Skip to content

Candi Sumbernanas Blitar, Bukan Sekedar Tumpukan Bata

candi sumbernanas

Candi Sumbernanas

Candirejo adalah sebuah desa yang terletak di Kec. Ponggok, Kab. Blitar. Sesuai dengan namanya, desa ini memang rejo (ramai) dengan Candi. Kurang lebih ada dua candi dan sebuah situs di selatan pasar. Salah satu candinya berada di Dusun Rejoso, yakni Candi Sumbernanas.

Riwayat Pelestarian

Candi Sumbernanas ditemukan kembali pada tahun 1919 setelah terjadi letusan Gunung Kelud pada tanggal 19 – 20 Mei. Lahar Kelud menyapu lapisan tanah yang sebelumnya memendam struktur candi. Selanjutnya keberadaan Candi Sumbernanas termuat pada laporan De Haan dalam Oudheidkundig Verslag tahun 1920. Candi Sumbernanas termuat pula dalam laporan Kegiatan Perlindungan dan Pembinaan Peninggalan Sejarah dan Purbakala Tahun 1984 – 1986.

Diskripsi Candi

Candi Sumbernanas tersusun dari batu bata. Struktur candinya menghadap ke barat. Sebenarnya candi ini bukanlah candi tunggal. Saat ditemukan kembali pada tahun 1919, terungkap bahwa Candi Sumber Nanas memiliki tiga candi perwara (candi pendamping) yang berada di depan candi induk, dan dilengkapi dengan pagar keliling. Di sekitar candi juga ditemukan arca Agastya, Brahma, Siwa Gajasura, lingga, peripih, dan yoni. Saat ini arca-arca dari Candi Sumbernanas disimpan di Museum Penataran. Berdasarkan temuan tersebut, diduga Candi Sumbernanas berlatar belakang agama Hindu.

Candi Sumbernanas Blitar, Bukan Sekedar Tumpukan Bata 2

Arca Agastya

Candi Sumbernanas Blitar, Bukan Sekedar Tumpukan Bata 3

Arca Brahma

Candi Sumbernanas Blitar, Bukan Sekedar Tumpukan Bata 4

Arca Siwa Gajasura

Candi Sumbernanas terkadang disebut juga dengan nama Candi Bubrah. Ya para travelers sekalian bisa lihat sendiri dari fotonya. Candi tersebut sudah bubrah alias berantakan. Bagian yang tersisa adalah kaki candi dan sumuran di tengah candi.

Candi Sumbernanas Blitar, Bukan Sekedar Tumpukan Bata 5Sumuran candi

Candi Sumbernanas Blitar, Bukan Sekedar Tumpukan Bata 6

struktur yang masih intac

Sejarah

Arca-arca Candi Sumbernanas masih memperlihatkan corak Jawa Tegah yang secara periodisasi lebih tua dari corak Jawa Timur. Corak tersebut terlihat dari penggambaran arca yang lebih realistis dibandingkan dengan arca bercorak Jawa Timur. Berdasarkan fakta ini, Bosch dalam Oudheidkundig Verslag tahun 1920 berpendapat bahwa Candi Sumber Nanas diperkirakan berasal antara kurun waktu 829 Saka (907 M) merujuk pada Prasasti Kinwu sebagai prasasti bercorak Jawa Tengah tertua di Blitar; dan 1038 – 1144 Saka (1116 – 1222 M) jika merujuk pada periode berkuasanya Kerajaan Kadhiri yang bangunannya masih menunjukkan corak peralihan dari Jawa Tengah ke Jawa Timur.

Lokasi dan Rute

Bagi para traveler yang ingin mengunjungi Candi Sumbernanas, berikut alamatnya: secara administratif candi ini terletak di Dusun Rejoso, Desa Candirejo, Kec. Ponggok, Kab. Blitar. Candi Sumber Nanas berada tak jauh dari Candi Kalicilik yang juga berada di Desa Candirejo.

Rute untuk menuju Candi Sumber Nanas adalah sebagai berikut: Dari Kota Blitar ikuti arah ke Kediri – Perempatan Poluhan (Srengat) belok ke kanan ke arah Pare – SPBU Bacem masih lurus hingga menjumpai papan petunjuk arah ke Candi Kalicilik dan Candi Sumber Nanas – Ikuti arah yang ditunjukkan sampai tiba di lokasi candi. Semoga berhasil. Selamat bertualang di Blitar 😀


Writer: Galy Hardyta

Sumber:

  • Oudheidkundig Verslag 1920
  • Sedyawati E., Hariani S., Hasan D., Ratnaesih M., Wiwin D. Sudjana R., dan Chaidir A. 2013. Candi Indonesia: Seri Jawa. Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman, Direktorat Jendral Kebudayaan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Selftraveling

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!