Skip to content

Coban Jahe, Air Terjun yang Heroik

Berpetualang ke Malang memang gak pernah ada matinya. Selalu saja ada tempat-tempat unik yang bikin jatuh hati. Selain seru biasanya juga bikin nyandu. Nih buktinya kami sudah sampai Malang lagi, 😀 hehehe. Kemarin kami barusan dari Coban Pelangi dan dalam perjalanan kali ini kami menyambangi Coban Jahe. Kalau belum ke Coban Pelangi kami gak bakal tau kalau ada Coban Jahe 😛 . Semua ini gara-gara tanpa sengaja lihat plang bertuliskan Coban Jahe, ah jadi tau deh. Kalau sudah tau ya jadi penasaran. Kalau sudah penasaran ya langsung tancap gas 😛 .

Coban Jahe secara administratif terletak di Dusun Begawan, Desa Pandansari Lor, Kec. Jabung, Kab. Malang. Lokasi coban ini berada di kawasan Perhutani RPH Sukopuro Jabung. Dari arah Malang Coban Jahe dapat dituju melalui Tumpang. Setelah melewati gapura Kec.Tumpang kami sampai di pasar. Dari pasar tersebut kami lurus. Selanjutnya kami mulai memperhatikan rambu-rambu jalan, dan akhirnya plang Coban Jahe terlihat di kanan jalan. Dengan mengikuti arah yang ditunjukkan plang tersebut, Alhamdulillah kami sampai di Desa Pandansari Lor.

Selepas pemukiman terakhir, yang ada tinggallah jalan tanah yang terjal. Meski nggronjal-nggronjal tapi masih bisa dilalui kendaraan. Kira-kira sepeda motor bisa sampai lokasi dengan mudah. Kalau mobil ya tergantung drivernya. Kalau drivernya gak cukup nekat bisa-bisa putus asa di tengah jalan. Untungnya si Koje kadar nekatnya tinggi, jadinya kami bisa sampai di tempat parkir yang enak di samping TMP Kali Jahe. Selanjutnya kami melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.

road to coban jaheKurang lebih setelah 500 meter berjalan, kami sampai juga di kawasan Wana Wisata Coban Jahe. Wah ternyata lokasinya keren. Sudah ada penataan yang rapi, fasilitas-fasilitas pendukung wisata juga sudah tersedia. Ada warung, ada toilet, dan ternyata ada tempat parkir mobilnya boy. Ah tau gitu 🙁 .

Kantin Wana Wisata Coban Jahe

Ini :D Toilet Wajib Ada

Ini 😀 Toilet Wajib Ada

Setelah membeli tiket kami langsung bergegas menuju air terjun. Dan wow.. keren banget. Air terjunnya mengalir di antara tebing-tebing raksasa. Benar-benar istimewa :D.jalan coban jahe

Selain keren, air terjun ini juga memiliki area terbuka yang luas, sehingga kami bisa motret dari berbagai angel. Puas dah pokoknya. Keren gile!!!

coban jahe

coban begawanCoban Jahe dikenal juga dengan nama Coban Begawan karena terletak di Dusun Begawan

air terjun coban jaheDi balik keindahannya, ternyata air terjun ini menyimpan kisah heroik. Ceritanya begini, nama Jahe yang disematkan pada air terjun ini bukan berasal dari tanaman jahe, melainkan dari kata “pejahe”. Pejah adalah bahasa jawa yang berarti meninggal. Jadi “Pejahe” artinya “Meninggalnya”. Yang meninggal adalah para pasukan TRI Gagak Lodra yang dimakamkan di TMP Kali Jahe. Mereka gugur dibombardir Belanda di daerah tersebut saat akan melanjutkan perjalanan ke Lumajang. Kejadian tersebut berlangsung sekitar tahun 1947. 🙁 Hem.. mari kita tundukkan kepala sejenak untuk mengenang jasa mereka. Tanpa mereka air terjun ini tidak bernama Coban Jahe. Eh maksudnya, perjuangan mereka sangat berarti bagi kelangsungan kemerdekaan Indonesia.

TMP Kali JaheSenang sekali bisa sambang ke Coban Jahe. Ada makna yang bisa diambil dari perjalanan ini. Hem.. terimakasih Coban Jahe. Keindahan dan keheroikan kisahmu telah mengingatkan kami, bahwa tanpa perjuangan para pahlawan, kami tak akan menyambangimu sebagai orang yang merdeka.

travellers in coban jahe


Writer : Galy Hardyta

Photographer : Kcing & Meitika

Participant : Bokir, Galy, Kcing, Koje, Meitika, Lia

7 Comments

  1. Wah ya jauh banget bang 😀 tapi gak ada salahnya juga kalau mampir

  2. heeemm air terjun selalu pengen aq kunjungi…
    info2 dari blog ini bagus semua tentang wisata yang uda di kenal atau pun yg tersembunyi….

  3. wah, sekarang udah bagus ya lokasinya.. dulu tahun 2012 belum ada kantinnya, dan masih belum ada jalan setapak yang tertata seperti itu.. keren..

  4. ali ali

    makasih review nya … langsung tancap gas menuju Coban Jahe 😀

  5. Sama sama. Semoga lancar agenda travellingnya 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *