Skip to content

Gumuk Sapu Angin Blitar

Gumuk Sapu Angin secara administratif terletak di Desa Resapombo, Kec. Doko, Kab. Blitar. Sesuai namanya Sapu Angin merupakan bukit kecil dengan ketinggian 828 mdpl. Pemandangan dipuncak gumuk ini memang indah, jika langit cerah para travelers sekalian dapat menyaksikan kemegahan Gunung Kelud di sebelah barat dan Gunung Kawi di sebelah utara.

Gumuk Sapu Angin mulai dibuka sebagai destinasi wisata pada tahun 2016. Semenjak dibuka destinasi ini langsung mendapat sambutan hangat dari para travelers, selain karena keindahan alamnya, tata kelolanya juga cukup unik. Di sejumlah spot strategis disediakan gardu pandang dengan beberapa macam bentuk, selain digunakan untuk melihat pemandangan sekitar, gardu-gardu tersebut juga menjadi spot foto favorit. Selain gardu ada pula sejumlah photo booth dan kantin yang menjajakan makanan dan minuman.

Tak jauh dari puncak terdapat dua punden (dilewati saat perjalanan menuju puncak). Punden tersebut berupa pohon raksasa, oleh masyarakat setempat dinamai dengan Punden Ki Jogo Gito dan Punden Mbah Gariso. Punden Ki Jogo Gito menyimbolkan pintu gerbang, sedangkan secara keseluruhan punden di gumuk ini oleh masyarakat diasosiasikan sebagai keseimbangan alam semesta. Benar saja karena keberadaan pohon raksasa memang memberikan banyak manfaat bagi lingkungan sekitarnya. Ayo kunjungi langsung GSA dan kalian akan menyaksikan konsep keseimbangan. Keseimbangan antara pembangunan wisata yang progresiv dengan kearifan dan kelestarian alam yang dijaga.

Rute menuju Gumuk Sapu Angin dari Kota Blitar adalah sebagai berikut: Kota Blitar ke timur arah Wlingi – Melewati Kawedanan Wlingi kemudian melalui rute menuju Kec Doko (Rambu petunjuk jalan cukup jelas) – Ikuti jalan yang berkelok-kelok hingga tiba di Desa Resapombo – Kantor Desa Resapombo masih lurus – Gumuk Sapu Angin terletak di kiri jalan. Kendaraan baik roda dua maupun roda empat dapat dibawa naik hingga parkiran, namun harus berhati-hati karena menanjak bergelombang dan licin jika habis diguyur hujan.
Selamat berpetualang. Keep safety traveling… 🙂

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *