Skip to content

Kekunaan Gandusari Blitar dan Upaya Pelestariannya

Kekunaan Gandusari, begitu DTrav menyebut sejumlah ODCB yang selama ini tercecer di aliran Sungai Mbesi, Desa Gandusari. Kini ODCB tersebut telah diamankan di tempat yang layak di Kantor Desa Gandusari.

Deskripsi Kekunaan

Kekunaan Gandusari terdiri dari arca ganesa dalam kondisi rusak, batu candi, batu dakon, jambangan, kemuncak, dan lingga patok. Awalnya benda benda ini tercecer di aliran sungai Mbesi dengan titik koordinat -8,0422860, 112,3058720 .

kekunaan gandusari

Ganesa merupakan salah satu dewa dalam agama Hindu, oleh karena itu corak keagamaan Kekunaan Gandusari diduga adalah agama Hindu. Arca Ganesa di Kekunaan Gandusari dalam kondisi rusak, bagian kepalanya telah hilang. Arca Ganesa tersebut memiliki ukuran: P 55 cm, L 30 cm, T 46 cm.

Terdapat dua batu candi yang berasal dari Kekunaan Gandusari. Salah satunya berbentuk bujur sangkar dengan ukuran: P 40 cm, L 45 cm, T 45 cm.

Batu dakon terdiri dari batu tunggal yang memiliki beberapa lubang cekungan halus untuk meletakan sesuatu. Istilah nama “Dakon” itu sendiri mengacu pada istilah moderen dari permainan dakon atau congklak. Menurut arkeolog Agus Aris Munandar, ada dua pandangan mengenai fungsi Batu Dakon. Kalangan ahli beranggapan lubang di batu itu berfungsi sebagai altar sesajian seperti kembang-kembangan atau biji-bijian. Kalangan lainnya beranggapan fungsinya sebagai proyeksi peta bintang seperti di dataran tinggi India. Sementara itu, apakah Batu Dakon punya pertalian dengan permainan dakon tentu harus dilakukan penelitian lebih lanjut.

Jambangan merupakan wadah terbuka yang terbuat dari batu atau tembikar. Jambangan Kekunaan Gandusari berbahan batu dengan ukuran: P 70 cm, L 45 cm, T 30 cm. Jambangan berfungsi sebagai wadah penampung air.

Kemuncak dari situs ini berukuran: P 40 cm, L 40 cm, T 20 cm. Kemuncak merupakan unsur bangunan atap sebuah bangunan atau struktur kuno.

Lingga patok adalah lingga yang berfungsi sebagai tapal batas sebuah wilayah kuno.

Riwayat Pelestarian

Awalnya benda benda ODCB yang saat ini disimpan di Kantor Desa Gandusari tercecer di aliran sungai Mbesi. Lingkungan sungai ini berada di dekat sawah, rerimbunan bambu dan kandang ternak. Menurut penuturan masyarakat setempat, dahulu benda benda tersebut berada di atas sungai kemudian dibuang ke aliran sungai oleh oknum tak bertanggung jawab.

Pada tanggal 22 Agustus 2020 Tim DTrav melakukan survey ke lokasi sungai Mbesi kemudian ditindak lanjuti dengan dialog bersama pemilik lahan dan laporan ke pemerintah Desa Gandusari pada tanggal 03 Oktober 2020. Pada tanggal 08 Oktober 2020 Tim DTrav membuat laporan kepada Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olah Raga serta mengajukan permohonan izin kegiatan penyelamatan. Tanggal 16 Oktober 2020 surat izin dari Disparbudpora turun dan ditindaklanjuti dengan kegiatan penyelamatan ODCB pada tanggal 18 Oktober 2020.

Kekunaan Gandusari Blitar dan Upaya Pelestariannya 7

Kekunaan Gandusari Blitar dan Upaya Pelestariannya 8

Kekunaan Gandusari Blitar dan Upaya Pelestariannya 9

Kegiatan penyelamatan didampingi oleh Kabid Budaya, Kasi Muskala Disparbudpora Kab. Blitar, Koramil Gandusari, Polsek Gandusari, Pemerintah Desa Gandusari dan FKT Gandusari. ODCB yang tercecer di aliran sungai Mbesi diselamatkan ke tempat yang lebih layak di Kantor Desa Gandusari.

Sejarah

Belum ditemukan sumber sejarah tertulis baik angka tahun maupun prasasti yang berasal dari sekitar sungai Mbesi. Akan tetepi masih di wilayah desa Gandusari yakni di Dusun Rejosari terdapat inskripsi yang memuat angka tahun 1349 Saka, inskripsi ini terletak di area makam Rejosari, diidentifikasi setelah Tim DTrav melakukan survey di sungai Mbesi pada tanggal 22 Agustus 2020. Saat ini inskripsi tersebut berada di kantor Desa Gandusari, dipindahkan setelah kagiatan penyelamatan ODCB di aliran sungai Mbesi ditutup.

Tahun 1349 Saka jika dikonversi ke dalam masehi menjadi tahun 1427. Kurun waktu ini masuk dalam era Majapahit periode pemerintahan Raja Wikramawardhana.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!