Skip to content

Wisata Ondo Sewu Blitar

Wisata Ondo Sewu secara administratif terletak di Desa Pagergunung, Kecamatan Kesamben, Kab. Blitar. Ondo Sewu merupakan wisata buatan yang memanfaatkan keindahan panorama Perbukitan Kajang dengan view pegunungan di timur Blitar seperti Gunung Kelud, Kawi, Puncak Rikmo, dan Gogoniti. Jika cuaca cerah, Ondo Sewu cocok untuk dijadikan spot menikmati sunrise dan sunset.

Selain menyuguhkan view pegunungan, di Ondo Sewu juga terdapat sejumlah spot untuk berfoto. Fasilitas yang disediakan juga cukup memadai seperti warung penjaja makanan dan tempat duduk untuk sekedar melepas letih setelah menapaki banyak anak tangga. Travellers juga bisa bermain air di sungai kecil yang berasal dari sumber mata air di dekat Wisata Ondo Sewu. Lebih dari itu, setiap hari Minggu diselenggarakan atraksi wisata berupa kesenian Jaranan di sini.

Ditilik dari namanya, Ondo Sewu terdiri dari dua kata yakni “ondho” yang berarti tangga, dan “sewu yang berarti seribu (atau biasanya dikiaskan untuk menyebut satu jumlah yang banyak). Nah, oleh karena itu bila ingin menikmati view di Puncak Ondo Sewu, travelers sekalian harus menapaki banyak anak tangga terlebih dulu.

Dari Blitar, wisata Ondosewu bisa dituju dengan mengarahkan perjalanan ke arah Malang. Setelah Terminal Kesamben, arahkan perjalanan ke timur. SDN Pagergunung 01 lurus saja sekitar 100 m akan dijumpai pertigaan kecil di kanan jalan. Silahkan belok kanan menuju Dusun Pehlumbu. Akses jalannya sangat mudah dan bisa dilalui kendaraan roda empat. Ayo kunjungi Ondo Sewu 😀


Writer : Wahyuprass

Photographer : Lina

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *