Skip to content

Pantai Bangkong Blitar, Pantai yang Tidak Selalu Bisa Kalian Kunjungi

Bangkong merupakan salah satu pantai kecil yang terletak di Teluk Serang. Secara administratif masuk dalam wilayah Desa Serang, Kecamatan Panggungrejo, Kab. Blitar. Dari Pantai Serang kita tinggal naik ke gardu pandang kemudian terus ke selatan. Pantai Bangkong terletak di selatan Pantai Mesang Padang. Pantai ini merupakan pantai teluk kecil, tapi tidak setiap saat pantai ini bisa dikunjungi.

Dalam perjalanan terdahulu. Saat itu kami menuju Pantai Bangkong sekitar pukul 11.00 siang dan kami tidak bisa ke sana. Tau kenapa? Yup, pantainya sedang pasang. Seluruh pasir pantainya tertutup air, sehingga pantai ini hanya terlihat seperti teluk saja.

teluk pantai bangkongKondisi Pantai Bangkong saat pasang.

teluk bangkongSaat pasang Pantai Bangkung terendam air laut, sehingga terlihat seperti teluk tanpa pantai.

Di lain perjalanan, kini kami mencoba menuju Pantai Bangkong pada sore hari, sekitar pukul 14.30 WIB. Di tengah suasana yang masih tergolong panas ini kami harus menyusuri ladang tebu yang cukup lebat. Lumayan seru lah perjalanannya. Setalah menempuh waktu 15 menitan dari Pantai Mesang Padang akhirnya kami sampai di Pantai Bangkong.

Alhamdulillah pantainya surut. Pasir pantainya yang selama ini lebih sering tenggelam akhirnya bisa terlihat. Kami pun bisa menjejakkan kaki di sana. Benar-benar sensasi yang tiada duanya bisa menikmati keindahan pantai yang tidak selalu surut ini.

pantai bangkong bltar

pantai bangkongPantai ini semakin cantik karena dihiasi oleh berbagai batu karang yang indah. Tetapi kita harus berhati-hati bila ingin menyusurinya karena batu-batu tersebut sangat licin. Ini bisa dimaklumi karena pantai ini memang lebih sering terendam air laut, sehingga batuan karangnya banyak ditumbuhi lumut. Kita juga harus waspada terhadap bulu babi yang banyak bertebaran di pantai. Bulu babi itu tertinggal di pantai saat air laut surut.

rumput laut pantai bangkong

biota laut pantai bangkong

pantai bangkong blitar jawatimurSurut / pasatnya pantai ini dipengaruhi oleh gaya gravitasi Bulan. Oleh karenanya, untuk menuju pantai ini sebaiknya kita melakukan perhitungan kalender bulan (Qomariyah) terlebih dahulu.

Senang rasanya bisa menjejakan kaki di Pantai Bangkong, pantai yang tidak selalu bisa dikunjugi.


Writer : Feryan Herma Fauzi (Veri)

Editor : Galy Hardyta

Photographer : Feryan Herma Fauzi

Participant : Anggun, Dafid, Veri, Aghuff, Anisa, Herma, Titin

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *