Skip to content

Gua Lowo Sukoanyar Blitar, Pesona yang Disembunyikan

Ternyata Gua Lowo tidak hanya ada di Trenggalek lho, Blitar juga punya bro. Ada dua malahan, yang satu Gua Lowo yang di Ngadipuro, dan yang satu Gua Lowo Sukoanyar. Emang dasar nama pasaran, jadi mungkin di Blitar atau pun di daerah lain masih ada Gua Lowo – Gua Lowo lainnya.

menuju gua lowo blitarGua Lowo yang kami tuju dalam perjalanan kali ini adalah Gua Lowo Sukoanyar. Gua ini terletak di lereng Gunung Kajang. Secara administratif Gua Lowo Sukoanyar masuk dalam wilayah Dusun Sukoanyar, Desa Pagergunung, Kesamben, Blitar. Rute untuk menuju Gua Lowo sebagai berikut: Blitar – Kesamben – Kalilegi – Setelah tanjakan Kalilegi ketemu jalan ke kanan di samping jalan raya – Turun dari jalan raya dan menuju Dusun Sukoanyar – selanjutnya mengikuti jalan hingga pemukiman terakhir.

Untuk menuju gua, kami harus melakukan pendakian ke Gunung Kajang. Oleh karenanya, terlebih dahulu kami menitipkan kendaraan di rumah warga, kemudian melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Namanya gunung, jadi ya menanjak medannya. Untuk vegetasinya memang tak begitu rapat, paling-paling hanya pohon-pohon meranggas dan bambu. Selama perjalanan kami menemui bebrapa percabangan, percabangan pertama belok kiri, percabangan ke dua lurus.

Akhirnya setelah pendakian selama 15 menit, kami pun tiba di Gua Lowo. Hem.. tapi gak jelas guanya. Hanya ada bongkahan batu besar yang dicoret-coret (bekas-bekas vandalisme). Setelah ditelusuri, Mas Veri, ternyata ada mulut gua di bawah batu tersebut. Mulut guanya ditutup dengan batu yang di semen, dan hanya memiliki lubang kecil yang berteralis.

tampak luar gua lowoTampak luar

mulut gua lowo sukoanyarMulut Gua

Untuk menjawab rasa penasaran, kami memberanikan diri untuk masuk ke dalam gua. Setelah masuk ternyata gelap banget, malah banyak kelelawarnya pula. (Namanya juag Gua Lowo = Gua Kelelawar hehehehe 😀 ). Untung pake headlamp, jadi saya bisa liat-liat kondisi di dalam Gua.

SubhanAllah.. Ternyata Gua Lowo Sukoanyar ini begitu indah. Luasnya sekitar 7 x 8 meter dan tingginya sekitar 5 meter. Dinding guanya yang berlekuk-lekuk semakin menambah daya tarik gua ini. Tapi kenapa ya? Kok gua yang seindah ini justru di tutup?? Apa yang coba disembunyikan dari gua ini??

gua lowo sukoanyar

gualowo sukoanyar

gua lowo blitarSampai sore kami disana, tetap saja belum ada jawaban yang muncul. Saat tersadar matahari sudah mulai tenggelam, kami pun bergegas tanpa sempat menanyakan pada warga mengenai penutupan gua ini. Padahal sayang lho potensinya..

Bila teman-teman punya info mengenai penutupan Gua Lowo Sukoanyar tolong kirim komen di bawah ya.. Perjalanan ini memang sudah berakrhir. Tapi penelusuran Gua Lowo masih baru dimulai di sini.

sunset di bukit kajang


Writer : Adon

Editor : Galy Hardyta

Photographer : Adon

Participant: Adon, Very, Nia Yusuf, Lia

4 Comments

  1. mantaf … kordinasikan dengan dinas pariwisata kab blitar … utk kelanjutannya …

  2. Ize Ize

    pentutupan oleh kkn skitar tahun 1998, alasan waktu itu bisa di jadikan sarang burung walet ama burung sriti

  3. Davit Septiyan Davit Septiyan

    Denger denger sih dulu ada siluman ular

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *