Skip to content

Pantai Brumbun Tulungagung dengan Pemandangan Teluk yang Mempesona

Pantai yang satu ini memiliki pemandangan teluk yang begitu menawan. Inilah Pantai Brumbun. Secara administratif Pantai Brumbun terletak di Desa Ngrejo, Kecamatan Tanggunggunung, Tulungagung. Pantai ini berada kurang lebih 22.5 km di selatan pusat Tulungagung.

Pantai Brumbun merupakan pantai utama di Teluk Brumbun, namun pantai ini bukanlah satu satunya pantai yang terhampar di sini. Di sekitar Pantai Brumbun terdapat pantai-pantai lain seperti Pantai Sawahan Ombo, dan Pantai Gerangan. Sebenarnya masih banyak lagi pantai pantai kecil hingga ke Sioro, namun berbeda rute.

Rute menuju Pantai Brumbun adalah sebagai berikut: Tulungagung – Campurdarat – Lampu Merah Polsek Campurdarat ke selatan ke arah Pantai Popoh – SMAN Campurdarat belok ke kiri arah Telaga Buret – Ikuti terus jalanan hingga naik ke atas gunung sampai menjumpai papan petunjuk arah menuju Pantai Brumbun dan Sioro – Selanjutnya kalian tinggal mengikuti petunjuk arah yang tersedia. Jangan khawatir, petunjuk arah menuju Pantai Brumbun cukup lengkap dan ada di setiap percabangan jalan. Pantai ini dapat di akses baik menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Kondisi jalannya sudah beraspal hingga ke pantai. Namun kalian perlu waspada karena di beberapa titik ada jalan yang rusak. Untuk konturnya cukup menantang, jalannya berkelok-kelok naik turun khas jalanan pegunungan. Tepat sebelum tiba di pantai terdapat turunan yang curam.

Tak perlu buru-buru untuk turun ke pantai. Dari ketinggian kalian akan disuguhi pemandangan teluk yang mempesona. Selain bentuk teluknya yang berkelok-kelok indah, kalian juga dapat melihat perahu-perahu nelayan yang berjajar rapi di sepanjang teluk. Untuk menikmati keindahan tersebut sudah tersedia sejumlah gazebo, jadi kalian dapat menikmati pemandangan dengan nyaman. Setelah puas kalian bisa melanjutkan perjalanan dan merasakan sensasi Pantai Brumbun yang sebenarnya.

Pantai Brumbun memiliki pasir berwarna cokelat. Ombaknya sangat tenang. Sejauh mata memandang kalian dapat menyaksikan perahu-perahu nelayan yang menghiasi pemandangan teluk. Karena banyak nelayan, kalian juga dapat melihat mereka berlalu-lalang melakukan berbagai aktivitas. Di sekitar pantai juga terdapat sejumlah pohon kelapa, sehingga suasana pantai ini begitu hidup. Fasilitas pendukung seperti toilet, kamar mandi, dan Masjid juga tersedia di sini. Benar-benar kombinasi yang pas.

Bagaimana apakah kalian sudah tidak sabar untuk menyambangi Pantai Brumbun? Ayo, jangan tunda lagi. 😀 Tiket masuk menuju pantai ini juga cukup terjangkau yakni sebesar Rp. 5.000,- (*harga tiket dapat berubah sesuai kebijakan pengelola)


Writer : Galy Hardyta

Participant : Anggun, Galy

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *