Skip to content

Happy 7 Year Travellers

7th travellersTujuh tahun bukanlah waktu yang singkat dalam cerita perjalanan ini. Tujuh tahun ini bukan hanya milik para founder, namun milik semua generasi D’Travellers. Berbagai keberhasilan dan kegagalan dalam perjalanan telah mewarnai masa muda dan mendewasakan kami.

19 Januari 2009 di puncak bukit Maskumambang Selomangleng Kediri, 6 pemuda dari Blitar mengucap janji persahabatan dengan mendirikan D’Travellers, seperti Sanjaya yang mendirikan Lingga di puncak Kunjarakanja. Janji persahabatan ini awalnya bukan lah sebuah komunitas. Kalau bisa dibilang semacam geng dolan, dengan pak kepala geng Bokir (Achmad Wahyu Rizky). Namanya geng dolan, pasti kami memiliki sifat yang terbatas. Namun dari awal kami memang mendesain ini semua terbuka. Siapa saja bisa menyimak perjalanan kami melalui blog, bahkan bisa join trip melaui informasi yang kami bagikan di media sosial.

Semua terus berjalan begitu saja hingga perjalanan kami mulai mendapat banyak tanggapan positif. Namun bukan berarti cerita ini berjalan mulus mulus saja. Di tahun ke 4 hingga ke 5, kami berada di titik nadir. Dua tahun didera konflik internal kami berjalan tertatih tatih. Bahkan bisa dibilang hampir bubar. Kalau dari luar sih kelihatannya emang tenang tenang aja. Oleh karena itu meski panas di dalam tapi untuk urusan trip dan hubungan dengan teman teman tetap berjalan dengan baik.

Berawal dari kebesaran hati dan tekat untuk bersatu kembali, maka kami mulai berbenah dari dalam dan luar. Di pertengahan tahun ke lima, tepatnya 25 Juli 2014 D’Trav mengangkat TravellersF sebagai generasi penerus. TravellersF adalah peletak dasar revolusi dalam tubuh D’Trav. Sesuai dengan huruf F yang merupakan singkatan dari Foundation, TravellersF merupakan pondasi awal untuk membumikan D’Trav. Kami yang awalnya semi tertutup akhirnya mulai membuka diri. Makna D’Travellers tidak lagi hanya melekat pada 6 founder, namun lebih luas lagi. Sembari TravellersF menggaet banyak teman untuk bergerak bersama mempromosikan wisata Blitar, para founder dari dalam melakukan konsolidasi untuk menyelesaikan konflik internal.

Syukurlah sebelum taun yang ke enam semua konflik dapat terselesaikan. Oleh karenanya dalam logo ulang tahun yang ke 6 terdapat tulisan “Unity Together” sebagai makna bahwa D’Travellers telah bersatu kembali.

Iklim positif terus berlanjut. Keterbukaan D’Travellers membawa dampak yang baik. Semakin banyak teman-teman baru yang memberi tanggapan positif pada D’Trav. Bahkan bisa dibilang teman-teman baru kami ini memiliki kecintaan terhadap D’Trav yang melebihi kecintaan para founder. Banyak masukan dan ide ide kreatif dari teman-teman D’Trav. Ide-ide itu berhasil dieksekusi dengan apik sehingga membuahkan kagiatan-kegiatan positif seperti gatering hingga bakti wisata.

Untuk menghargai teman-teman yang kreatif dan berdedikasi tinggi, pada 16 September 2015 D’Trav kembali mengangkat generasi baru yakni GTravellers. Generasi baru ini bukan bertujuan untuk menggantikan generasi yang lama, melainkan untuk saling bersinergi menggerakkan D’Travellers mempromosikan pariwisata di Blitar dan sekitarnya.

Makna D’Travellers tidak hanya berhenti pada Trav09 TravF maupun GTrav, namun makna itu lebih luas lagi. Semua teman yang bersinergi adalah D’Trav juga. Aku, kamu, kita, kalian semua adalah D’Trav. Baik para admin atau member kita semua adalah D’Trav tanpa perbedaan. Adanya admin hanyalah untuk mengatur agar ide-ide kreatif dapat tertampung dan terlaksana dengan teratur. Kini D’Trav bukan lagi hanya sekedar cerita perjalanan, namun juga merupakan wadah. Emm.. bukan, bahkan lebih dari itu. D’Travellers adalah keluarga.

Inilah cerita singkat perjalanan D’Travellers dalam kurun waktu tujuh tahun. Tawa tangis konfilk adalah gimmick-gimmick persahabatan yang telah atau akan mendewasakan kami.

Fakta-Fakta seputar D’Travellers

  • D’Travellers berdiri pada tanggal 19 Januari 2009 bukan di Blitar melainkan di Kediri.
  • Awalnya D’Travellers di tulis dengan “The Travellers”
  • D’Travellers tidak hanya mempromosikan wisata Blitar namun juga wisata-wisata di Eks Karesidenan Kediri (Blitar, Kediri, Nganjuk, Trenggalek, Tulungagung) + sebagian kecil Malang.
  • Hampir semua sosmed D’Trav dibuat oleh A. M. Kusumawardani
  • Hampir seluruh logo dan mascot D’Travellers di buat oleh Riezta Aditya Herlambang (Kcing)
  • Huruf G pada GTravellers merupakan singkatan dari Ganendra, merupakan kata dari bahasa sansekerta yang berarti pasukan dewa. Nama ini diberikan oleh Muhammad Rofi’I (Upeck)
  • GTravellers memiliki dapur diskusi tersendiri bersama teman-teman kreatif dalam wadah Ganendra Brothers.
  • D’Travellers bergerak atas ide kreatif, tanpa AD ART atau birokrasi lain yang berbelit-belit.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *