Skip to content

Istana Gebang, Kota Blitar

Selain Makam Bung Karno, masih ada obyek wisata lain di Kota Blitar yang memiliki kaitan erat dengan Sang Proklamator. Obyek wisata tersebut adalah Istana Gebang. Komplek bangunan ini menempati lahan seluas 15.000 meter persegi, terdiri dari 10 bangunan yaitu, rumah induk, bangunan belakang, 2 rumah keluarga, 1 paviliun, balai kesenian, dapur belakang, rumah pembantu, bekas kandang kuda, dan lumbung. Leletaknya berada di Jl. Sultan Agung nomor 57 – 59 dan 61, Kampung Gebang, Kelurahan/ Kecamatan Sananwetan. Bangunan ini merupakan kediaman keluarga Bung Karno (orang tua dan kakak beliau) yang mulai ditempati antara tahun 1917 – 1919, dibeli dari seorang berkebangsaan Belanda, CH. Portier.

Istana Gebang memiliki kaitan erat dengan masa muda Bung Karno. Ketika mengenyam pendidikan di HBS Surabaya dan THS Bandung, Bung Karno sering berkunjung ke Istana Gebang saat libur. Demikian pula dimasa memimpin pergerakan kemerdekaan, Bung Karno tetap sering berada di Blitar. Baru pada masa pembuangan, Bung Karno terpisah dengan rumah dan keluarganya. Pada Masa Pendudukan Jepang, Bung Karno dapat berkunjung ke rumah meski tidak terlampau sering. R. Soekeni Sosrodiharjo ayah Bung Karno dan Ida Aju Njoman Rai ibu Bung Karno sempat di boyong ke Jakarta pada tahun 1944, namun pada 8 Mei 1945 Ayah Bung Karno wafat dan dimakamkan di pemakaman Karet. Sepeninggal suaminya, ibunda Bung Karno diboyong pulang ke Blitar oleh Kakak Bung Karno. Dengan maksud bersilturahmi kepada Ibu dan keluarga, Bung Karno  senantiasa mengunjungi Istana Gebang bahkan setelah menjabat sebagai Presiden. Kunjungan Bung Karno ke Istana Gebang terus berlanjut, saat itu untuk berziarah ke makam Ibu Beliau yang wafat pada 13 September 1958. Tahun 1964 tercatat sebagai tahun terakhir kunjungan Bung Karno ke Istana Gebang, sebelum beliau wafat pada tahun 1970.

Kediaman keluarga Bung Karno ini dinamai Istana Gebang, merujuk pada nama-nama tempat yang berkaitan dengan kegiatan Presiden Pertama Republik Indonesia seperti Istana Merdeka, Istana Bogor, Istana Batutulis, Istana Cipanas, Istana Gedung Agung Yogyakarta dan istana-istana lainnya. Dalam versi Blitar, Istana Gebang juga disebut Rumah Bu Wardojo. Karena penghuni rumah ini selepas orang tua Bung Karno adalah kakak Bung Karno yang bernama Soekarmini, atau lebih dikenal sebagai Bu Wardojo.

Istana Gebang hanya berjarak 2 km dari Makam Bung Karno, bagi rombongan travelers yang menggunakan kendaraan besar dan dititipkan di Pelataran Parkir Makam Bung Karno bisa menuju lokasi dengan mengendarai becak. Bila mengendarai kendaraan roda dua atau mini bus bisa langsung menuju Istana Gebang.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *