Skip to content

Air Terjun Lima Bidadari Blitar, Air Terjun Bertingkat di Dekat Coban Wilis

Air Terjun Lima Bidadari. Hem… Mungkin ada di antara travelers sekalian yang masih asing dengan air terjun ini. Ok, dalam postingan kali ini DTrav akan mengulas panjang lebar mengenai air terjun ini.

Lokasi dan Rute

Air Terjun Lima Bidadari terletak di aliran Kali Semut, lereng Gunung Kelud. Untuk menuju air terjun ini dari Blitar, kalian dapat mengarahkan perjalanan ke Wlingi. Dari Wlingi silakan menuju Desa Soso, kemudian lanjutkan perjalanan ke arah Wisata Blombang Gede (Waduk Nyuyur). Dari Blombang Gede terus saja dan lanjutkan perjalanan menuju Dam Kikisan (tempat penambangan pasir Gunung Kelud di Kali Semut)

Kendaraan bisa kalian kendarai hingga ujung area penambangan pasir, atau bisa juga kalian titipkan kemudian menuju ujung area penambangan dengan menumpang Truck pasir. Selanjutnya perjalanan dapat dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri sungai selama kurang lebih 2 jam. Oiya, rute ini sama dengan rute untuk menuju Air Terjun Coban Wilis. Ujung dari rute ini adalah Coban Wilis. Jika kalian bertandang ke Air Terjun Lima Bidadari, sekalian saja mampir ke Coban wilis. Jarak antara keduanya tidaklah jauh. Kira-kira sekitar 30 menit perjalanan.

Air Terjun Lima Bidadari Blitar, Air Terjun Bertingkat di Dekat Coban Wilis 1

Perjalanan menuju Kahyangan 5 Bidadari.

FYI. Kali semut merupakan aliran sungai lahar Gunung Kelud, saat musim penghujan sering terjadi banjir lahar dingin di area ini. Jadi travelers sekalian harus benar-benar memperhatikan cuaca saat menuju air terjun ini. Jika cuaca mendung atau musim penghujan, sebaiknya kalian urungkan perjalanan dan agendakan perjalanan di lain hari.

Keindahan Air Terjun

Air terjun Lima Bidadari benar-benar masih alami, karena masih jarang dijamah. Cocok kali ya kalau disebut Air Terjun Prawan :D. Selain lokasinya yang sangat jauh dari pemukiman, letak air terjun ini juga berapa di tepi tebing, sehingga untuk menjangkaunya harus sedikit mendaki. Oleh karena itu terkadang air terjun ini hanya dilewati saja oleh para travelers yang menuju Coban Wilis.

Air Terjun Lima Bidadari begitu unik. Air terjun ini memiliki dua tingkat. Ketinggiannya masing-masing sekitar 5 m dan 15 m. Simak keindahannya pada galeri berikut:

Air Terjun Lima Bidadari Blitar, Air Terjun Bertingkat di Dekat Coban Wilis 2

Air terjun bertingkat.

Air Terjun Lima Bidadari Blitar, Air Terjun Bertingkat di Dekat Coban Wilis 3

Air terjun yang masih alami.

Air Terjun Lima Bidadari Blitar, Air Terjun Bertingkat di Dekat Coban Wilis 4

Air Terjun Lima Bidadari dilihat dari jalur Coban Wilis lama. Dokumentasi DTrav tahun 2009.

Sejarah

Menurut penuturan Pak Eko Wihadi selaku pengurus Ekowisata Puspa Jagad, Desa Semen, Gandusari, nama Lima Bidadari disematkan karena kerap kali ada pelangi yang terbentuk di air terjun ini. Dalam mitos, pelangi dipercaya sebagai tangga bidadari untuk naik turun ke bumi. Dahulu air terjun ini disebut juga dengan nama Air Terjun Tirto Jagad meski kadang nama Tirto Jagad juga digunakan untuk menyebut Air Terjun Coban Wilis. Ya, mungkin karena letaknya sangat berdekatan. Para Admin DTrav terdahulu menyebut air terjun ini dengan nama Air Terjun Coban Wilis 2.


Writer: Hadi

Narasumber: Pak Eko Wihadi

Participants: Hadi, Bu Didin, Tum, Wahyu

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!