Skip to content

Wisata Agro Sirah Kencong Blitar

sirah-kencongObyek wisata ini dikenal memiliki keindahan alam yang tiada duanya, dikenal menyimpan peninggalan benda cagar budaya yang adiluhung, dan dikenal pula memiliki medan yang menantang. Inilah Wisata Agro Sirah Kencong. Terletak pada ketinggian 1000 m dpl, secara administratif masuk dalam wilayah Desa Ngadirenggo, Kec. Wlingi, Kab. Blitar, berada dalam pengelolaan PT. Perkebunan Nusantara XII.

Wisata Agro Sirah Kencong berjarak sekitar 37 km dari Kota Blitar. Wisata agro ini dapat dituju melalui dua rute, yakni via Desa Semen dan via Desa Tegalasri. Rute Sirah Kencong via Desa Semen adalah sebagai berikut: Blitar – Wlingi – Pertigaan RS Ngudiwaluyo Wlingi belok kiri – Ikuti jalan hingga memasuki Desa Semen – Setelah Pasar Semen ambil percabangan ke kanan ke arah Sirah Kencong. Rute Sirah Kencong via Tegalasri adalah sebagai berikut: Blitar – Wlingi – Pertigaan Kawedanan Wlingi belok ke kiri – Pertigaan Tegalasri ke kiri – Ikuti jalan hingga tiba di Sirah Kencong. Baik via Semen maupun Tegalasri, keduanya merupakan medan gunung. Sehingga akan banyak dijumpai tikungan, tanjakan, dan turunan yang siap memacu adrenalin para traveler sekalian.

Apa saja sih yang ada di Wisata Agro Sirah Kencong? Wii.. Banyak sekali. Yang jelas ungkapan kami pada prolog di atas bukan isapan jempol belaka. Di Wisata Agro ini para traveler akan dimanjakan oleh indahnya panorama kebun teh, eloknya air terjun, gua, candi, dan masih banyak lainnya. Mari kita bahas satu persatu.

Kebun Teh Sirah Kencong

kebun-sirah-kencong-blitarPesona utama dari Wisata Agro Sirah Kencong memang terletak pada kebun tehnya. Kebun teh ini memiliki luas sekitar 219.15 ha. Luas banget kan :D. Saking luasnya, sejauh mata memandang semuanya tampak hijau. Benar-benar indah dan menenteramkan hati.

Kebun teh membentang pada bentang alam yang berbukit-bukit sehingga tampak semakin indah. Jalan setapak tempat lalu lalang para pemetik teh tampak seperti guratan-guratan indah yang berulir. Benar-benar menawan.

kebun-teh-sirah-kencong

wisata-agro-sirah-kencong

perkebunan-sirah-kencong-blitarUntuk memanjakan para traveler, pada beberapa spot kebun teh juga disediakan gazebo. Gazebo-gazebo tersebut menempati posisi-posisi dengan latar belakang pemandangan yang menakjubkan. Keren.

Air Terjun Sirah Kencong

air-terjun-sirah-kencongSelain kebun teh, wisata agro ini juga memiliki air terjun yang elok. Air Terjun ini memiliki beberapa nama seperti Air Terjun Tirta Kencana, Air Terjun Suro Tani, dan Air Terjun Sirah Kencong. Air terjun ini hanya berjarak 700 meteran dari Pabrik Pengolahan Teh. Untuk menjangkau air terjun sudah tersedia jalan setapak yang cukup nyaman, berbeda dengan pengalaman kami di tahun 2011 lalu dimana kondisi air terjun masih belum terkelola.

Air Terjun Sirah Kencong memiliki aliran yang tak terlalu deras. Aliaran airnya yang hanya merambat pada dinding tebing tampak menawan karena dikelilingi vegetasi hijau yang masih lebat.

Gua Kucing

Tak seberapa jauh dari Air Terjun Sirah Kencong terdapat beberapa gua. Lorong gua gua ini melingkar dan tembus membentuk huruf U. Di dalam gua masih banyak hewan liar seperti kelelawar dan ular. Gas amoniak di dalam gua juga sangat pekat, sehingga kami sarankan para traveler untuk berhati-hati jika ingin menyambangi gua-gua tersebut.

gua-sirah-kencongGua ini dikenal pula dengan nama Gua Kucing. Konon gua ini merupakan gua buatan, dan merupakan tempat persembunyian pada masa penjajahan maupun pada tragedi 65.

Candi Sirah Kencong (lihat pula di sini)

blitar-candi-sirah-kencongSeperti yang kami singgung di atas. Selain terkenal dengan keindahan alamnya, wisata agro ini dikenal pula dengan bangunan cagar budayanya, yakni berupa candi. Candi Sirah Kencong ditemukan pada tahun 1967 oleh para pekerja perkebunan. Ketika ditemukan, kondisi fisik candi telah runtuh dan tidak utuh lagi. Candi ini terdiri dari tiga bangunan pokok, yakni bangunan candi pertama yang terletak di sebalah utara, kemudian candi kedua di tengah, dan bangunan ketiga terletak di sebelah selatan. Ketiga bangunan tersebut menghadap ke arah Barat. Pada dinding candi terdapat beberapa relief yang unik. Relief tersebut tidak timbul seperti relief candi pada umumnya. Relief tersebut tergurat dangkal hanya seperti digores-gores saja. Berikut relief-relief yang terdapat di Candi Sirah Kencong:

relief-bubuksah-gagangaking-candi-sirah-kencongRelief Bubuksah Gagangaking. Digambarkan dengan seorang yang sedang duduk wajrasana. Tangannya direntangkan ke arah Harimau yang membuka mulut dan duduk di mukanya. Relief ini terdapat di candi pertama. Relief ini juga dapat diljumpai di Candi Penataran.

relief-samodramantana-sirah-kencongRelief Samudra Mantana. Digambarkan dengan dewa yang menyangga naga, tiap-tiap naga disangga oleh lima dewa. Relief ini terdapat pada candi ke dua. Relief ini juga dapat diljumpai di Candi Penataran.

relief-bimosuci-sirah-kencongRelief Bima. Digambarkan degan tokoh bertubuh besar. Kemungkinan kisah ini merupakan penggalan cerita Bimasuci. Relief ini terdapat pada candi ke tiga.

arca-sirah-kencongDi luar komplek candi, tersimpan pula beberapa benda diduga cagar budaya seperti umpak, kemuncak dan arca dwarapala. Benda-benda ini terletak pada vila didepan Pabrik Pangolahan Teh.

Jalur Pendakian Gunung Buthak via Sirah Kencong

jalur-pendakian-gunung-buthakSirah Kencong juga merupakan salah satu jalur pendakian menuju Gunung Buthak. Oleh karenanya di sini terdapat pula pos peristirahatan Brak Papat.

brak-papatBrak Papat adalah pos peristirahatan sebelum para pendaki memulai pendakian menuju Gunung Buthak via Sirah Kencong. Brak Papat berupa hamparan kebun teh yang luas, terletak pada ketinggian 1340 m dpl. Perbatasan antara kebun teh dengan hutan di sebut Ukir Negoro. Setelah melewati Ukir Negoro para pendaki masih harus melewati 5 pos lagi sebelum mencapai puncak. Gunung Buthak merupakan puncak tertinggi dari rangkaian Pegunungan Kawi. Memiliki ketinggian  2868 m dpl dan merupakan puncak tertinggi di Eks. Karesidenan Kediri (Blitar, Kediri, Nganjuk, Trenggalek, Tulungagung).

Bagaimana, keren kan? Itu lah tadi ulasan mengenai Wisata Agro Sirah Kencong. Bagi para traveler yang penasaran, langsung saja datang ke mari. Tak perlu ragu, kalian hanya perlu merogoh kocek Rp 4.000,- untuk tiket masuk per orang, Rp. 3.000,- untuk mobil, dan Rp. 2.000,- untuk sepeda motor (tiket bisa berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan pengelola). Cukup terjangkau bukan. Ayo datang… Eh maaf ada yang ketinggalan.

rolas-ken-teaOiya ada yang kelewatan. Kalau ke Wisata Agro Sirah Kencong jangan lupa bawa oleh oleh ya. Di sini ada produk Teh Hitam Pemium merk Rolas dari Ken Tea. Ini produk asli dari Kebun Sirah Kencong lho. Produk ini bisa didapatkan pada kantin-kantin di sekitar wisata sirah kencong. Sudah 😛

Ayo datang beramai-ramai ke Sirah Kencong. Buktikan betapa mengasyikannya wisata Blitar. Blitar itu indah kawan. 😀

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *