Skip to content

Candi Mini alias Candi Ngepung Patianrowo Nganjuk

Candi Ngepung Nganjuk

Entah siapa yang memviralkan kumpulan benda cagar budaya Candi Ngepung ini dengan nama Candi Mini? Jika travelers sekalian menelusuri situs candi yang berada di Desa Ngepung ini pada laman google, portal-portal berita online akan dengan kompak menyebutnya dengan nama Candi Mini. Faktanya, kumpulan BCB ini memang terdiri dari beberapa bagian miniatur Candi.

Deskripsi Candi

Candi Mini alias Candi Ngepung Patianrowo ini terdiri dari sejumlah fragmen miniatur candi dan fragmen unsur bangunan. Fragmen-fragmen tersebut berbahan batu andesit. Akan tetapi di sekeliling situs juga dapat dijumpai sebaran batu bata kuno berukuran besar.

Candi Mini alias Candi Ngepung Patianrowo Nganjuk 17

Fragmen-fagmen miniatur candi telah runtuh dan terpisah antar bagiannya. Pada candi ini dapat dijumpai dua buah fragmen miniatur berbentuk limas terpancung dengan profil: bidang datar/tegak (polos) pada bagian bawah, dan pelipit-pelipit yang semakin mengecil ke atas. Sisi dalamnya berlubang tembus.

Candi Mini alias Candi Ngepung Patianrowo Nganjuk 18

Sebuah fragmen berbentuk balok, pada sisi bawah berhias antefik pada keempat sudutnya. Bagian atas berhias pelipit yang berbentuk sebuah bangunan dengan atap berbentuk tumpang.

Candi Mini alias Candi Ngepung Patianrowo Nganjuk 19

Sebuah fragmen berbentuk denah segi empat dengan penampil pada bagian tengah bidang. Disekeliling bidang berhias pelipit dengan motif hias berbentuk geometris dan tanaman. Pada bagian penampil berhias pelipit. Permukaan benda berlubang dengan bentuk kubus, tembus dari bagian permukaan atas sampai permukaan bawah.

Candi Mini alias Candi Ngepung Patianrowo Nganjuk 20

Dua buah fragmen bagian miniatur candi (bagian badan dan kaki) ini terbuat dari blok batu utuh yang dipahat. Bentuk kotak/kubus, agak mengecil ke atas. Terdiri atas bagian kaki dan tubuh/badan. Kaki, dihias dengan panil-panil segiempat pada bagian tengah sisi dan sudut, di atasnya berupa pelipit-pelipit yang semakin mengecil ke atas. Hiasan pelipit juga menjadi bagian dari badan miniatur, yang membentuk bidang kumai bawah dan kumai atas, dan di antara kumai bawah serta atas ini dipisahkan oleh pelipit tebal dan lebar, yang seolah-olah membagi badan candi menjadi 2 bagian atas – bawah. Pada sisi-sisi badan candi bagian atas ini dihias dengan  relung-relung semu yang berpenampil.

Candi Mini alias Candi Ngepung Patianrowo Nganjuk 21

Sebuah fragmen miniatur berbentuk balok dengan sisi luar berhias pelipit sebanyak empat buah, dengan hiasan tumpal/antefik pada bagian sudut dan tengah sisi. Bagian tengah berlubang berbentuk silindrik tembus sampai bagian bawah.

Miniatur candi merupakan bentuk sebuah bangungan suci yang dibuat dalam bentuk kecil dan berfungsi sebagai media dalam kegiatan religi.

Selain fragmen-fragmen penyusun miniatur candi tersebut dijumpai pula fragmen unsur bangunan. Keberadaan unsur bangunan biasanya dihubungkan dengan sebuah bangunan atau struktur, baik bangunan suci maupun profan. Unsur bangunan yang dapat dijumpai di Candi Ngepung berupa balok batu sudut berbentuk persegi, pada dua sisi yang berdampingan (samping dan depan) terdapat profil pelipit satu tingkat. Terdapat pula unsur bangunan yang memiliki ornamen tapak dara/ Salib Portugis. Ornaman tapak dara/ Salib Portugis biasanya terletak pada dinding sebuah candi, misalnya seperti yang terdapat pada dinding kaki Candi Boyolangu Tulungagung, Candi Ngetos Nganjuk dan Candi Sawentar Blitar.

Candi Mini alias Candi Ngepung Patianrowo Nganjuk 22

Terdapat pula antefik. Benda ini merupakan sebuah unsur banguan yang berfungsi sebagai hiasan bagian luar pada bangunan candi dalam bentuk segitiga meruncing. Antefik bersifat struktural sehingga tidak dapat berdiri sendiri melainkan menyatu dengan bangunan induk.

Candi Mini alias Candi Ngepung Patianrowo Nganjuk 23

Fragmen-fragmen pada Candi Mini ini sebagian masih tampak unfinished (belum selesai di kerjakan). Hal ini tampak pada sejumlah bagian tonjolan pada miniatur yang lazimnya berhiasan kala namun masih polos, dan ada pula yang setengah dipahat.

Candi Mini alias Candi Ngepung Patianrowo Nganjuk 24

Riwayat Pelestarian

Candi Mini alias Candi Ngepung Nganjuk telah dilaporkan dalam laporan inventarisasi ODCB Kab. Nganjuk tahun 2018.

Sejarah

Belum ditemukan sumber sejarah tertulis baik angka tahun maupun prasasti yang berasal dari Candi Mini atau Candi Ngepung Patianrowo.

Lokasi dan Rute

Candi Mini alias Candi Ngepung Nganjuk secara administratif berada di wilayah Desa Ngepung, Kec. Patianrowo, Kab. Nganjuk. Dari Nganjuk candi ini apa dituju dengan menelusuri Jalan Raya Baron. Lampu Merah Pasar Bron belok ke kiri (ke utara) mengikuti Jl. Baron – Lengkong (Jalur alternatif Jombang – Surabaya lewat Jatikalen) hingga memasuki wilayah Desa Ngepung. Masjid Al-Ikhlas Desa Ngepung lurus sedikit perhatikan Gang Arumpak di kanan jalan. Situs Candi Mini berada di Gang Arumpak.

Jika kebingungan untuk menemukan lokasi candi ini, travelers sekalian dapat menanyakannya ke pada masyarakat Desa Ngepung dengan keyword: Mbah Ngumpak/ Mbah Umpak. Oleh masyarakat setempat situs masa klasik ini disebut juga dengan nama Mbah Umpak. Situs Candi Ngepung berada tak jauh dari makam sepuh desa yakni Makam Mbah Sawung dan Mbah Rono.


Writer: Galy Hardyta

Sumber:

Participants: Galy, Bang Daus

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!