Skip to content

Berjumpa Arca Mbah Bodho di Lingkungan Bodhoan, Blitar

Memasuki sebuah ruang gelap nan sempit, bau bauan minyak serimpi dan dupa menusuk tajam ke hidung. Masih di tempat yang sama, dua buah arca dengan wajah seram tampak berada dalam posisi siaga. Ini lah Arca Bodhoan, dua buah arca dwarapala yang terletak di lingkungan Bodhoan, Nglegok, Blitar. Dalam keseharian arca dwarapala oleh masyarakat awam memang disebut arca mbah bodho, oleh karenanya tidak menutup kemungkinan jika nama lingkungan Bodhoan diambil dari dua arca mbah bodho ini. Di Minggirsari Kanigoro juga ada arca dwarapala lain yang disebut Situs Mbah Bodho.

arca bodhoanAda yang unik dari Arca Bhodhoan Nglegok ini. Salah satu arcanya tampak unfinished, sedangkan yang satunya lagi tampak langka.

dwarapala bodhoanAda juga yang menganggap arca unfinished ini sebagai arca kera.

arca dwarapala bodhoan blitarLalu apa keunikan dari Dwarapala Bodhoan yang satu ini? Ayo coba kita cermati. Bagi yang sudah pernah mampir ke Dwarapala Singosari pasti bisa menebaknya.

Dwarapala Bodhoan ini memiliki detail yang hampir sama dengan Dwarapala Singosari di Malang. Lihat bentuk gadanya. Bukannya seperti gada dwarapala yang lazim kita temui di Blitar, gada yang satu ini malah dipahat berulir serupa dengan yang di Singosari. Cara pegang gadanya juga sama-sama dihujamkan ke bawah. Lanjut ke kalung tengkorak yang dikenakan arca ini. Ternyata sama bro, Dwarapala Singosari juga pake atribut tengkorak yang sama. Padahal kalau dwarapala-dwarapala di Blitar kebanyakan atributnya hanya berupa upavita. Melihat kesamaan salah satu Dwarapala Bodhoan dengan Dwarapala Singosari, mungkin keduanya memiliki latar belakang yang sama. Bisa saja arca Bodhoan ini berasal dari masa Kerajaan Singhasari seperti pada arca Dwarapala Singosari Malang. Atau setidaknya, arca Dwarapala Bodhoan mendapatkan pengaruh dari kebudayaan Tantrayana yang berkembang di masa Kerajaan Singhasari. Salah satu ciri aliran Tantrayana adalah adanya atribut tengkorak yang digambarkan cukup jelas.

Dwarapala berasal dari bahasa sansekerta yang bermakna penjaga pintu atau pengawal pintu gerbang. Apa kira-kira yang dijaga oleh kedua Dwarapala Bodhoan ini ya? Memang masih sebuah misteri, tapi kita bisa melihat kalau ada batu ambang pintu di depan keduanya.

arca bodhoan blitar


Writer : Galy Hardyta

Photographer : Zidny

Participant: Galy, Zid

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *