Kelud ini mulai dikembangkan sebagai tempat wisata sejak awal 2016. Ada banyak hal menarik yang dapat dinikmati wisatawan dari perkebunan ini, mulai dari edukasi seputar kopi, edukasi budaya, hingga spot-spot foto kekinian yang instagramabel.

53 Kebon Rojotaman rekreasi kebon rojo blitarKebon Rojo ini lebih dari sekedar taman rekreasi, namun juga merupakan paru paru Kota Blitar. Berbagai jenis tanaman dan pepohonan bisa dijumpai disini. Kebon Rojo terletak di Jl. Diponegoro, Kota Blitar.

54 Omah Iwak Badher Bang

Omah Iwak Badher Bang merupakan kawasan konservasi ikan Badher Merah/ Badher Abang yang terletak di Desa Tawangrejo, Kec. Binangun, Kab. Blitar. Kawasan ini memanfaatkan aliran Sungai Brantas sebagai area konservasi sekaligus area wisata. Pengunjung yang singgah di sini dapat menyusuri area konservasi dengan menyewa perahu yang telah disediakan pengelola.

55 Taman Idaman Hati

hutan kota wlingi blitarTaman Idaman Hati atau Hutan Kota Wlingi atau disebut juga Ruang Terbuka Hijau Kota Wlingi. Hutan kota tersebut terletak di Kota Wlingi, Kabupaten Blitar. Di Hutan Kota Wlingi terdapat 36 jenis tanaman. Untuk memudahkan pengunjung mengenali jenis tanaman-tanaman tersebut, pada setiap tanaman sudah diberi keterangan, bahkan sebagian juga dilengkapi dengan nama latin. Tanaman-tanaman tersebut ditata sedemikian rupa sehingga menciptakan suasana hutan yang asri.

56 Waterpark Sumberudelwaterpark sumberudel blitarSumberudel merupakan taman rekreasi air terbesar di Kota Blitar. Sumberudel terletak di Jl. Kali Brantas, Kota Blitar.

57 Wana Wisata Maliran (Kesambi Trees Park)

wana wisata maliran blitarWana Wisata Maliran secara administratif terletak di Desa Jatilengger, Ponggok, Kab. Blitar. Wana wisata ini merupakan tempat penangkaran rusa yang terdapat di area perhutani. Wana wisata ini telah mengalami sejumlah pengembangan sehingga memiliki sejumlah sebutan seperti Maliran Deer Feeding dan Kesambi Trees Park.

58 Wisata Bathok Spektakuler (WBS)

Wisata Bathok Spektakuler atau WBS ini cukup menarik karena mengusung tema wisata malam. Pada akhir pekan obyek wisata ini memang dibuka sejak pagi, namun pesona nya di malam hari tetap tak tergantikan. Lampu hias warna-warni serta berbagai bentuk lampion membuat suasana malam di WBS begitu spektakuler. Selain itu, di WBS juga tersedia edukasi kerajinan bathok. Cocok bagi wisatawan yang menginginkan pengalaman lebih dalam berwisata.

59 Wisata KALOKA

KALOKA merupakan akronim dari Kawasan Alas Lodoyo Kaulon. Sesuai dengan namanya, obyek wisata ini terletak di bagian Hutan Lodoyo yang masuk dalam wilayah Desa Kaulon, Kec. Sutojayan. KALOKA menawarkan keindahan hutan jati yang terhampar di hulu Waduk Wlingi Raya. Di dalam wana wisata tersebut terdapat wahana ATV lengkap dengan track nya, sementara itu di tepi sungai terdapat view deck berbentuk I Love U yang ikonik.

Wisata Gogoniti

Gunung Gogoniti yang membentang di Desa Kemiri Gede hingga Desa Bumirejo, Kec. Kesamben memang dikenal dengan keindahan hutan pinusnya yang menawan. Kini potensi alam tersebut telah dikembangkan menjadi sejumlah taman wisata seperti Wisata Hutan Pinus Lereng Gogoniti, Taman Ayu Gogoniti, dan Taman Cinta Gogoniti Park. Selain itu panorama alam, Gogoniti juga menyimpan peninggalan sejarah berupa prasasti.

60 Wisata Huntan Pinus Lereng Gogoniti

blitar wisata gogoniti

Wisata Hutan Pinus Lereng Gogoniti merupakan destinasi wisata di Gunung Gogoniti yang terletak di sisi paling selatan. Secara administratif wisata ini masuk dalam wilayah Dusun Krajan, Desa Kemiri Gede. Wisata ini mengusung tema yang soft. Rumah kurcaci, signboard, dan photo boohtnya rata rata bernuansa alami dengan masih menunjukkan warna dasar kayu berwarna coklat.

61 Taman Ayu Gogoniti

Taman Ayu Gogoniti terletak di lereng Gogoniti yang masuk wilayah Desa Bumirejo. Secara umum pemandangan di Taman Ayu ini juga berupa hamparan hutan pinus. Yang menarik, taman ayu ini didesain berwarna-warni sehingga memunculkan kesan festive di dalam hutan.

62 Taman Cinta Gogoniti Park

Sesuai dengan namanya, Taman Cinta ini menyuguhkan tema cinta dalam setiap spotnya. Kontur muka bumi di Taman Cinta ini lebih landai sehingga membuatnya nyaman untuk aktivitas piknik. Taman Cinta Gogoniti Park terletak di Desa Kemiri Gede bagian utara.

Wisata Gunung Pegat

Gunung Pegat memang sejak dulu telah menyuguhkan keunikan. Mulai dari lokasinya yang berada jauh dari rangkaian gunung mana pun; bentuknya yang mirip piramid jika dipandang dari arah Desa Jagoan; mitosnya; candi-candinya; hingga panorama alamnya. Kini keunikan keunikan tersebut semakin lengkap dengan dibukanya spot wisata di masing-masin desa yang mendiami lereng-lereng Pegat.

63 Wisata Argo Pegat

Wisata Argo Pegat mendiami sisi utara Gunung Pegat. Tepatnya di Desa Dadap Langu, Kec. Ponggok. Dari spot ini pengunjung dapat menjangkau puncak barat Gunung Pegat. Di puncak Gunung terdapat Candi Pertapan yang dikelola bersama dengan Wisata Bukit Pertapaan di Desa Bagelen, Kec. Srengat

64 Wisata Bukit Pertapaan Gunung Pegat

Wisata Bukit Pertapaan merupakan pintu masuk ke Candi Pertapan dari sisi selatan. Destinasi wisata ini memiliki track yang lebih panjang. Di sepanjang tracknya disediakan spot spot menarik seperti ayunan, taman, gardu padang, hingga jembatan selfie. Dalam cerita rakyat, bukit pertapaan yang di puncaknya terdapat Candi Pertapan ini merupakan tempat bertapa Dewi Kilisuci. Sementara itu dari segi sejarah, keterangan mengenai Candi Pertapan dapat dilacak dari Prasasti Candi Pertapaan.

65 Wisata Lengkeh Gunung Pegat

Wisata Lengkeh Gunung Pegat secara administatif terletak di Desa Kawedusan, Kec. Ponggok. Dari kawasan lengkeh telah dibuka jalur menuju puncak timur gunung. Puncak tersebut selain memiliki pemandangan yang indah juga dijadikan sebagai tandem olahraga paralayang.

66 Wisata Gurmi Seduri

Wisata Gurami Seduri merupakan wisata mina agro yang terletak di Wonodadi. Ikan yang dibudi dayakan di sini adalah gurami. Skema pertumbuhan gurami dari telur hingga dewasa dapat pengunjung amati disini melalui aquarium pertumbuhan yang tersedia. Selain menyajikan edukasi mina agro. Wisata Gurami Seduri juga menjajakan aneka olahan khas gurami.

67 Wisata Kampung 3D Bongares

Kampung 3D ini berada tepat di depan Polres Kota Blitar, oleh karena itu kampung ini disebut Bongares, yang merupakan singkatan dari “Bocah Ngarep Polres”. Di gang-gang sempit kas perkotaan ini pengunjung akan disuguhi buah kreatifitas muda mudi Bongares. Kreatifitas tersebut dituangkan dalam lukisan-lukisan 3D yang menghiasi dinding-dinding gang, bahkan hingga di lantai-lantai gang. Bila pengunjung berfoto dengan lukisan-lukisan tersebut, pengunjung seakan-akan dapat berinteraksi dengan karakter-karakter yang terdapat dalam lukisan 3D tersebut.

68 Wisata Negeri Dongeng

Berkeliling dunia tanpa harus meninggalkan Blitar kini bisa dilakukan. Datang saja ke Wisata Negeri Dongeng yang terletak di Desa Kawedusan, Kec. Ponggok. Di sini terdapat berbagai miniatur icon-icon nasional hingga internasional seperti, Candi Borobudur, Tugu Monas, Menara Eiffel, Menara Miring Pizza, Koloseum Roma, Piramida Mesir dan masih banyak lainnya. Rasakan sensasi menjelajahi landmark-landmark dunia di Negeri Dongeng.

69 Wisata Puncak Rikmo

Puncak Rikmo adalah salah satu puncak dari Pegunungan Batok di Kesamben. Rikmo merupakan bahasa Jawa Krama yang berarti rambut. Mitosnya Puncak Rikmo ini adalah puncak dari Gunung Kawi. Puncak tersebut kemudian ditendang Hanoman sehingga kini puncak Pegunungan Kawi disebut Puncak Buthak. Kini puncak Rikmo dikembangkan menjadi salah satu destinasi wisata. View di kawasan ini cukup memukau. Jika cuaca cerah, gunung-gunung di sekitarnya dapat terlihat.

70 Wisata Puncak Kejora

Puncak Kejora secara konsep serupa dengan Gumuk Sapu Angin dan Bukit Teletubbies. Kesemuanya adalah gardu pandang. Untuk Puncak Kejora ini memiliki sejumlah gardu pandang yang disebut view deck. Letak view deck tersebut terpisah pisah menyesuaikan pemandangannya. Ada view deck yang mengarah ke Gunung Gogoniti, ada yang ke Puncak Buthak, dan ke Kelud. Selain view deck, Puncak Kejora memiliki ikon, yakni sebuah bintang kejora. Puncak Kejora terletak di Pijiombo, Kec. Wlingi.

71 Taman Blitar Green Park

blitar green parkBlitar Green Park (BGP) merupakan taman terbuka hijau yang terletak di area persawahan Kelurahan Bendogerit, Kec. Sananwetan, Kota Blitar. Taman ini ramai dikunjungi warga setempat untuk berolah raga pagi dan bercengkrama di sore hari.

72 Taman Sentul

taman hijau sentul blitarLokasi Taman Sentul cukup mudah dijangkau, berikut rute menuju Taman Sentul: dari sisi timur Standion Supriyadi ke utara – pertigaan PIIP lurus ke utara kurang lebih 1 km – Taman Sentul terletak di kiri (barat) jalan. Taman Sentul merupakan salah satu ruang terbuka hijau di Kota Blitar. Desainnya cukup keren dan modern. Yang menarik adalah, di area Taman Sentul banyak ditanami pohon belimbing. Belimbing merupakan salah satu icon Kota Blitar. Keberadaan obyek ini menambah kekayaan wisata di Blitar.

73 Taman Pecut

taman pecut air mancur

Taman Pecut sebenarnya didesain untuk memeriahkan wisata malam di Kota Blitar. Pada malam hari setiap Sabtu terdapat atraksi air mancur di taman ini. Meskipun demikian taman ini tetap indah walau dikunjungi pada siang hari. Taman Pecut terletak di jantung Kota Blitar yakni berada satu komplek dengan Aloon-aloon dan Kantor Walikota.

74 Bendungan Serut

bendungan serut blitarBendungan Serut membendung aliran Sungai Brantas yang melintasi Desa Gogodeso, Kec. Kanigoro, Kab. Blitar. Selain berfungsi sebagaimana layaknya sebuah bendungan, Serut juga dikembangkan untuk taman rekreasi.

75 Bendungan Wlingi Raya

bendungan wlingi raya blitarBendungan Wlingi Raya atau disebut juga Bendungan Jegu terletak di Desa Jabung, Kec. Talun, Kab. Blitar. Bendungan ini juga membendung aliran Sungai Brantas.

Pages: 1 2 3 4 5 6 7

56 Comments

  1. waahhh.. luar biasa.. siapa sangka blitar memiliki begitu banyak tempat wisata, sementara ini kami disemarang masih belum menginvetarisir sebanyak itu…
    luar biasa, semoga sukses, dan kami bisa belajar dari postingan ini..
    salam

  2. Kezza Kezza

    SuNgguh luar biasa,,,saya sebagai orang Blitar sama sekali tidak tahu,,kalau ternyata Blitar mempunyai banyak tempat wisata,,,thank u,,

  3. Thanks all. 😀 makasih udah mampir

  4. Wahh.. Ternyatra banyak yach.. Itupun masih banyak yg belum masuk 100 daftar tempat wisata tsb spt Perpustakaan dan Makam Bung Karno, Waterpark Sumber Udel, dll..
    Salut dan keren buat d’Travellers.. 😀

  5. Saking aasyiknya baca dan banyaknya daftar tempat wisata, baru nyadar klo dua tempat itu sdh ada di posisi teratas.. haha..

  6. Terimakasih sudah mampir. Rencana tulisan ini masih mau diupdate, karena faktanya wisata di blitar masih banyak yang belum terliput di sini 🙂

  7. iis iis

    🙂

  8. Reblogged this on Pendi Cahyo and commented:
    Gak nyangka, lebih dari 100 Tempat

  9. waah br taU aQ ternytaa… buanyyyakkkk.. !!!
    mkch dh share…

  10. Sukron Sukron

    keren mantab…kapan2 pengen datengin satu2 itu tempat wisatanya…
    salam dari Blitar Utara 🙂

  11. mas ndon mas ndon

    ajibun bin mantabun…………………

  12. ridho ridho

    Kerenn…………. n Bravo. Lanjutkan…………….

  13. tio d tio d

    4 jempol buat d traveler

  14. Itu ada di sidebar cp nya atau ini ada pin juga tp beda orang 519E5C6A

  15. Baru tau kalau Blitar banyak destinasi wisatanya…..wah saya sebagai orang Blitar bangga banget, walaupun selama ini cuma tau Candi Penataran dan Makam Bung Karno saja….hehe

    Thank’s postingannya min…..segera meluncur untuk mengunjungi satu-persatu

  16. bangga bngt sama blitar, rumah saya deket sama pantai JURUG

  17. Lutfi Lutfi

    Bukan main ternyata masih banyak tempat2 yang indah di daerahku ……..

  18. hazel fox hazel fox

    aku bangga jadi anak blitar lahir diblitar Dan berbangsa Indonesia bangga banget dengan kekayaan alam tanah airku…

  19. i love blitar, walaupun gak lahir dan besar disana tetap cinta sama kampung halaman blitar

  20. SETYO SETYO

    Sukses buat kawan2 D’traveler.Mari terus majukan pariwisata di Blitar tercinta. ☺

  21. Terimakasih. Maaf sejauh ini belum ada dari kami yang mendaftar. Kalau memungkinkan ikut pasti kami kontak..

  22. Doni Antoni Doni Antoni

    Keren Blitar…
    I LOVE BUMI BUNG KARNO (BLITAR)
    Buat travellers 100 jempol aku pinjemin sama masyarakat Blitar

  23. WOW… Keren….
    Ternyata Blitar punya banyak tempat wisata… jadi pingin bisa ke Blitar…
    Salam Wisata..

  24. Monggo mampir ke blitar. Salam wisata.. 😀

  25. Wow. saya dari Blitar kecamatan wlingi dan banyak yang tidak tahu tentang tempat-tempat wisata di kota kelahiran. Saya yakin tim traveller pasti sudah bekerja keras untuk mengunjungi dan mempelajari sejarah dari tempat-tempat ini. Sangat inspiratif. Saya berharap komentar “Terima kasih” dan dukungan saya dapat membuat tim ini tetap semangat.
    Be blessed.

  26. enn enn

    sukses terus dtrav 🙂

  27. travellersblitar travellersblitar

    Terimakasih sarannya om. Next akan kami tambahkan

  28. kampung merah putih nya mana min ??

  29. travellersblitar travellersblitar

    Kemarin sempat kesana tapi sudah terbangkalai.

  30. rudi hermanto rudi hermanto

    Wooo saya baru tau kalau blitar punya tempat wisata sebanyak itu. I LOVE BLITAR

  31. edelweisstories edelweisstories

    Mantap min

  32. Nomer 49.. itu. Bendungan masih wilayah blitar atau malang..? Saya domisili karangkates

  33. Teguh Arifianto Teguh Arifianto

    Insyaallah akhir bulan April ini saya akan mengunjungi destinasi wisata yg berada di kota Blitar.. Doakan saya ya semoga selamat sampai tujuan dari Jakarta start 28/4/2017 untuk memenuhi undagan resepsi pernikahan sahabat kami ‘Jaya Kusuma’ .. Salam Traveller . Gass by Motorcycle.. Brummm….

  34. Amin. Semoga lancar mas agendanya, diberi keselamatan sehingga bisa kembali kerumah tanpa aral rintangan. Salam travellers

  35. pulung pulung

    tolong disampaikan ke pemkab atau pemkot untuk akses jalan yang ke wisata pantai di perbaiki…
    karena sayang klo tempat2 yang menarik itu tersembunyi dan hanya bisa dilalui oleh sepeda motor saja…

    suwun.

  36. Kenthing Kenthing

    Wisata pantai di update lagi mind. Baik yg sudah terkenal maupun belum, sperti jebring, keben, gayasan, pasur… Dan masih banyak lagi..

  37. Wildan Wildan

    Benar benar ptut di lestarikan aq orang Blitar blm smua tau cuma sbgian kecil bangett……. Wahh aq isoo gumun dwe minn mkasih min tlah berbagi,

  38. Tentunya masih banyak juga yg belum kami rangkum. Ini juga cuma sebagian kecil aja. Sama-sama terimakasih sudah berkunjung semoga bermanfaat

  39. agoest jayadi agoest jayadi

    Saran aja min admins… kalau posting,,, sekalian di buatkan gps…biar gampang kalau nyarinya n liatnya…. supaya … bagi calon wisatawan yg akan mampir ke blitar,, bisa menentukan tempat mana saja yg bisa di jangkau setelah tujuan utama mereka,,, biasanya klw seperti saya, tujuan utama plus wisata kanan kiri terdekat dari tujuan utama… sekali jalan , dapat 6 sampai 10 bisa lebih dapat view tmpt…mksih..
    Smoga blitar makin ter expose wisatanya

  40. Terimakasih sarannya. Tidak masalah. Coba nanti kami tambahkan pelan pelan hehe

  41. Ali Moest Ali Moest

    wah wah Blitar keren….
    Let’s Share Blitar hehe

  42. Gua Umbultuk punya nuansa tempat yg bikin para pencinta gua terkesima saat masuk ke sana, artikel ini memberikan informasi yg cocok untuk para traveler, thanks banget buat infonya min

  43. wuih ternyata banyak yang bisa dikunjungi ya? harus dicoba satu persatu semua ini 🙂

  44. Didik Didik

    Sangat bagus. Jadinya pengen menjelajah.
    Semoga nantinya ada transportasi yang menghubungjan tempat wisata itu .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *