Skip to content

Tumpeng Agung Nusantara, Blitar

Tumpeng Agung Nusantara merupakan sebuah event budaya yang digagas oleh Lembaga Pelindung dan Pelestari Budaya Nusantara (LP2BN). Dalam event ini Tumpeng Agung dikirab dari Situs Umpak Balekambang menuju Komplek Candi Penataran, Nglegok, Blitar. Event ini pertama kali diselanggarakan pada 27 Juni 2012. Pada tahun-tahun berikutnya, Tumpeng Agung Nusantara tetap di selenggarakan setiap 27 Juni, karena bertepatan dengan berdirinya Candi Penataran pada 27 Juni 1197.

ritual tumpeng di umpak balekambangSebelum dikirab, terlebih dahulu Tumpeng Agung diritualkan di Situs Balekambang

tumpeng agung nusantara blitarTumpeng Agung

tumpeng agung nusantara di situs balekambangSuasana ritual Tumpeng Agung di Situs Umpak Balekambang, Desa Modangan, Nglegok. Situs Umpak Balekambang dipercaya sebagai pesanggrahan para pembesar kerajaan maupun para pemuka agama, sebelum melakukan ibadah di Candi Penataran.

tumpeng agung nusantaraTumpeng dikirab dari Situs Balekambang menuju Candi Palah Penataran. Menggambarkan integrasi masa lalu dari kedua situs tersebut.

arak-arakan tumpeng agung nusantaraArak-arakan pengiring Tumpeng Agung

tumpeng sampai di candi palahTumpeng Agung sampai di Candi Penataran

tumpeng agung nusantara di candi penataranAcara puncak Tumpeng Agung Nusantara di Candi Penataran

Gelaran Tumpeng Agung Nusantara menyiratkan pesan, agar kita mau melestarikan budaya luhur yang sudah diturunkan oleh para pendahulu. Istilah Jawa-nya adalah “Nguri-uri budoyo”. Sebagai generasi penerus, sudah selayaknya kita turut menjaga dan melestarikan budaya luhur ini.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *