Skip to content

Waduk Selorejo Malang

taman wisata selorejoWaduk Selorejo telah dikenal secara luas sebagai obyek wisata andalan di bagian barat Kab. Malang. Keindahan panoramanya memang sudah tidak diragukan lagi, terutama karena letaknya yang di apit rangkaian pegunungan. Dari Kelud, Kawi, hingga Anjasmoro semua mengelilinginya, namun view utamanya justru Gunung Selokurung di bagian barat waduk.

waduk selorejoWaduk Selorejo dengan latar belakang Gunung Selokurung

Waduk Selorejo secara administratif terletak di Dusun Selorejo, Desa Pandansari, Ngantang, Malang. Lokasinya berada di jalur strategis karena berada di dekat perbatasan tiga kabupaten yakni Blitar, Kediri, dan Malang. Dari Blitar, Waduk Selorejo dapat dituju dari arah Wlingi ke utara, kemudian melewati Krisik di Gandusari. Tak sebegitu jauh setelah meninggalkan Krisik kita akan sampai di Selorejo.

selorejo

jembatan gantung

bendungan selorejoWaduk Selorejo sungguh tepat untuk dijadikan tujuan rekreasi, sebab kawasan ini telah ditunjang fasilitas pendukung yang lengkap. Untuk keperluan rekreasi keluarga dan kantor, waduk ini menyediakan cottage-cottage, meeting room, dan kantin. Semuanya ditata dengan rapi dan menghadap ke waduk. Untuk wisatawan yang hobi beraktivitas di luar ruangan, di waduk ini juga telah disediakan camping ground, jungle track dan berbagai sarana olahraga. Benar-benar taman wisata yang lengkap.

nelayan selorejoAktivitas nelayan waduk

Selain sebagai taman wisata, waduk yang dikelola oleh Perum Jasatirta I ini juga dimanfaatkan untuk kepentingan irigasi, perikanan, dan pembangkit tenaga listrik. Dengan luas 650 ha, waduk ini mampu mengairi 5.700 ha area persawahan dan menyuplai kebutuhan listrik sebesar 49 juta kwh pertahun. Hal ini semakin menarik, sebab selain menikmati panorama alam wisatawan juga dapat menikmati aktivitas-aktivitas masyarakat di sekitar waduk.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *