Skip to content

Air Terjun Coban Ambyar Blitar, Keindahannya Bikin Ambyar

air terjun coban ambyar

Air Terjun Coban Ambyar.

Desa Krisik telah menjelma menjadi gudangnya air terjun di Blitar. Entah sudah berapa banyak air terjun di desa ini yang telah DTrav ulas, mulai dari Air Terjun Sabrang 4 hingga Air Terjun Tempuran yang berada di posisi paling atas. Tak menutup kemungkinan jika di atas Air Terjun Tempuran masih terdapat air terjun lain yang belum sempat terjamah. Dalam postingan ini kami kembali mengulas salah satu air terjun di Krisik. Air Terjun Coban Ambyar namanya.

Lokasi dan Rute

Terlebih dahulu kami jelaskan bahwa di atas Air Terjun Lungur Tipis Desa Krisik telah diketahui lima titik air terjun. Air terjun tersebut antara lain adalah sebuah air terjun musiman (saat kami berkunjung airnya hanya menetes hampir tidak ada yang mengalir), Rondo Teles, Coban Ambyar dan Tempuran yang terdiri dari dua air terjun. Sehingga rute menuju Coban Ambyar dan keempat air terjun tersebut kurang lebih sama dengan rute menuju Lungur Tipis.

Kalian tinggal melanjutkan rute Lungur Tipis tapi tidak perlu turun ke sungai. Lanjutkan perjalanan di hutan hingga kira kira berada di atas Lungur Tipis. Setelah dirasa berada pada posisi yang tepat, kalian bisa membuat jalan turun ke sungai. Kemudian perjalanan bisa dilanjutkan dengan susur sungai

Bagi travelers yang belum familiar dengan rute menuju Lungur Tipis, berikut kami uraikan rutenya: Dari Kota Blitar silakan menuju Wlingi. Pertigaan RS Ngudiwaluyo Wlingi belok kiri mengikuti jalan hingga memasuki Desa Krisik.

Dari Pasar Krisik silakan ke timur menuju Pura Agung Arga Sunya. Selanjutnya dari Pura ambil arah ke timur menuju Dusun Barurejo. Pertigaan Pos Kamling yang kalau belok ke kiri menuju Air Terjun Sabrang 4, Gumuk, dan Watu Tangis, ini ke kanan. Sekali lagi kami ulangi, dari pertigaan Pos Kamling silakan belok ke kanan.

Ikuti jalanan sampai pemukiman terakhir. Dari pemukiman terakhir kalian harus masuk jauh ke dalam hutan. Berdasarkan pengalaman, kami menempuh perjalanan kurang lebih setengah jam di dalam hutan dengan mengendarai motor trail. Setelah itu kami mencari jalan turun untuk menuju sungai (hal ini sedikit berbahaya, karena memang sebenarnya tidak ada jalan untuk turun).

Air Terjun Coban Ambyar Blitar, Keindahannya Bikin Ambyar 7

Tidak semua jalannya landai seperti ini ya guys, potret jalan yang lebih menantang ada di postingan Lungur Tipis.

Keindahan Air Terjun

Debit Air Terjun Coban Ambyar memang tak sederas air terjun lainnya. Pesona air terjun ini terletak pada kenampakannya, di mana aliran airnya bersandar pada permukaan tebing batu yang menjulang tinggi. Menurut pengamatan saya, Air Terjun Coban Ambyar bisa di bilang sedikit lebih tinggi dari Air Terjun Coban Wilis di Semen.

Air Terjun Coban Ambyar Blitar, Keindahannya Bikin Ambyar 8

Perbandingan ketinggian Air Terjun Coban Ambyar dengan manusia.

Air Terjun Coban Ambyar Blitar, Keindahannya Bikin Ambyar 9

Keindahannya bikin ambyar😁😂

Sejarah

Asal muasal nama Coban Ambyar bermula dari penamaan yang diberikan oleh beberapa pemuda setempat yang sedang melakukan penjelajahan di area tersebut. Entah penyematan nama tersebut dilakukan karena iseng belaka atau memang karena mereka sedang dalam suasana hati yang ambyar😁😂. Nama yang mereka sematkan sebenarnya adalah Air Terjun Sobat Ambyar.


Writer: Hadi

Participants: Hadi, Tum

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!