Skip to content

Situs Semen Kediri dengan Benda Cagar Budayanya yang Ikonik

Sempat menghebohkan di tahun 2009, Situs Semen Kediri sebenarnya bukan lah temuan baru. Situs yang terletak di sekitar aliran Sungai Mantren, Desa Semen, Kec. Pagu, Kab. Kediri ini ditemukan pada tahun 1974 namun ditimbun kembali.  Pada tanggal 11 November 2009 temuan digali kembali dan dilaporkan pada pihak berwenang. Berdasarkan laporan tersebut, BPCB (dulu BP3) dan Dinas setempat melakukan observasi.

Pada Situs Semen dapat dijumpai sejumlah benda cagar budaya (BCB) yang beraneka ragam. Yang ikonik adalah dua buah jaladwara dan sebuah arca Dewa Wisnu menunggang Garuda (Garuda Wisnu Kencana). BCB lainnya ada: pipisan, umpak, lumpang, fragmen wadah, yoni, dan struktur bangunan.

Jaladwara merupakan komponen bangunan yang berfungsi untuk mengalirkan air. Jaladwara Situs Semen cukup unik karena berbentuk naga. Keberadaan jaladwara selain bisa ditemukan pada bangunan candi, biasanya juga dapat dijumpai pada bangunan patirtaan. Mungkin Situs Semen ini merupakan sebuah patirtaan mengingat letaknya berada di sekitar sungai dan ditemukan pula struktur parit.

Berdasarkan temuan Arca Garuda Wisnu Kencana dan adanya yoni, diduga Situs Semen berlatar belakang agama Hindu. Garuda merupakan makhluk mitologi Hindu, begitu pula Wisnu merupakan salah satu dewa tertinggi dalam Agama Hindu. Yoni merupakan simbol wanita sekaligus penggambaran Parwati istri Dewa Siwa.

Situs Semen terletak tak jauh dari Simpang Lima Gumul (SLG). Dari SLG silahkan ambil arah ke Pamenang/ Jombang/ Surabaya. Arca Totok Kerot lurus saja sampai mentok kemudian belok kiri hingga mentok lagi belok ke kanan. Setelah itu sudah ada papan petunjuk menuju situs.


Writer: Galy Hardyta

Sumber:

  • Riyanto, S., H. Priswanto, dan T.M.R, Istari. 2015. Berita Penelitan Arkeologi Situs Tondowongso, Keruangan, Kronologi, dan Lingkungan. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Balai Arkeologi Yogyakarta.

Participant: Anggun, Galy

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *