Skip to content

Grebeg Pancasila Kota Blitar

Di Kota Blitar, Bulan Juni dikenal juga sebagai Bulan Bung Karno, sebab pada bulan inilah Bung Karno lahir yakni pada tanggal 6 Juni dan wafat pada tanggal 21 Juni. Pada bulan ini pula tepatnya pada tanggal 1 Juni, Pancasila yang dirumuskan oleh Bung Karno lahir. Setiap tahunnya, Bulan Bung Karno selalu dimeriahkan dengan berbagai event budaya, salah satu yang paling meriah adalah Grebeg Pancasila.

Rangkaian kegiatan Grebeg Pancasila biasanya dimulai sejak tanggal 31 Mei malam. Kegiatan diawali dengan Bedhol Pusaka, dilanjutkan dengan Tirakatan, dan ditutup dengan Upacara Budaya. Pada tanggal 1 Juni pagi, kegiatan dilanjutkan dengan Kirab Gunungan Lima dan Kenduri Pancasila. Namun ada perkecualian seperti yang terjadi pada penyelenggaran Grebeg Pancasila di tahun 2017. Karena bertepatan dengan Bulan Ramadhan, rangkaian kegiatan dilanjutkan tanpa jeda, bahkan Kenduri Pancasila dilaksanakan pada tanggal 1 Juni pukul 00.30 dini hari.

Bedhol Pusaka memiliki arti memindah pusaka, prosesi ini dimulai pada malam hari dari Rumah Dinas Walikota kemudian diarak keliling kota untuk menuju Kantor Walikota. Kegiatan ini lah yang biasanya ramai disaksikan masyarakat karena dimeriahkan dengan festival lentera. Namun perkecualian pada pelaksanaa di bulan Ramadhan, Bedhol Pusaka dilaksanakan pada sore hari dan festival lentera digabung dengan kegiatan Kirab Gunungan Lima pada malam harinya.

Kirab Gunungan Lima dokumetasi DTrav tahun 2013

Kenduri Pancasila dokumetasi DTrav tahun 2013

Kirab Gunungan Lima memiliki makna mengirab lima sila. Kegiatan ini dimulai dari Alun-alun Kota kemudian diarak keliling kota untuk menuju Makam Bung Karno. Setelah Gunungan Lima sampai di Kawasan Makam Bung Karno, rangkaian kegiatan Grebeg Pancasila ditutup dengan Kenduri Pancasila.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *