Skip to content

Bendungan Ngusri Blitar

Bendungan Ngusri sebenarnya merupakan Laboratorium Lapangan Universitas Brawijaya. Bendungan ini difungsikan sebagai PLTMH (Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro). Sumber air bendungan berasal dari aliran Sungai/ Kali Jari.

Bendungan Ngusri berada dalam kawasan Perkebunan Ngusri, secara administratif terletak di Desa Gadungan, Kec. Gandusari, Kab. Blitar. Bendungan ini berada di kaki Gunung Kelud, sehingga bila cuaca cerah, dari bendungan ini kita bisa melihat punggung timur Gunung Kelud.

Panorama dan hawa sejuk yang ditawarkan Bendungan Ngusri membuat tempat ini ramai dikunjungi. Namun karena sebenarnya bendungan ini merupakan laboratorium, ada beberapa spot yang dibatasi untuk dikunjungi.

Bagi kalian yang kepencut dengan panorama Bandungan Ngusri, bisa cek sendiri ke TKP. Berikut rute menuju Bendungan Ngusri dari Blitar: Kota Blitar ke timur mengikuti jalur trans Malang – perempatan Talun ke kiri (utara) – ikuti jalur Desa Tambakan – setelah masuk gapura Desa Gandusari ada perempatan, lurus saja ke arah Desa Gadungan – ikuti jalur menuju Kantor Desa Gadungan – setelah itu ikuti arah menuju Perkebunan Ngusri.

Ingat guys sebelum menuju bendungan, terlebih dahulu mintalah izin pada petugas portal perkebunan. Selanjutnya patuhi aturan dan tata tertib yang berlaku. Itu semua untuk kebaikan kita juga. Let’s be smart traveler 😀

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *