Skip to content

Situs Rejosari Blitar, Peninggalan Sejarah di Makam Soko Gandusari

Situs Rejosari Blitar, Peninggalan Sejarah di Makam Soko Gandusari 13

Situs Rejosari.

Di Makam Soko Desa Gandusari terdapat beberapa tinggalan sejarah masa klasik yang disimpan di cungkup makam tokoh desa. Karena terletak di Dusun Rejosari, untuk mudahnya kumpulan benda cagar budaya tersebut disebut dengan nama Situs Rejosari.

Tokoh desa yang dimakamkan di sini adalah Mbah Suko Drijo dan Siti Umaroh. Siapakah tokoh ini sebenarnya? Tak banyak info yang saya peroleh mengenai kedua tokoh ini (Mbah Soko). Saat berkunjung kemarin, saya tidak bertemu dengan juru pelihara makam maupun warga setempat. Tapi, pada sepasang makam Mbah Suko Drijo dan Siti Umaroh ini terdapat keterangan “Cikal Bakal Desa Gandusari”. Gelar cikal bakal desa biasanya disematkan pada tokoh pendiri desa. Jika kalian mengetahui mengenai seluk beluk kedua tokoh ini, silakan tinggalkan pesan di kolom komentar ya. Tentunya informasi tersebut akan sangat bermanfaat.

Lokasi dan Rute

Situs Rejosari Blitar, Peninggalan Sejarah di Makam Soko Gandusari 14

Makam Soko.

Situs Rejosari Blitar, Peninggalan Sejarah di Makam Soko Gandusari 15

Cikal bakal Desa Gandusari.

Makam Soko terletak di Dusun Rejosari, Desa Gandusari, Kec. Gandusari, Kab. Blitar. Untuk menuju Makam Soko, dari Polsek Gandusari ke utara, kemudian perempatan masih ke utara lagi sekitar 200 m. Masjid Jami’ Baiturohim lurus sedikit hingga pertigaan ke dua. Pada pertigaan silakan belok kiri ke arah barat. Makam Soko terletak di ujung jalan. Cungkup Mbah Soko tidak jauh dari pintu masuk makam.

Deskripsi Situs

Peninggalan sejarah masa klasik yang terdapat pada Situs Rejosari ini antara lain: Dua buah umpak batu, kemuncak miniatur candi dan sejumlah balok batu andesit. Salah satu balok batu bahkan memiliki ujung meruncing seperti bagian atap candi. Balok batu yang lainnya tampak memiliki panil segi empat. Pada panil tersebut samar samar terlihat goresan yang menyerupai inskripsi angka tahun. Secara samar terbaca 134? digit terakhir tidak begitu jelas. Sebagian batu batu tersebut disimpan di cungkup Mbah Soko, sebagian lagi terserak di area makam.

Situs Rejosari Blitar, Peninggalan Sejarah di Makam Soko Gandusari 16

Batu candi.

Situs Rejosari Blitar, Peninggalan Sejarah di Makam Soko Gandusari 17

Batu dakon?

Pada makam Siti Umaroh juga terdapat balok batu andesit, jika diamati lebih dekat bentuknya menyerupai batu dakon.

Sejarah

Situs Rejosari Blitar, Peninggalan Sejarah di Makam Soko Gandusari 18

Samar samar terbaca 134?

Jika benar bahwa goresan pada salah satu balok batu Situs Rejosari ini merupakan angka tahun, maka kesejarahan situs ini sedikit bisa ditelusuri. 134? Saka jika dikonfersi menjadi tahun masehi akan berkisar antara tahun 1418 – 1427. Kurun waktu tersebut masuk dalam era Kerajaan Majapahit periode pemerintahan Raja Wikramawardhana.


Writer: Hadi

Selftraveling

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!