Skip to content

Ada yang Baru di Arca Mbah Bodho Minggirsari, Blitar

arca-mbah-bodho-minggirsari

Ada banyak arca mbah bodho di Blitar, salah satunya adalah Arca Mbah Bodho Minggirsari. Arca ini terlatak di tengah sawah, tak jauh dari tempat pemakaman umum Minggirsari.

Tampaknya kini Arca Mbah Bodho telah banyak mengalami perubahan. Dahulu arca ini teronggok begitu saja di tengah sawah tanpa adanya pelindung. Satu-satunya yang melindunginya adalah lantai cor yang mengubur sebagian kakinya. Syukurlah kini telah ada cungkup kecil untuk melindungi arca ini dari panas dan hujan.

arca-mbah-bodho-blitar

Arca Mbah Bodho terdiri dari dua buah arca dwarapala (arca penjaga). Sebagaimana wujudnya yang digambarkan dengan posisi jongkok siaga sambil memegang gada, fungsi arca ini memang sebagai penjaga tempat suci. Entah dulunya tempat suci apa yang Mbah Bodho ini lindungi, namun kini tempat itu belum di ketemukan. Tak jauh dari Minggirsari terdapat Desa Plosoarang yang juga memiliki banyak peninggalan sejarah. Mungkin saja arca ini berkaitan dengan benda-benda cagar budaya yang ada di Plosoarang. Mungkin juga tidak.

Berdasarkan keterangan-keterangan yang DTrav himpun. Menurut warga setempat dulu ada banyak arca di sekitar tempat Arca Mbah Bodho ini berada. Ternyata keterangan tersebut bukan isapan jempol belaka. Kini koleksi Situs Mbah Bodho bertambah meski hanya fragmen arca saja. Dari gurat gurat yang terlihat tampaknya fragmen ini merupakan bagian kaki arca.

fragmen-arca-mbah-bodho


Writer: Galy

Selftraveling

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *