Skip to content

Candi Ringinanyar, Satu Lagi Candi Bata di Ponggok Blitar

Arkeotraveler sekalian pasti telah mengenal Candi Kalicilik dan Candi Sumbernanas di Kec. Ponggok, Kab. Blitar. Ya, kedua candi tersebut sama-sama tersusun dari batu bata. Tau kah kalian jika di Kec. Ponggok masih ada candi bata lainnya. Candi tersebut adalah Candi Ringinanyar. Secara administratif candi ini masuk dalam wilayah Desa Ringinanyar.

Candi Ringinanyar telah dalam keadaan runtuh. Bata penyusunnya berserakan membentuk sebuah gundukan kecil. Pada gundukan bata tersebut di tumbuhi rerumputan dan pohon-pohon besar. Jika bersih mungkin keadaannya akan mirip dengan Candi Ampel di Tulungagung.

Jika travelers sekalian penasaran dengan Candi RInginanyar, langsung saja menuju ke lokasi. Patokan untuk menuju candi ini cukup mudah untuk diikuti. Jika kalian dari arah Kota Blitar arahkan perjalanan kalian ke Srengat. Perempatan Poluhan ke kanan (utara) arah ke Pare. Lanjutkan perjalanan ke arah Pasar Cangkring. Dari pasar lurus saja sampai masuk Desa Ringinanyar. Area persawahan Ringin Anyar lurus terus sampai memasuki pemukiman. Selanjutnya pelan pelan saja sambil mengamati sebelah kiri jalan. Jika kalian melihat ada gerombolan pohon-pohon besar, Candi RIngin Anyar berada di sana. Dari ruas jalan raya sudah ada jalan masuknya, ikuti saja jalan masuk tersebut hingga tiba di lokasi candi.


Writer: Galy Hardyta

Participants: Anggun, Galy

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *