Skip to content

Pendakian Gunung Buthak, Menuju Puncak Tertinggi di Blitar (via Sirahkencong)

gunung buthak blitar

Gunung Buthak 2868 m dpl merupakan puncak tertinggi dari rangkaian Pegunungan Kawi. Gunung yang terletak di perbatasan Blitar – Malang – Batu ini adalah puncak tertinggi tidak hanya di Blitar melainkan juga di Eks-Karesidenan Kediri (Blitar – Kediri – Nganjuk – Trenggalek – Tulungagung). Selama ini jalur pendakian yang popular untuk menuju Puncak Buthak adalah dari Panderman Batu, Keraton Gunung Kawi, atau Princi Dau, padahal sebenarnya ada jalur lain yang tidak kalah seru, yakni via Sirahkencong Blitar. Oleh karenanya, perjalanan kali ini kami dedikasikan untuk mempopulerkan jalur pendakian Gunung Buthak via Blitar.

Kami memulai perjalanan pada tanggal 31 Desember 2015. Pagi-pagi sekitar pukul 08.00 WIB kami bertolak dari Blitar menuju ke Perkebunan Teh Sirahkencong melalui Pijiombo karena kondisi jalannya lebih mudah ketimbang via Semen. Kami sampai di Pos Perijinan Sirahkencong sekitar pukul 09.30 WIB. Di sana kami mendaftarkan diri dengan menulis nama anggota dan meninggalkan KTP salah satu dari kami. Setelah beres kami makan pagi di Puncak Pecel Bu Tia untuk mengisi energi dengan menu andalannya yaitu pecel + plus telor dadar dan segelas teh hangat. Setelah semua siap, pendakian pun dimulai pada pukul 10.00 WIB.

pendakian gunung buthak via sirahkencongJalur awal pendakian dari Perkebunan Teh Sirahkencong

Untuk sampai puncak, nantinya kami akan melewati Brak Papat; Ukirnegoro; dan lima pos pendakian. Dari Pos Perijinan sampai puncak treknya nanjak terus, orang-orang menyebutnya dengan tanjakan setan. Hehehehe 😀 Fisik yang prima benar-benar diperlukan dalam pendakian ini.

Estimasi waktu tempuh dari pos ke pos adalah sebagai berikut :

Pos Perijinan – Brak Papat: 1 jam

Brak Papat – Ukir Negoro: 30 menit

Ukir – Pos 1: 1,5 jam

Pos 1 – Pos 2: 2 jam

Pos 2 – Pos 3: 1 jam

Pos 3 – Pos 4: 1,5 jam

Pos 4 – Pos 5: 2 jam

Pos 5 – Puncak 30 menit

(mungkin setiap orang memiliki waktu tempuh yang berbeda-beda)

brak papatBrak Papat (1340 m dpl) merupakan bentang luas perkebunan teh. Biasa digunakan untuk transit/ ngecamp. Perbatasan perkebunan teh dengan hutan heterogen disebut Ukir Negoro.

Karena turun hujan, kami putuskan untuk ngecamp di Pos 1, dan melanjutkan pendakian kembali pada esok hari. Pada Tanggal 1 Januari 2016 sekitar pukul 08.00 WIB, kami melanjutkan pendakian.

pos I gunung buthakPos 1 Gunung Buthak (1700 m dpl) kondisi tanah sangat lembab karena berada di dalam hutan.

pos II gunung buthak Pos 2 Gunung Buthak

pos III gunung buthak Pos 3 Gunung Buthak

pos IV gunung buthakPos 4 Gunung Buthak (2500 m dpl)

Jalur pendakian mulai dari Pos 3 hingga ke Pos 5 sungguh berat. Selain medannya yang terjal, jalur pendakiananya juga tidak terlihat karena hutannya habis terbakar dan longsor. Di beberapa titik jalurnya tertutup pohon tumbang bekas terbakar. Kejelian dan kehati-hatian sangat diperlukan agar tidak tersasar. Kami menggunakan tali webing untuk memudahkan pendakian.

jalur pendakian guung buthak

pendakian gunung buthak via blitarSetelah melalui pendakian yang berat akhirnya kami sampai di puncak sekitar pukul 15.00 WIB. Kondisi Puncak Top Buthak merupakan tanah lapang yang cukup luas. Bisa lah buat nampung banyak tenda, tapi anginnya sangat kencang sehingga pasak tenda harus terpasang dengan kuat.

Kala itu kondisi puncak sedang hujan. Kami segera mendirikan tenda biar gak lama-lama kehujanan. Untungnya Mas Eko dari Froggies Adv yang sudah terlebih dahulu ngecamp segera sigap membantu, sehingga tenda kami dapat berdiri lebih cepat. Setelah selesai mendirikan tenda kami mengganti pakaian karena basah. Selanjutnya Mas Eko mengajak kami membuat api untuk menghangatkan badan karena kondisi di puncak sangat dingin. Tak lama kemudian sam-sam dari Ngalam juga ikut nimbrung bercengkrama dengan kami sambil bakar pisang.

Sambil membakar pisang kami sempat putus asa karena dari siang cuacanya hujan dan berkabut. Tapi kuasa Tuhan berkehendak lain. Tiba-tiba langit cerah dan kami mendapatkan sunset di Puncak Buthak. Alhamdulillah.. Rejeki nomplok.

buthak 2868 m dpl

sunset puncak buthakCuaca cerah berlangsung hingga pagi harinya. Sunrise pun kami lalui dengan semarak, view gunung-gunung di Jawa Timur seperti Mahameru, Arjuna-Welirang, Wilis, dan Kelud semakin membuat suasana pecah.

sunrise puncak buthakMatahari terbit di balik Mahameru

puncak gunung buthak blitarSabana Puncak Gunung Buthak dengan latar belakang Arjuno Welirang

let's share pucak buthak blitarKelud (depan) Wilis (belakang)

pemandangan alam dari puncak buthakBatas horizon hingga pesisir selatan Pulau Jawa

Mumpung cuaca cerah kami sempatkan untuk mampir ke Punden Mbah Kawi di timur puncak. Bentuk punden ini khas seperti candi-candi di gunung. Jika punden ini adalah peninggalan sejarah, maka punden ini akan menjadi peninggalan sejarah dengan letak tertinggi di Blitar. Selanjutnya kami ke sendang untuk mengisi perbekalan air, kemudian menjelajahi sabana di utara puncak.

punden mbah kawiPunden Mbah Kawi

sendang gunung buthakSendang

sabana gunung buthakSabana Puncak Buthak

Setelah melalui hari-hari yang mendebarkan dan menakjubkan, akhirnya kami menyudahi pendakian ini. Tak terasa 3 hari 2 malam sudah kami melaluinya. Sabtu malam kami sudah tiba di Blitar.

travellers di puncak buthak

kebersamaan di puncak buthakKebersamaan dengan para pendaki lainnya

Pendakian Gunung Buthak via Sirahkencong ini benar-benar memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Ayo bagi kalian yang suka tantangan, bisa dicoba nih treknya. Safety first 😀

Writer : Dafid

Editor : Bagus

Photographer : Dafid

Participan : Bagus, Dafid, Aima

2 Comments

1. pri pri

Mas/Mbak untuk tanda pada tiap Pos (1-5) itu jelas semua ya Mbak/Mas. Dan untuk sendang posisi ada di Puncak Top Buthak atau dimananya?

trima kasih
    priaisy (@facebook)

2. Jika belum ada perubahan tandanya cukup jelas seperti difoto. Posisi sendang ada di sekitar padang sabana