Skip to content

Situs Pundensari, Peninggalan Sejarah di Belantara Resapombo Blitar

Situs Pundensari, Peninggalan Sejarah di Belantara Resapombo Blitar 2

Situs Pundensari.

Resapombo merupakan salah satu desa di lereng Pegunungan Kawi Kabupaten Blitar. Desa yang terletak di dataran tinggi Blitar timur ini sangat masyhur dengan pesona alamnya. Tapi siapa yang menyangka bahwa di sana juga tersimpan potensi lain berupa situs peninggalan sejarah. Situs itu adalah Situs Pundensari.

Lokasi dan Rute

Situs Pundensari secara administratif terletak di Dusun Purworejo, Desa Resapombo, Kec. Doko, Kab. Blitar. Situs ini berada di dalam hutan belantara Gunung Kawi, dengan akses jalan berupa jalan tanah yang berkelok-kelok naik turun. Bisa dibayangkan betapa sulitnya menjangkau situs ini.

Rute menuju Situs Pundensari dari Blitar adalah sebagai berikut: Blitar – Wlingi – Doko – Resapombo. Selepas Resapombo akan dijumpai jalan cor beton yang menanjak. Ikuti jalan menanjak tersebut hingga menjumpai pemukiman terakhir. Dari pemukiman terakhir belok kiri mengambil jalan makadam. Ikuti jalan yang tersedia hingga memasuki hutan dan naik ke arah Gunung Kawi.

Kondisi Medan Perjalanan

Berdasarkan pengalaman yang kami alami saat menuju Situs Pundensari, rasanya agak sulit menemukan lokasi situs tanpa dipandu warga setempat. Dalam perjalanan ke Situs Pundensari, kami dipandu oleh kelompok sadar wisata (pokdarwis) setempat dan juga juru pelihara (jupel) Situs Pundensari. Lokasi situs ini tidak mudah dijangkau, mengingat kondisi hutan yang sepi dan penuh percabangan serta jalan menanjak yang hanya cukup dilalui satu sepeda motor saja. Berdasarkan pengalaman ini, DTrav sarankan bagi kalian untuk meminta arahan dari pokdarwis atau jupel untuk menyambangi situs ini.

Diskripsi Situs

Situs Punden Sari sangat menakjubkan. Situs ini berundak-undak. Sebelum sampai ke situs utama, traveler sekalian akan dihadapkan pada tangga naik yang tersusun dari batu. Setelah melewati tangga, masih akan ditemukan lagi tangga-tangga lain. Ketika diamati secara seksama akan terlihat juga beberapa komponen batu yang dipahat seperti batu candi pada umumnya. Bagian utama yang dikeramatkan tersusun dari batu-batu pipih seperti batu penyusun struktur Punden Mbah Kawi. Menurut penuturan jupel, Situs Pundensari ini memang searah dengan Punden Mbah Kawi yang berada tak jauh dari Puncak Buthak Gunung Kawi.

Situs Pundensari

Tangga batu

Situs Pundensari, Peninggalan Sejarah di Belantara Resapombo Blitar 3

Batu candi

Situs Pundensari, Peninggalan Sejarah di Belantara Resapombo Blitar 4

Bagian yang dikeramatkan

Situs Punden Sari merupakan peninggalan masa klasik dari abad 15. Pada situs ini pernah ditemukan sejumlah batu yang memuat angka Jawa Kuno. Saat ini batu-batu tersebut ada yang disimpan di rumah warga setempat.

Situs Pundensari, Peninggalan Sejarah di Belantara Resapombo Blitar 5

Pokdarwis, Jupel dan Komunitas-komunitas yang turut serta dalam perjalanan ke Punden Sari


Writer : Rendro

Sumber :

Participant : Banyak Banget

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan