Skip to content

Prasasti Rejowinangun dan Situs Plosorejo Blitar Saling Berkaitan?

Di sepanjang jalur menuju Kampung Coklat Blitar ada beberapa peninggalan sejarah masa klasik yang menarik untuk kunjungi. Ada Prasasti Rejowinangun dan Situs Plosorejo. Prasasti Rejowinangun secara administratif terletak di Desa Rejowinangun, Kec. Kademangan, Kab. Blitar, bersebelahan dengan Desa Plosorejo tempat Situs Plosorejo berada.

Prasasti Rejowinangun

Kondisi prasasti Rejowinangun tampak polos tanpa tulisan, entah ini karena telah aus atau memang belum sempat ditulisi, hal ini memerlukan penelitian lebih lanjut. Prasasti ini hanya dikenali dari bentuk batunya yang khas, serta lingkaran tempat lancana raja biasanya dibubuhkan. Saat ini Prasasti Rejowinangun terletak di halaman Masjid At-Ta’awun, dijadikan sebagai tugu peresmian masjid. Masjid At-Ta’awun sendiri terletak tak jauh dari perbatasan Desa Rejowinangun dengan Plosorejo. Antara Masjid At-Ta’awun dengan Situs Plosorejo hanya terpaut jarak 600an meter.

Situs Plosorejo

Lapik dengan hiasan Padma

Situs Plosorejo sendiri terdiri dari benda cagar budaya berbentuk lapik dengan hiasan padma (teratai). Ditilik dari bentuknya yang persegi panjang, ini bukan lapik arca. Mungkinkah ini lapik dari Prasasti Rejowinangun? Apakah Prasasti Rejowinangun dan Situs Plosorejo saling berkaitan? Jika kalian tau atau memiliki info lebih, jangan sungkan untuk menyampaikannya di kolom komentar.

Info: Pada tahun 2015 pernah ditemukan struktur bangunan dari bata di Desa Plosorejo. Di duga masih ada sejumlah benda cagar budaya yang masih terpendam di sekitar Situs Plosorejo


Writer: Galy Hardyta

Participant: Anggun, Galy

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *