Skip to content

Menyambangi Situs Sukosewu yang Semakin Cantik

blitar situs sukosewuSitus Sukosewu secara administratif terletak di Desa Sukosewu, Kecamatan Gandusari, Kab. Blitar. Letaknya berada tidak jauh dari Candi Kotes. Kalau dari arah utara (Jalan Sumberagung – Gandusari) kita tinggal mengikuti arah menuju Candi Kotes yang terpampang jelas di beberapa rambu jalan. Kalau dari arah selatan, situs ini terletak di utara Candi Kotes. Kebetulan dalam perjalanan kemarin kami berangkat dari selatan.

Dulu untuk menuju Situs Sukosewu agak membigungkan. Posisinya cukup terpencil, dan tidak ada rambu petunjuk apa pun untuk menuju situs ini. Syukurlah kini pengelolaan situs ini sudah dibenahi dengan menambah papan petunjuk arah menuju situs. Papan petunjuk pun didesain dengan bentuk yang menarik, sehingga para pengunjung yang lewat menjadi tertarik dan penasaran.

Kami pun menuju Situs Sukosewu dengan mengikuti rambu petunjuk tersebut. Sedikit mblusuk-mblusuk di kebon warga memang, tapi ending dari rute ini begitu memukau. Pemandangan hijau dan kolam-kolam yang indah terhampar dengan posisi situs berada di tengahnya. Selanjutnya dengan melewati lembah kecil yang syahdu, kami pun sampai di lokasi situs.

Situs Sukosewu terdiri dari beberap batu candi, semacam lapik arca, altar, dan, miniatur candi. Benda-benda cagar budaya itu terletak saling berdekatan. Keberadaanya diduga berkaitan dengan Candi Kotes dan situs-situs lain di sekitar Gandusari. Bentuk altar dan batu-batu candinya tidak jauh berbeda dengan batu-batu candi dari Desa Gadungan di utara Desa Sukosewu. Periodisasi situs terdekat dari situs ini, seperti Candi Kotes masuk dalam timeline sejarah Kerajaan Majapahit yakni 1223 Saka/ 1301 Masehi. Mungkin Situs Sukosewu berasal dari era yang sama.

sukosewu

situs sukosewuDi luar area Situs Sukosewu terlihat beberapa batu candi yang berserakan di sawah. Kuat dugaan bahwa sebenarnya situs ini menempati area yang lebih luas dari yang bisa kita lihat saat ini.

Area Situs Sukosewu sendiri terpelihara dengan rapi. Rerumputan dipangkas rapi, tanaman-tanaman hias ditata indah mengelilingi situs. Papan bertulisakan identitas “Situs Sukosewu” semakin melengkapi keindahannya. Lokasinya yang terpencil juga sangat cocok untuk menenangkan hati dan pikiran.

situs sukosewu blitar

travellers at situs sukosewuSudah pas, itu kesan kami. Situs mungil yang sederhana ini kini telah semakin cantik. Kapan kalian mulai meliriknya?


Writer : Feryan Herma Fauzi (Veri)

Editor : Galy Hardyta

Photographer : Feryan Herma Fauzi

Participant : Upeck, Veri

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *