Skip to content

Embung Talang Abang Blitar

Embung Talang Abang Blitar 9

Foto aerial Embung Talang Abang.

Tak jauh dari Wisata Embung Umbul dan terhitung masih berada dalam wilayah desa yang sama, terdapat embung lain yang tak kalah indahnya. Inilah Embung Talang Abang.

Lokasi dan Rute

Embung Talang Abang secara administratif terletak di Desa Karangrejo, Kec. Garum, Kab. Blitar. Meski terletak satu wilayah dengan Embung Umbul, namun rute keduanya tidak searah. Dari Kota Blitar, Desa Karangrejo dapat dituju dengan mengarahkan perjalanan ke Garum. Perempatan Garum belok kiri (ke utara). Pertigaan tugu Desa Sidodadi belok ke kiri (ke utara).

Sementara itu untuk menuju lokasi embung, dari pertigaan Pasar Desa Karangrejo silakan ke kanan mengikuti jalan raya. Dari perempatan SDN Karangrejo IV travelers sekalian dapat memilih mau ke mana. Jika ingin ke Embung Umbul silakan lurus, sedangkan untuk menuju Talang Abang silakan belok ke kanan. Setelah belok kanan, kalian lurus saja. Arca Nandi Karangrejo masih lurus. Pertigaan makam silakan belok kiri ke arah utara. Embung Talang Abang sudah tidak jauh lagi. Namun karena lokasinya sedikit terpencil, kami sarankan agar kalian mencari informasi rute ke masyarakat setempat. Kalian juga dapat mempelajari lokasi Talang Abang di map melalui link ini.

Keindahan Embung

Embung Talang Abang memang tak seluas Embung Umbul, namun keindahannya bisa diadu. Daya tarik utama dari Talang Abang adalah suasananya yang asri. Latar belakang embung ini merupakan bukit kecil yang ditumbuhi pepohonan karet dan sejumlah pohon raksasa. Bisa kalian bayangkan betapa asri dan sejuk lingkungan Talang Abang.

Embung Talang Abang Blitar 10

Suasana embung yang asril.

Embung Talang Abang Blitar 11

Embung yang tenang.

Embung Talang Abang Blitar 12

Sign board bertuliskan Embung Talang Abang.

Sign board bertuliskan Embung Talang Abang yang tertempel pada dinding talut juga semakin mempercantik kenampakan embung ini. Benar benar kombinasi yang pas antara dekorasi kekinian dengan lingkungan alam yang masih asri.

Selain panoramanya yang menarik untuk dijadikan lokasi berfoto, embung ini juga menjadi tempat mancing yang favorit. Tak sedikit masyarakat setempat yang memancing ikan nila dan lele di embung ini.

Sejarah

embung talang abang

Keindahan embung.

Dahulu Embung Talang Abang merupakan sumber mata air untuk keperluan perkebunan karet Petung Ombo. Dari mata air ini, air didistribusikan melalui kanal kanal yang disusun dari bata merah. Masyarakat menyebutnya “talang abang” yang berarti kanal merah. Dari sini lah asal usul nama Talang Abang disematkan.

Riwayat Pengelolaan

Pada tahun 2019, Embung Talang Abang mulai dibangun hingga berwujud sedemikian rupa.


Writer: Galy Hardyta & Mbak Putra

Aerial Photographer: Mas Yudi Albadri

Participants: Galy, Mbak Putra, Mas Yudi Albadri, Tri Nurul

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!