Skip to content

Air Terjun Lungur Tipis, Keindahan Tersembunyi di Belantara Krisik Blitar

air terjun lungur tipis

Air Terjun Lungur Tipis.

Ternyata Air Terjun Lungur Tipis yang sebenarnya tu ini. Kemarin DTrav sempat salah informasi sehingga menyamakan Air Terjun Lungur Tipis dengan Air Terjun Watu Tangis. Syukurlah akhirnya kami bisa mengunjungi Air Terjun Lungur Tipis. Lokasinya berada di atas Air Terjun Watu Tangis.

Lokasi dan Rute

Air Terjun Lungur Tipis masih satu aliran dengan Air Terjun Watu Tangis. Sehingga secara administratif masih satu lokasi yaitu di Dusun Barurejo, Desa Krisik, Kec. Gandusari, Kab. Blitar. Meski satu lokasi dan letaknya berdekatan, namun rute kedua air terjun ini berbeda. Rute menuju Lungur Tipis adalah sebagai berikut: Dari Kota Blitar silakan menuju Wlingi. Pertigaan RS Ngudiwaluyo Wlingi belok kiri mengikuti jalan hingga memasuki Desa Krisik.

Dari Pasar Krisik silakan ke timur menuju Pura Agung Arga Sunya. Selanjutnya dari Pura ambil arah ke timur menuju Dusun Barurejo. Pertigaan Pos Kamling kalau berbelok ke kiri ke Air Terjun Sabrang 4, Gumuk, dan Watu Tangis, ini ke kanan. Jadi titik perbedaannya di sini ya. Dari pertigaan Pos Kamling silahkan belok ke kanan untuk menuju Lungur Tipis.

Ikuti jalanan sampai pemukiman terakhir. Medan untuk menuju Lungur tipis tidaklah mudah. Dari pemukiman terakhir kalian harus masuk jauh ke dalam hutan. Berdasarkan pengalaman, kami menempuh perjalanan kurang lebih 1 jam di dalam hutan dengan mengendarai motor trail. Setelah itu kami mencari jalan turun untuk menuju sungai (hal ini sedikit berbahaya, karena memang sebenarnya tidak ada jalan untuk turun). Pada titik ini, travelers sekalian harus benar-benar waspada karena berada di sebuah tebing yang tinggi. Setiba di sungai kalian masih harus melanjutkan perjalanan susur sungai kurang lebih selama 30 menit.

Air Terjun Lungur Tipis, Keindahan Tersembunyi di Belantara Krisik Blitar 10

Perjalanan di dalam hutan.

Air Terjun Lungur Tipis, Keindahan Tersembunyi di Belantara Krisik Blitar 11

Perjalanan susur sungai.

Air Terjun Lungur Tipis, Keindahan Tersembunyi di Belantara Krisik Blitar 12

Di atas puncak Air Terjun Watu Tangis.

Kami sarankan jangan ke sini!! (Jika hanya coba-coba dan tanpa persiapan yang matang). Lingkungan air terjun ini masih benar-benar alami dan belum ada jalan setapak untuk menjangkaunya. 🙏

Keindahan Air Terjun

Air Terjun Lungur Tipis sama derasnya dengan Watu Tangis, tapi lebih tinggi. Aliran airnya tidak langsung jatuh, namun sedikit merambat. Pada tebing air terjun terdapat permukaan yang sedikit membelok sehingga turut membuat air yang merambat sedikit berbelok.  Air terjun ini benar-benar masih alami. Vegetasi di sekelilingnya juga sangat alami.

air terjun lungur tipis blitar

Air terjun yang menjulang tinggi.

Air Terjun Lungur Tipis, Keindahan Tersembunyi di Belantara Krisik Blitar 13

Keindahan air terjun.

Sejarah

Selain Lungur Tipis, masyarakat setempat mengenal air terjun ini dengan nama Ngondoan. Konon dahulu di sekitar area ini terdapat tangga yang cukup tinggi untuk membantu masyarakat yang mencari kayu. Karena terdapat tangga (dalam Bahasa Jawa disebut Ondo), maka area ini disebut Ngondoan.


Writer: Hadi

Participants: Hadi, Didik

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!