Skip to content

150 Tempat Wisata di Blitar

76 Waduk Ngusri

waduk ngusriWaduk Ngusri terletak di Desa Gadungan, Kec. Gandusari, Kab. Blitar. Waduk ini sangat menarik untuk dikunjungi karena berpadu dengan suasana alam Gunung Kelud yang memukau.

77 Waduk Nyunyur

telaga nyunyur blitarWaduk Nyunyur atau biasa disebut Blumbang Soso terletak di Desa Soso, Kec. Gandusari, Kab. Blitar. Panorama alam di Nyunyur sangatlah indah. Jika cuaca cerah dari sini kita bisa melihat puncak Gunung Kelud dan Kawi.

Wisata Budaya

78 Blitar Djadoel

blitar jadoelBlitar Djadoel merupakan sebuah event budaya yang diselenggarakan Pemerintah Kota Blitar untuk memperingati hari jadi kota Blitar. Dalam event ini diselenggrakan bazar dengan konsep Blitar jaman dulu. Segala pernak-pernik bazar hingga pakaian peserta bazar, semuanya bertemakan ”jaman dulu”. Event ini diselanggarakan di sepanjang Jalan Merdeka, mulai dari depan Kantor Walikota Blitar hingga perempatan Toko Ijo. Waktu penyelenggaraan event ini biasanya tidak jauh dari tanggal 1 April yang merupakan hari jadi Kota Blitar.

79 Grebeg Pancasila

grebeg pancasila blitarGrebeg Pancasila merupakan event yang diselenggarakan untuk memperingati hari lahirnya Pancasila setiap tanggal 1 Juni. Secara umum Grebeg Pancasila terbagi dalam tiga acara utama, yakni Upacara Budaya, Kirab Gunungan, dan Kenduri Pancasila. Upacara Budaya dilakukan pada tanggal 31 Mei diikuti dengan festival lampion keliling Kota Blitar. Kirab Gunungan dan Kenduri Pancasila dilakukan pada tanggal 1 Juni pagi.

80 Teater Pemberontakan PETA

drama kolosal peta di blitarTeater Pemberontakan PETA dipentaskan setiap tanggal 14 Frebruari malam. Pementasan teater ini mengisahkan pemberontakan Tentara PETA terhadap penjajah Jepang. Tokoh sentral teater ini yakni Sudanco Supriyadi biasanya diperankan oleh Walikota Blitar.

81 Purnama Seruling Penataran

purnama seruling penataran blitarPurnama Seruling Penataran (PSP) adalah sebuah pagelaran kesenian yang diselenggarakan di area Candi Penataran saat malam purnama. Pagelaran Purnama Seruling Penataran bukanlah pagelaran seni semata. Penyelenggaraan event ini lebih ditekankan untuk menghidupkan kembali kearifan lokal Nusantara. Dalam setiap penyelenggaraan PSP selalu dipentaskan sendratari maupun kesenian lain yang mangisahkan relief-relief dari Candi Penataran seperti cerita Sritanjung, Bukbuksah Gagangaking, Panji, Ramayana, dan masih banyak lainnya.

82 Tumpeng Agung Nusantara

budaya tumpeng agung nusantara blitarTumpeng Agung Nusantara merupakan sebuah event budaya yang digagas oleh Lembaga Pelindung dan Pelestari Budaya Nusantara (LP2BN). Dalam event ini Tumpeng Agung Nusantara dikirab dari Situs Umpak Balekambang menuju Komplek Candi Penataran, Nglegok, Blitar. Event ini pertama kali diselanggarakan pada 27 Juni 2012. Pada tahun-tahun berikutnya, Tumpeng Agung Nusantara tetap di selenggarakan setiap 27 Juni, karena bertepatan dengan berdirinya Candi Penataran pada 27 Juni 1197.

83 Siraman Gong Mbah Pradah

siraman mbah pradah blitarProsesi Siraman Gong Kyai Pradah adalah upacara tradisional yang masih dilestarikan oleh masyarakat Eks Kawedanan Lodoyo (Kecamatan Sutojayan dan sekitarnya). Prosesi ini diadakan setiap tanggal 12 Rabiul Awal di Alun-alun Lodoyo, Kecamatan Sutojayan, Kabupaten Blitar. Prosesi ini dipimpin oleh Bupati Blitar beserta tokoh-tokoh terkemuka di Lodoyo dan disaksikan oleh pengunjung baik dari dalam maupun luar Blitar. Prosesi Siraman Gong Kyai Pradah merupakan upacara memandikan Gong Kyai Pradah yang dikeramatkan masyarakat Lodoyo.

84 Larung Sesaji

larung sesaji kabupaten blitarSebagaimana lazimnya masyarakat di pesisir selatan Jawa, mayarakat Blitar juga melaksanakan upaca adat Larung Sesaji di pantai selatan. Upacara Larung Sesaji diselenggarakan setiap tanggal 1 Syuro (Muharram). Kegitan ini adalah salah satu atraksi wisata di Blitar selatan yang paling ditunggu.

Potensi Wisata Alam

Blitar memiliki kekayaan keindahan alam yang sangat luar biasa jika dikembangkan untuk pariwisata. Berikut adalah daftar potensi wisata alam yang belum secara resmi dikembangkan sebagai kawasan wisata.

85 Air Merambat Gunung Gedang

air merambat gunung gedang blitarAir merambat Gunung Gedang bersumber dari Gunung Gedang dan alirannya mengalir Kali Putih. Untuk melihat keindahan air merambat ini wisatawan yang doyan adventure bisa menyusuri lembah kali Putih. Kaliputih merupakan kantong lahar Gunung Kelud yang mengalir di sekitar Desa Gadungan, Kec. Gandusari, Kab. Blitar.

86 Air Terjun Coban Wilis

air terjun coban wilis blitarAir Terjun Coban Wilis terletak di lembah Gunung Kelud yang cukup jauh dari pemukiman penduduk. Untuk sampai di air terjun ini perlu perjuangan ekstra karena harus melewati lima bukit dengan medan yang sangat ekstrim. Air Terjun Coban Wilis Terletak di Kampung Wisata Ekologi Puspojagad, Desa Semen, Kec. Gandusari, Kab. Blitar.

87 Air Terjun Grenjeng

air terjun grenjengAir Terjun Grenjeng terletak di Desa Balerejo, Kec. Panggungrejo, Kab. Blitar. Air terjun yang sangat unik. Meski berada di Blitar selatan, air terjun ini kurang mencerminkan ekosistem kars yang lazim dijumpai di wilayah tersebut. Bukanlah tebing tebing kapur yang akan kita jumpai di sini, melainkan tebing breksi hitam yang kokoh.

88 Air Terjun Jurug Bening

air terjun jurung bening blitarSecara administratif Jurug Bening terletak di Dusun Sumberdadi, Desa Purworejo, Kecamatan Wates, Kabupaten Blitar. Rute untuk menuju ke jurug ini searah dengan arah menuju Pantai Jolosutro, tapi setelah perempatan Binangun, rute berganti ke arah kanan menuju Pasar Bantengan. Jurug Bening memiliki ketinggian kurang lebih 35 m. Aliran airnya tidak terlalu deras, tapi memiliki bentuk yang unik karena terpecah oleh bebatuan. Kekontrasan air dengan bebatuan hitam kelam juga tampak indah. Keanekaragaman flora disisi tebing yang mengapit jurug memberikan warna yang melengkapi lukisan nyata ini.

89 Air Terjun Jurug Dringo

air terjun jururg dringo blitarJurug Dringo terletak di tepi aliran sungai Jeruk. Secara administratif air terjun ini masuk dalam lingkungan Kedung Kudi, Dusun Dringo, Desa Ngeni, Wonotirto, Kab. Blitar. Seperti halnya air terjun di Blitar selatan lainnya, jurug ini akan mengering jika kemarau tiba. Waktu paling tepat untuk mengunjungi air terjun ini adalah di awal kemarau, di mana cuaca bersahabat namun debit airnya masih cukup deras. Keunikan Jurug Dringo adalah kemiripannya dengan Air Terjun Umbul Baros di Panggungrejo. Sungguh kebetulan yang indah.

90 Air Terjun Jurug Gua Luweng

jurug gua luweng blitarMerupakan Kombinasi unik dari jurug yang mengalir dari sebiah tebing raksasa dengan sebuah gua yang di dalamnya juga terdapat aliran air terjun. Air Terjun Jurug Gua Luweng secara administratif terletak di Dusun Prodo, Desa Ngerjo, Kec Bakung. Keberadaan jurug ini semakin menyemarakkan geliat pariwisata Bakung, pasca di resmikannya Kedung Malang. Keberadaan obyek ini juga menambah ragam kekayaan wisata di Blitar.

91 Air Terjun Jurug Kedung Kedung Golek (Air Terjun Bidadari)

Awalnya Jurug ini disebut Kedung Golek, namun setelah hits Jurug ini dinamai Air Terjun Bidadari. Secara administratif Air Terjun Bidadari masuk dalam wilayah Desa/ Kec. Panggungrejo. Air terjun ini cukup unik karena memiliki tingkatan, dan alirannya semakin ke bawah semakin melebar. Sayangnya debit air teejun ini akan mengecil saat musim kemarau.

92 Air Terjun Jurug Lanang

air terjun jurug lanang blitarLetak Jurug Lanang masih satu desa dengan Air Terjun Jumeg, yakni berada di Desa Ringinrejo, Wates, Blitar. Dari Masjid terakhir sebelum Jumeg, pengunjung bisa berbelok ke kanan, kemudian menanyakan lokasi air terjun ini pada warga sekitar. Medan untuk menuju air terjun ini sedikit berat. Jalannya merupakan jalan setapak, sehingga kendaraan pengunjung sebaiknya dititipkan pada warga setempat. Air Terjun Jurug Lanang memiliki kenampakan yang unik. Diding air terjunnya tersusun dari batu yang berundak-undak, sepintas mirip dengan Jurug Bening. Jurug Lanang ini bisa dipilih sebagai tujuan tambahan saat para pengunjung menyambangi Air Terjun Jumeg.

93 Air Terjun Jurug Songo

air terjun jurug songo blitarAir Terjun Jurug Songo terletek di Desa Mojorejo, Kec. Wates, Kab. Blitar. Meski terkesan kering, tapi Jurug Songo tetap memukau. Rona batuan kapur yang berpadu dengan lumut dan rerumputan membuat air terjun ini memiliki kombinasi warna yang menawan.

94 Air Terjun Jurug Tumpuk

Jurug Tumpuk merupakan satu dari sekian air terjun yang terletak di Blitar selatan. Air terjun ini cukup unik karena terdiri dari beberapa tingkat. Secara administratif Jurug Tumpuk terlatak di perbatasan Desa Lorejo, Kec. Bakung dengan Desa Pasiraman, Kec. Wonotirto, Kab. Blitar.

95 Air Terjun Kalimayit

Kalimayit secara harfiah artinya adalah Sungai Mayat. Air terjun yang namanya menyeramkan ini terletak di Dusun Bendorejo, Desa Tulungrejo, Kec. Wates. Tak seperti namanya yang menyeramkan, keindahan air terjun ini tidak diragukan lagi. Suasana air terjun ini masihsangat alami. Vegetasinya juga lumayan lebat. Diperlukan persiapan lebih untuk menjangkaunya.

96 Air Terjun Kucur Watu

air terjun kucur watu blitarAir Terjun Kucur Watu secara administratif terletak di Desa Semen, Kec. Gandusari, Kab. Blitar Letaknya sangat dekat dengan pemukiman, namun sangat jarang dijamah manusia. Inilah Air Terjun Kucur Watu. Air terjun mini yang terletak di ujung Dusun Dewi.

97 Air Terjun Lawean Kawisari

air terjun kawisari blitarAir Terjun Lawean juga terletak di Desa Semen, Kec. Gandusari, Kab. Blitar. Air Terjun Lawean berada tidak jauh dari gerbang masuk Perkebunan Kawisari. Setelah melalui gerbang, akan didapati percabangan jalan yang mengarah ke kiri. Dengan menyusuri percabangan tersebut sejauh 4 km, wisatawan akan sampai di lokasi air terjun. Keberadaan obyek ini menambah ragam kekayaan wisata di Blitar.

98 Air Terjun Jumeg

air terjun kedung njumeg blitarAir Terjun Njumeg terletak di Dusun Ringinanyar, Desa Ringinrejo, Wates, Kab. Blitar. Letaknya tidak jauh dari JLS Ringinrejo. Air Terjun Njumeg tidak terlalu tinggi, namun pesonanya tetap menawan. Air terjun ini lebih indah dikunjungi saat awal musim kemarau, karena saat hujan airnya keruh. Saat kemarau tiba, airnya akan bening dan warna kolam disekitar air terjun akan berwarna hijau.

99 Air Terjun Ondo Rante

air terjun ondorante blitarAir Terjun Ondo Rante secara administratif terletak di Desa Sumberasri, Kec. Nglegok, Kab. Blitar. Untuk menuju Air Terjun Ondo Rante kita harus menyusuri Kali Bladak sejauh 2 km dari cek dam terakhir. Lokasinya yang terletak di aliran Kali Bladak membuat air terjun ini sangat berbahaya untuk dikunjungi pada musim penghujan. Kali Bladak merupakan aliran sungai lahar Gunung Kelud yang bisa saja dilewati lahar dingin saat hujan.

100 Air Terjun Selokajar

Air Terjun Selokajar merupakan air terjun mini yang tak terlalu tinggi, namun debit airnya lumayan deras. Air Terjun Selokajar secara administratif berada di Dusun Pokah 2, Desa Resapombo, Kec. Doko. Air terjun ini telah dibuka sebagai destinasi wisata dan telah dilengkapi dengan taman-taman yang akan membuat nyaman pengunjung.

Pages: 1 2 3 4 5 6 7

56 Comments

  1. waahhh.. luar biasa.. siapa sangka blitar memiliki begitu banyak tempat wisata, sementara ini kami disemarang masih belum menginvetarisir sebanyak itu…
    luar biasa, semoga sukses, dan kami bisa belajar dari postingan ini..
    salam

  2. Kezza Kezza

    SuNgguh luar biasa,,,saya sebagai orang Blitar sama sekali tidak tahu,,kalau ternyata Blitar mempunyai banyak tempat wisata,,,thank u,,

  3. Thanks all. 😀 makasih udah mampir

  4. Wahh.. Ternyatra banyak yach.. Itupun masih banyak yg belum masuk 100 daftar tempat wisata tsb spt Perpustakaan dan Makam Bung Karno, Waterpark Sumber Udel, dll..
    Salut dan keren buat d’Travellers.. 😀

  5. Saking aasyiknya baca dan banyaknya daftar tempat wisata, baru nyadar klo dua tempat itu sdh ada di posisi teratas.. haha..

  6. Terimakasih sudah mampir. Rencana tulisan ini masih mau diupdate, karena faktanya wisata di blitar masih banyak yang belum terliput di sini 🙂

  7. iis iis

    🙂

  8. Reblogged this on Pendi Cahyo and commented:
    Gak nyangka, lebih dari 100 Tempat

  9. waah br taU aQ ternytaa… buanyyyakkkk.. !!!
    mkch dh share…

  10. Sukron Sukron

    keren mantab…kapan2 pengen datengin satu2 itu tempat wisatanya…
    salam dari Blitar Utara 🙂

  11. mas ndon mas ndon

    ajibun bin mantabun…………………

  12. ridho ridho

    Kerenn…………. n Bravo. Lanjutkan…………….

  13. tio d tio d

    4 jempol buat d traveler

  14. Itu ada di sidebar cp nya atau ini ada pin juga tp beda orang 519E5C6A

  15. Baru tau kalau Blitar banyak destinasi wisatanya…..wah saya sebagai orang Blitar bangga banget, walaupun selama ini cuma tau Candi Penataran dan Makam Bung Karno saja….hehe

    Thank’s postingannya min…..segera meluncur untuk mengunjungi satu-persatu

  16. bangga bngt sama blitar, rumah saya deket sama pantai JURUG

  17. Lutfi Lutfi

    Bukan main ternyata masih banyak tempat2 yang indah di daerahku ……..

  18. hazel fox hazel fox

    aku bangga jadi anak blitar lahir diblitar Dan berbangsa Indonesia bangga banget dengan kekayaan alam tanah airku…

  19. i love blitar, walaupun gak lahir dan besar disana tetap cinta sama kampung halaman blitar

  20. SETYO SETYO

    Sukses buat kawan2 D’traveler.Mari terus majukan pariwisata di Blitar tercinta. ☺

  21. Terimakasih. Maaf sejauh ini belum ada dari kami yang mendaftar. Kalau memungkinkan ikut pasti kami kontak..

  22. Doni Antoni Doni Antoni

    Keren Blitar…
    I LOVE BUMI BUNG KARNO (BLITAR)
    Buat travellers 100 jempol aku pinjemin sama masyarakat Blitar

  23. WOW… Keren….
    Ternyata Blitar punya banyak tempat wisata… jadi pingin bisa ke Blitar…
    Salam Wisata..

  24. Monggo mampir ke blitar. Salam wisata.. 😀

  25. Wow. saya dari Blitar kecamatan wlingi dan banyak yang tidak tahu tentang tempat-tempat wisata di kota kelahiran. Saya yakin tim traveller pasti sudah bekerja keras untuk mengunjungi dan mempelajari sejarah dari tempat-tempat ini. Sangat inspiratif. Saya berharap komentar “Terima kasih” dan dukungan saya dapat membuat tim ini tetap semangat.
    Be blessed.

  26. enn enn

    sukses terus dtrav 🙂

  27. travellersblitar travellersblitar

    Terimakasih sarannya om. Next akan kami tambahkan

  28. kampung merah putih nya mana min ??

  29. travellersblitar travellersblitar

    Kemarin sempat kesana tapi sudah terbangkalai.

  30. rudi hermanto rudi hermanto

    Wooo saya baru tau kalau blitar punya tempat wisata sebanyak itu. I LOVE BLITAR

  31. edelweisstories edelweisstories

    Mantap min

  32. Nomer 49.. itu. Bendungan masih wilayah blitar atau malang..? Saya domisili karangkates

  33. Teguh Arifianto Teguh Arifianto

    Insyaallah akhir bulan April ini saya akan mengunjungi destinasi wisata yg berada di kota Blitar.. Doakan saya ya semoga selamat sampai tujuan dari Jakarta start 28/4/2017 untuk memenuhi undagan resepsi pernikahan sahabat kami ‘Jaya Kusuma’ .. Salam Traveller . Gass by Motorcycle.. Brummm….

  34. Amin. Semoga lancar mas agendanya, diberi keselamatan sehingga bisa kembali kerumah tanpa aral rintangan. Salam travellers

  35. pulung pulung

    tolong disampaikan ke pemkab atau pemkot untuk akses jalan yang ke wisata pantai di perbaiki…
    karena sayang klo tempat2 yang menarik itu tersembunyi dan hanya bisa dilalui oleh sepeda motor saja…

    suwun.

  36. Kenthing Kenthing

    Wisata pantai di update lagi mind. Baik yg sudah terkenal maupun belum, sperti jebring, keben, gayasan, pasur… Dan masih banyak lagi..

  37. Wildan Wildan

    Benar benar ptut di lestarikan aq orang Blitar blm smua tau cuma sbgian kecil bangett……. Wahh aq isoo gumun dwe minn mkasih min tlah berbagi,

  38. Tentunya masih banyak juga yg belum kami rangkum. Ini juga cuma sebagian kecil aja. Sama-sama terimakasih sudah berkunjung semoga bermanfaat

  39. agoest jayadi agoest jayadi

    Saran aja min admins… kalau posting,,, sekalian di buatkan gps…biar gampang kalau nyarinya n liatnya…. supaya … bagi calon wisatawan yg akan mampir ke blitar,, bisa menentukan tempat mana saja yg bisa di jangkau setelah tujuan utama mereka,,, biasanya klw seperti saya, tujuan utama plus wisata kanan kiri terdekat dari tujuan utama… sekali jalan , dapat 6 sampai 10 bisa lebih dapat view tmpt…mksih..
    Smoga blitar makin ter expose wisatanya

  40. Terimakasih sarannya. Tidak masalah. Coba nanti kami tambahkan pelan pelan hehe

  41. Ali Moest Ali Moest

    wah wah Blitar keren….
    Let’s Share Blitar hehe

  42. Gua Umbultuk punya nuansa tempat yg bikin para pencinta gua terkesima saat masuk ke sana, artikel ini memberikan informasi yg cocok untuk para traveler, thanks banget buat infonya min

  43. wuih ternyata banyak yang bisa dikunjungi ya? harus dicoba satu persatu semua ini 🙂

  44. Didik Didik

    Sangat bagus. Jadinya pengen menjelajah.
    Semoga nantinya ada transportasi yang menghubungjan tempat wisata itu .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *