Skip to content

Candi Sumbernanas Blitar, Bukan Sekedar Tumpukan Bata

Candirejo adalah sebuah desa yang terletak di Kec. Ponggok, Kab. Blitar. Sesuai dengan namanya, di desa ini memang rejo (ramai) dengan Candi. Kurang lebih ada dua bangunan candi dan sebuah situs di selatan pasar. Salah satu candinya berada di Dusun Rejoso, yakni Candi Sumbernanas.

Candi Sumbernanas tersusun dari bata. Candi ini kerap disebut dengan nama Candi Bubrah, ya para traveler sekalian bisa lihat sendirikan dari fotonya. Candinya sudah bubrah alias berantakan. Bagian yang tersisa adalah pondasi dan sumuran di tengah candi.

Candi Sumbernanas ditemukan kembali pada tahun 1919 saat tanah longsor akibat erupsi Gunung Kelud. Awalnya pada candi ini juga ditemukan arca Agastya, Brahma, dan Siwa Gajasura. Saat ini arca-arca tersebut disimpan di Museum Penataran. Berdasarkan temuan tersebut, diduga Candi Sumbernanas berlatar belakang agama Hindu.

Arca Agastya

Arca Brahma

Arca Siwa Gajasura

Pendapat ahli menyatakan bahwa arsitektur Candi Sumbernanas menunjukkan gaya peralihan dari langgam Jawa Tengah ke Jawa Timur. Atas dasar itu, diperkirakan candi ini berasal dari abad 10 – 11 Masehi.

Sumuran candi

struktur yang masih intac

Bagi para traveler yang ingin mengunjungi Candi Sumbernanas secara langsung, berikut rutenya: Kota Blitar – Ikuti arah ke Kediri – Perempatan Poluhan (Srengat) belok ke kanan ke arah Pare – Memasuki Desa Bacem perhatikan plang jalan di kanan jalan menuju Candi Kalicilik dan Candi Sumbernanas – Ikuti plang sampai ke lokasi candi. Semoga berhasil. Selamat bertualang di Blitar 😀


Writer: Galy Hardyta

Sumber:

  • Sedyawati E., Hariani S., Hasan D., Ratnaesih M., Wiwin D. Sudjana R., dan Chaidir A. 2013. Candi Indonesia: Seri Jawa. Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman, Direktorat Jendral Kebudayaan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Selftraveling

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *