Skip to content

Air Terjun Lawean Tulungagung, Keindahan yang Alami

air terjun lawean tulungagung

Air Terjun Lawean Tulungagung, kata “Tulungagung” dibubuhkan untuk membedakan dengan Air Terjun Lawean yang ada di Blitar, dan mungkin ada pula di daerah lain.

Air Terjun Lawean Tulungagung merupakan air terjun yang berada di lereng Gunung Wilis, wilayah Desa Geger, Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung. Air terjun ini masih jarang dijamah pengunjung, oleh karena itu pemandangannya masih alami dan eksotis.

Rute

Dari Tulungagung

Air Terjun Lawean berjarak sekitar 30 km dari pusat Tulungagung. Jika kalian berangkat dari arah Jepun dan sekitarnya silakan menuju Ngujang. Pertigaan Lampu Merah Ngujang (Sebelum Jembatan Ngantru) belok ke kiri menuju ke arah Karangrejo. Dari Perempatan Lampu Merah Karangrejo ikuti petunjuk arah menuju Penampihan/ Sendang. Setibanya di Geger atau Penampihan kalian dapat bertanya kepada warga setempat mengenai letak dari Air Terjun Lawean. Jika kalian dari arah Kalangbret, pada Pertigaan Lampu Merah Puskesmas Kauman belok ke kiri mengikuti rambu petunjuk arah ke Jombang Kediri Surabaya. Ikuti jalan raya yang relatif lurus tersebut hingga tiba di SPBU Karangrejo. Lanjutkan berjalanan sedikit lagi, kemudian pada pertigaan menuju Penampihan/ Sendang silahkan belok ke kiri.

Dari Blitar

Jika traveler sekalian memulai perjalanan dari arah Srengat silahkan menuju Ngantru. Pertigaan Jembatan Ngantru belok ke kiri. Kemudian di Pertigaan Lampu Merah Ngujang belok kanan hingga menjumpai Perempatan Lampu Merah Karangrejo. Dari sini tinggal mengikuti rute yang sama dengan penjabaran rute Tulungagung di atas. Jika kalian dari arah Kademangan silahkan menuju Tulungagung kemudian mengikuti rute menuju Air Terjun Lawean via Jepun seperti yang telah dijelaskan di atas.

Dari Kediri

Silahkan kalian menuju Karangrejo untuk menemukan petunjuk arah menuju Penampihan/ Sendang. Kalian bisa menuju Karangrejo melalui Mojo maupun Ngantru. Jika lewat Ngantru lurus saja hingga Pertigaan Ngujang kemudian belok kanan untuk menuju Karangrejo. Rute Ngantru ini cocok juga bagi traveler sekalian yang berangkat dari arah Jombang/ Surabaya.

Perjalanan Menuju Air Terjun

Air Terjun Lawean Tulungagung, Keindahan yang Alami 2

Berdasarkan pengalaman kami, perjalanan menuju Air Terjun Lawean Tulungagung bisa dikatakan penuh perjuangan. Kami berjalan menuju ke air terjun hanya berdasarkan arahan dan informasi dari warga setempat. Dari pemukiman terakhir, air terjun berjarak sekitar 5 km. Untuk kendaraan seperti sepeda motor atau mobil bisa dititipkan di pemukiman terakhir dan membayar parkir seikhlasnya.

Setelah menitipkan kendaraan, kami melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Perjalanan ini memakan waktu sekitar satu jam. Pemandangan yang disuguhkan selama perjalanan sangat alami. Untuk menuju air terjun, kami harus melewati jalan setapak, masuk ke hutan, dan melewati tujuhsungai kecil. Setelah melewati semua itu, akhirnya kami sampai di Air Terjun Lawean.

Keindahan Air Terjun Lawean

Sebuah pemandangan yang begitu eksotis dan alami. Air Terjun Lawean ini memiliki dua sisi. Sisi pertama merupakan air terjun bertingkat, sedangkan sisi kedua merupakan air terjun yang aliranya langsung jatuh ke bawah. Suhu air di sini lumayan dingin, sama seperti air terjun pada umumnya.

Air Terjun Lawean Tulungagung, Keindahan yang Alami 3

Air terjun pertama

Air Terjun Lawean Tulungagung, Keindahan yang Alami 4

Air terjun kedua

Di kanan kiri air terjun terdapat tebing-tebing alami yang menjulang tinggi. Selain itu, berbagai jenis pohon dan vegetasi juga mengelilingi indahnya air terjun. Yang menjadi daya tarik air terjun ini adalah suasana disekitar air terjun yang masih alami.